10 Perusahaan Media Terbesar di Dunia 2023, Ada Perusahaan Indonesia?

Menurut data dari Companies Market Cap, Comcast merupakan perusahaan media dan pers dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia pada 2023.

10 Perusahaan Media Terbesar di Dunia 2023, Ada Perusahaan Indonesia? Ilustrasi orang sedang membaca berita | Tero Vesalainen/Shutterstock

Industri media dan pers telah berkembang pesat seiring perkembangan teknologi dan komunikasi. Industri ini merupakan sebagian besar dari lanskap hiburan modern, yang bertanggung jawab atas produksi konten multi-platform, seperti televisi, radio, website, hingga media sosial.

Perusahaan media beroperasi dan menawarkan produk serta layanan kepada para khalayaknya, baik individu maupun organisasi besar. Companies Market Cap melalui lamannya, melaporkan daftar perusahaan media dan pers terbesar berdasarkan kapitalisasi pasarnya. Adapaun, data ini di ambil per 10 Januari 2023.

10 perusahaan media dan pers terbesar di dunia pada 2023 | Goodstats

Comcast berhasil menduduki peringkat teratas sebagai perusahaan media dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar mencapai US$ 162,34 miliar atau senilai 2.532 triliun (kurs Rp15.602/US$). Perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat (AS) ini dulunya bernama American Cable Systems dan telah berdiri menjadi penyedia layanan televisi kabel sejak tahun 1960-an.

Kemudian, peringkat kedua ditempati oleh perusahaan media asal Kanada, Thomson Reuters dengan nilai kapitalisasi pasar mencapai US$ 56,08 miliar. Diikuti oleh perusahaan media asal Luksemberg, Broadcasting Center Europe (BCE) yang memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar US$ 41,80 miliar.

Selanjutnya, ada perusahaan media asal Afrika Selatan, Naspers dengan nilai kapitalisasi mencapai US$ 40,03 miliar. Disusul oleh Warner Bros Discovery dan Rogers Communication dengan nilai kapitalisasi pasar masing-masing mencapai US$ 27,94 miliar dan US$ 23,86 miliar berdasarkan data per Selasa, (10/1).

Di peringkat ketujuh, terdapat perusahaan media asal AS Fox Corporation yang memiliki nilai kapitalisasi sebesar US$ 16,56 miliar. Ada juga Liberty Media dengan nilai kapitalisasi pasar mencapai US$ 12,89 miliar. Lalu, Paramount Global dan News Corp juga menempati daftar dengan nilai kapitalisasi pasar masing-masing sebesar US$ 12,82 miliar dan US$ 11,01 miliar.

Sementara itu, perusahaan media dan pers asal Indonesia, Elang Mahkota Teknologi (Emtek) menempati peringkat ke-17 menurut data Companies Market Cap. Perusahaan tersebut tercatat memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar US$ 3,92 miliar. Emtek berhasil mengungguli perusahaan media yang berbasis di Inggris, yakni ITV plc.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Daftar Negara dengan Pasar Judi Online Terbesar di Dunia 2021
Artikel Selanjutnya Deretan Kota dengan Biaya Hidup Termahal Sedunia, Jakarta Urutan Berapa?
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook