Masyarakat Jogja dan Jateng Paling Gemar Membaca Sepanjang 2021

Ungkapan membaca adalah jendela dunia sekaligus jembatan ilmu tentunya sudah tidak asing lagi di telinga. Berikut provinsi paling gemar membaca tahun 2021.

Masyarakat Jogja dan Jateng Paling Gemar Membaca Sepanjang 2021 Ilustrasi kegiatan membaca | arisara/Shutterstock

Membaca adalah jendela dunia, ungkapan ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Sebagai jembatan ilmu, membaca mampu membuka wawasan serta cakrawala mengenai berbagai ilmu pengetahuan.

Ilmu pengetahuan membawa manusia maju dalam peradaban serta mendukung perkembangan berbagai sektor dalam kehidupan. Oleh karena pentingnya mewarisi budaya giat membaca, Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan kajian tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia.

Secara nasional, tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia ialah sebesar 59,52 pada tahun 2021. Angka ini termasuk dalam kategori sedang, namun bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya capaian tahun ini naik 3,78 poin.

Adapun BPS juga melakukan pendataan tingkat kegemaran membaca tiap provinsi di Indonesia pada tahun 2021. Berdasarkan data BPS, DI Yogyakarta menduduki posisi pertama provinsi dengan tingkat kegemaran membaca tertinggi di Indonesia yang memiliki nilai sebesar 70,55. Angka ini termasuk dalam kategori tinggi.

Provinsi dengan tingkat kegemaran membaca tertinggi tahun 2021 | GoodStats

Rata-rata masyarakat DI Yogyakarta sanggup melakukan kegiatan membaca lebih dari 6 kali dalam 1 minggu. Durasi baca warga Jogja memiliki rata-rata 1 jam 46 menit per hari dengan jumlah buku yang dibaca rata-rata 5 hingga 6 dalam kurun waktu 3 bulan.

Posisi ke-2 diraih oleh Jawa Tengah dengan nilai sebesar 68,3. Disusul Jawa Barat di posisi ke-3 dengan nilai tingkat kegemaran membaca sebesar 65,34. Kalimantan Timur berada di posisi ke-4 dengan nilai sebesar 64,85. Sementara itu, Jawa Timur menempati posisi ke-5 dengan nilai 64,2.

Kemudian secara berurutan dari posisi ke-6 hingga 10 provinsi dengan tingkat kegemaran membaca tertinggi terdiri dari Aceh (64,13), Sulawesi Selatan (63,1), Nusa Tenggara Timur (63), Lampung (62,44), dan DKI Jakarta (62,25).

Adapun 10 besar provinsi dengan tingkat kegemaran membaca tertinggi di Indonesia semuanya masuk dalam kategori tinggi yang memiliki rentang nilai antara 60,1 hingga 80.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Editor

Konten Terkait

6 PLTU Terbesar di Indonesia: Letak dan Kapasitasnya

Indonesia mengandalkan PLTU untuk sebagian besar kebutuhan listriknya. Temukan 6 PLTU terbesar di Indonesia, lengkap dengan lokasi dan kapasitasnya!

Kalahkan Changi, Seokarno-Hatta Jadi Bandara Tersibuk Selama Arus Mudik Lebaran 2024

Berdasarkan data dari OAG Aviation Worldwide, kapasitas kursi penerbangan Bandara Soekarno-Hatta mencapai 3,34 juta selama angkutan Lebaran 2024.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X