10 Kiper dengan Jumlah Cleansheet Terbanyak di Liga Inggris 21/22

Siapa saja 10 penjaga gawang dengan koleksi nirbobol terbanyak dalam musim ini?.

10 Kiper dengan Jumlah Cleansheet Terbanyak di Liga Inggris 21/22 Potret Ederson ketika membela Manchester City dalam Liga Champions UEFA | cristiano barni/Shutterstock

Penjaga gawang Manchester City dan Liverpool, Ederson Moraes dan Alisson Becker harus berbagi penghargaan Golden Glove (sarung tangan emas) Liga Inggris musim 21/22 setelah kedua kiper tersebut sama-sama menyelesaikan musim ini dengan total 20 cleansheet atau tanpa kebobolan per laga. Kedua penjaga gawang asal Brasil tersebut unggul empat poin atas Hugo Lloris yang berada di posisi tiga dengan 16 cleansheet (nirbobol).

Premier League Golden Glove atau Sarung Tangan Emas Liga Inggris adalah penghargaan tahunan yang diberikan federasi sepak bola Inggris (FA) untuk penjaga gawang dengan jumlah nirbobol terbanyak dalam satu musim Liga Inggris. Penghargaan ini pertama kali diberikan pada musim 04/05 dengan Petr Cech (24) sebagai penerima trofi pertamanya.

Musim ini menjadi musim kedua trofi sarung tangan emas ini harus dibagi untuk dua orang, setelah sebelumnya pernah terjadi juga pada musim 13/14 atas nama Petr Cech (Chelsea) dan W. Szczesny (Arsenal) yang sama-sama mengoleksi 16 nirbobol. Bagi Ederson, ini merupakan trofi ketiganya, setelah sebelumnya pernah mendapatkan pada musim 19/20 dan 20/21, sedangkan bagi Alisson ini menjadi trofi keduanya setelah sebelumnya pernah meraih pada musim 18/19.

Pada Liga Inggris musim ini terdapat sembilan penjaga gawang yang mampu mencatat nirbobol lebih dari 10 laga. Lalu, siapa saja 10 penjaga gawang dengan koleksi nirbobol terbanyak dalam musim ini?

10 kiper dengan catatan nirbobol terbanyak pada Liga Inggris musim ini | GoodStats

1. Alisson Becker (Liverpool)

Pada musim ini, Alisson telah tampil sebanyak 36 kali dan membawa Liverpool menang sebanyak 27 kali, serta menelan dua kekalahan. Cukup tidak biasa bagi seorang penjaga gawang, Alisson juga mencetak satu assist di musim ini. Selain itu, penjaga gawang bernomor punggung satu ini juga telah kebobolan sebanyak 24 kali dalam satu musim serta mencetak 76 penyelamatan dalam 36 penampilannya.

2. Ederson Moraes (Manchester City)

Penjaga gawang yang berhasil mengantarkan Manchester City meraih gelar pada musim ini telah tampil sebanyak 37 kali, dengan statistik 20 nirbobol, 28 kemenangan, dan tiga kekalahan. Jumlah kebobolan Ederson dua kali lebih banyak dari Alisson, yakni 26 gol dan telah mencatat 50 penyelamatan selama semusim. Terkait kedisiplinan, sayangnya penjaga gawang berumur 28 taun ini mengoleksi tiga kartu kuning pada musim ini.

3. Hugo Lloris (Tottenham)

Lloris telah tampil sebanyak 38 kali pada musim ini atau dengan kata lain, ia tidak pernah absen membela Tottenham selama semusim penuh. Dari 38 penampilan tersebut, ia telah mencatatkan 16 nirbobol, 22 kemenangan, dan 11 kekalahan.

Penjaga gawang asal Prancis ini juga telah kebobolan sebanyak 40 kali pada musim ini dan mencatatkan penyelamatan sebanyak 98 kali. Lloris turut membantu Tottenham finis di posisi empat klasemen, sekaligus mengambil slot terakhir Liga Champions UEFA musim depan.

