10 Komoditi Andalan yang Paling Banyak Dihasilkan di Indonesia

Food & Agriculture (FAO) mengatakan, komoditas andalan yang paling banyak diproduksi di Indonesia adalah kelapa sawit.

10 Komoditi Andalan yang Paling Banyak Dihasilkan di Indonesia Petani Kelapa Sawit I Yogie Hizkia/Shutterstock

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan kekayaan dan kualitas komoditas pangannya. Banyak hasil panen dari komoditas perkebunan, pertanian, dan peternakan diperjualbelikan hingga ke seluruh dunia. Bahkan beberapa diantaranya memiliki nilai ekonomi tinggi dan berkontribusi bagi pasar dunia.

Salah satu organisasi pangan dan pertanian naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Food & Agriculture (FAO) mengatakan, komoditas andalan yang paling banyak diproduksi di Indonesia adalah kelapa sawit.

Sepanjang 2020, tercatat hasil produksi kelapa sawit di Indonesia mencapai 256,5 juta ton.

10 komoditas andalan yang paling banyak dihasilkan di Indonesia 2020 I GoodStats

Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur dalam rilisnya menyebut, pertumbuhan produksi komoditas kelapa sawit di Indonesia dipacu oleh adanya investasi yang besar dalam penanaman sawit dan proses produksi di seluruh Indonesia. Seiring dengan jumlah produksi yang melimpah, luas area perkebunan kelapa sawit semakin meluas.

Data Badan Pusat Stastistik (BPS) mengatakan luas area kelapa sawit di Indonesia sebesar 14,8 juta hektare (ha) pada 2020. Riau sebagai salah satu wilayah dengan lahan kebun kelapa sawit paling luas mencapai 2,8 juta ha.

Komoditas lain yang paling banyak diproduksi di Indonesia kedua adalah padi dengan total produksi mencapai 54,6 juta ton. Kemudian disusul dengan komoditas Beras (36,5 juta ton), Tebu (28,9 juta ton), dan Jagung (22,5 juta ton) sepanjang tahun 2020.

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Tak Kunjung Turun, Inilah Harga Minyak Goreng Juli 2024

Harga minyak curah menunjukkan kenaikan sejak awal tahun hingga Kuartal II 2024. Turunnya daya tukar rupiah diduga memainkan peran dalam kenaikan ini.

10 Perusahaan Sawit Terbesar di Indonesia, Capai Pendapatan Triliunan!

Simak daftar 10 perusahaan sawit terbesar di Indonesia dengan pendapatan capai triliunan rupiah. Temukan siapa saja perusahaan utama dalam industri ini!

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook