Masyarakat Jogja dan Jateng Paling Gemar Membaca Sepanjang 2021

Ungkapan membaca adalah jendela dunia sekaligus jembatan ilmu tentunya sudah tidak asing lagi di telinga. Berikut provinsi paling gemar membaca tahun 2021.

Masyarakat Jogja dan Jateng Paling Gemar Membaca Sepanjang 2021 Ilustrasi kegiatan membaca | arisara/Shutterstock

Membaca adalah jendela dunia, ungkapan ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Sebagai jembatan ilmu, membaca mampu membuka wawasan serta cakrawala mengenai berbagai ilmu pengetahuan.

Ilmu pengetahuan membawa manusia maju dalam peradaban serta mendukung perkembangan berbagai sektor dalam kehidupan. Oleh karena pentingnya mewarisi budaya giat membaca, Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan kajian tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia.

Secara nasional, tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia ialah sebesar 59,52 pada tahun 2021. Angka ini termasuk dalam kategori sedang, namun bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya capaian tahun ini naik 3,78 poin.

Adapun BPS juga melakukan pendataan tingkat kegemaran membaca tiap provinsi di Indonesia pada tahun 2021. Berdasarkan data BPS, DI Yogyakarta menduduki posisi pertama provinsi dengan tingkat kegemaran membaca tertinggi di Indonesia yang memiliki nilai sebesar 70,55. Angka ini termasuk dalam kategori tinggi.

Provinsi dengan tingkat kegemaran membaca tertinggi tahun 2021 | GoodStats

Rata-rata masyarakat DI Yogyakarta sanggup melakukan kegiatan membaca lebih dari 6 kali dalam 1 minggu. Durasi baca warga Jogja memiliki rata-rata 1 jam 46 menit per hari dengan jumlah buku yang dibaca rata-rata 5 hingga 6 dalam kurun waktu 3 bulan.

Posisi ke-2 diraih oleh Jawa Tengah dengan nilai sebesar 68,3. Disusul Jawa Barat di posisi ke-3 dengan nilai tingkat kegemaran membaca sebesar 65,34. Kalimantan Timur berada di posisi ke-4 dengan nilai sebesar 64,85. Sementara itu, Jawa Timur menempati posisi ke-5 dengan nilai 64,2.

Kemudian secara berurutan dari posisi ke-6 hingga 10 provinsi dengan tingkat kegemaran membaca tertinggi terdiri dari Aceh (64,13), Sulawesi Selatan (63,1), Nusa Tenggara Timur (63), Lampung (62,44), dan DKI Jakarta (62,25).

Adapun 10 besar provinsi dengan tingkat kegemaran membaca tertinggi di Indonesia semuanya masuk dalam kategori tinggi yang memiliki rentang nilai antara 60,1 hingga 80.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya UN Peacekeeping 2021: Indonesia Kirim 2.804 Pasukan Perdamaian PBB
Artikel Selanjutnya Masyarakat Indonesia Semakin Anti Korupsi pada 2021
Konten Terkait

Streaming Sumbang Pendapatan Tertinggi dalam Industri Musik Global 2022

Seiring perkembangan teknologi, pola konsumsi musik global mengalami perubahan. Masyarakat dunia kini lebih menyukai streaming untuk menikmati musik.

Batu Bara, Sumber Energi Listrik Paling Berbahaya Bagi Lingkungan

Batu bara merupakan bahan bakar fosil yang sangat penting dalam produksi tenaga listrik. Sayangnya, sumber energi ini juga sangat berbahaya bagi lingkungan.

Tingkat Elektabilitas Capres Maret 2023

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memimpin di posisi teratas dengan persentase 30,7%

ISIS, Kelompok Teroris Paling Berbahaya dengan Jumlah Serangan dan Korban Terbanyak Sepanjang 2022

Terdapat banyak kelompok teroris berbahaya di dunia, namun ISIS menempati posisi teratas dengan jumlah korban tewas mencapai 1.045 jiwa sepanjang 2022.

Dari Serabi Hingga Getuk, Ini Jajanan Manis Populer yang Cocok Dimakan Saat Berbuka

Kuliner di Indonesia sangatlah beragam, termasuk jajanan manisnya. Berikut rekomendasi jajanan manis yang bisa disantap untuk berbuka.

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook