10 Provinsi Dengan Sebaran Sekolah Luar Biasa Terbanyak

Sekolah merupakan hal yang penting untuk siapa saja, tak terkecuali anak berkebutuhan khusus. Sayang, banyak daerah yang sangat minim akan Sekolah Luar Biasa.

10 Provinsi Dengan Sebaran Sekolah Luar Biasa Terbanyak Ilustrasi Sekolah | Unsplash/Ivan Aleksic

Sekolah merupakan hal yang penting untuk siapa saja, tak terkecuali pada anak berkebutuhan khusus. Berkaca kepada hal tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) merilis data terkait total SLB (Sekolah Luar Biasa) berdasarkan provinsi secara nasional. 

Berdasarkan data Kemdikbud, rupanya Provinsi Jawa Timur memiliki sebaran SLB terbanyak di Indonesia pada tahun 2021 dengan total 404 SLB.

Posisi kedua dan ketiga diduduki oleh Jawa Barat dan Jawa Tengah dengan masing-masing SLB yang telah didirikan adalah 389 dan 190 SLB.

Mengingat jumlah penduduk yang cukup banyak, maka wajar saja jika 3 provinsi tersebut memiliki kebutuhan dan sebaran SLB yang cukup banyak di tiap wilayahnya. 

Sementara itu, posisi empat dan lima diduduki oleh Sumatra Barat dan Banten dengan total SLB masing-masing sebanyak 170 dan 109 SLB.

Hingga saat ini, belum ada data terbaru terkait berapa jumlah anak berkebutuhan khusus secara nasional atau berdasarkan provinsi.

Namun, menurut perhitungan kasar berdasarkan data jumlah penduduk yang dirilis oleh BPS dan jumlah Sekolah Luar Biasa dari Kemdikbud, Sumatra Barat justru menjadi provinsi dengan rasio pendidikan SLB terbaik di angka 32,8. Angka tersebut memiliki arti bahwa setiap 1 sekolah luar biasa bisa menampung 32-33 orang, dengan asumsi bahwa seluruh penduduk provinsi tersebut adalah ABK. 

Provinsi kedua dan ketiga dengan rasio Sekolah Luar Biasa yang memadai adalah Sulawesi Tenggara dan DI Yogyakarta, dengan jumlah penduduk dan jumlah sekolah luar biasa seperti yang dapat dilihat di tabel, kedua provinsi tersebut memiliki rasio sekolah luar biasa yang masing-bisa menampung 33 dan 47 orang dengan perhitungan kasar dan asumsi bahwa seluruh masyarakat di provinsi tersebut adalah ABK.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Best Seller Handphone Sepanjang Masa, Nokia Jadul Kalahkan Iphone?

Handphone tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Apa saja model handphone yang capai penjualan tertinggi sepanjang masa?

Daya Saing Digital Indonesia 2023 Naik Peringkat, Kalahkan India

Laporan IMD WDCR menunjukkan, daya saing digital Indonesia terus mengalami pertumbuhan tiap tahunnya. Pada 2023, Indonesia menempati posisi ke-45 di dunia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X