4. Edouard Mendy (Chelsea)

Penjaga gawang kebanggaan Chelsea ini tampil cukup impresif pada musim ini. Ia mampu menggeser dominasi penjaga gawang Kepa Arrizabalaga dengan mencetak 34 penampilan dan menghasilkan 14 nirbobol, 19 kemenangan, dan lima kekalahan.

Secara statistik, penjaga gawang asal Senegal tersebut telah mencatat 73 penyelamatandan 11 penyelamatan tinju pada musim ini. Sayangnya, dirinya juga mengoleksi tiga kartu kuning dan kebobolan sebanyak 31 gol.

5. Aaron Ramsdale (Arsenal)

Ramsdale menjadi kiper lokal yang mengoleksi jumlah nirbobol terbanyak pada Liga Inggris musim ini, yaitu 12 kali dari total 34 penampilannya bersama Arsenal. Dari 34 penampilan tersebut, ia telah kebobolan sebanyak 39 kali dan mengoleksi satu kartu kuning. Dalam usaha penyelamatan, dirinya telah mencatat 90 saves pada musim ini.

6. Vicente Guaita (Crystal Palace)

Pada musim ini, terdapat enam pemain yang mengoleksi jumlah 11 nirbobol, salah satunya adalah Vicente Guaita. Guaita telah mencatat 30 penampilannya bersama Palace, jauh lebih banyak ketimbang rekan setimnya, Jack Butland yang hanya mencatat satu nirbobol dari sembilan penampilannya. Selain itu, penjaga gawang berusia 35 tahun ini juga telah mencatat 84 penyelamatan untuk Palace pada musim ini.

Jose Sa (Wolverhampton)

Penjaga gawang anyar Wolverhampton Wanderers, Jose Sa turut menjadi salah satu pemain yang mencatat 11 nirbobol pada musim ini. Dari total 37 penampilannya tersebut, dirinya berhasil mencatat 121 penyelamatan untuk Wolves. Sayangnya, ia hanya berhasil memenangkan 15 pertandingan dan kebobolan sebanyak 40 gol.

Emiliano Martinez (Aston Villa)

Penjaga gawang yang didatangkan Aston Villa dari Arsenal pada musim 20/21 ini seakan-akan menjadi tulang punggung klub. Mencatat 36 penampilannya bersama Villa, Martinez berhasil mencetak 11 nirbobol, 13 kemenangan, dan 17 kekalahan. Selain itu, dirinya juga telah mencatat 95 penyelamatan dan 48 kali kebobolan di musim ini.

Robert Sanchez (Brighton)

Penjaga gawang muda andalan Brighton ini tampil cukup meyakinkan bersama The Seagulls. Dari 37 penampilannya, ia telah mencatatkan 11 nirbobol dengan 12 kemenangan dan 10 kekalahan. Dirinya juga mencatat 101 kali penyelamatan dan 42 kali kebobolan. Brighton sendiri harus puas finis di posisi kesembilan Liga Inggris musim ini.

Nick Pope (Burnley)

Meskipun pada musim ini Burnley harus rela turun kasta ke divisi Championship karena hanya berhasil finis di posisi 18, tetapi performa sang kiper Nick Pope patut diberi apresiasi. Dari total 36 penampilannya bersama The Clarets, Pope berhasil mencetak sembilan nirbobol. Padahal, Burnley sendiri hanya berhasil menang sebanyak tujuh kali.

Selain itu, penjaga gawang asal Inggris ini juga telah mencatat 121 kali penyelamatan bersama Burnley. Sayangnya, ia harus 47 kali memungut bola dari gawangnya sendiri pada musim ini.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 10 Negara dengan Kualitas Hidup Terbaik, Berminat?
Artikel Selanjutnya Bukan China, Ini Negara Pemberi Utang Terbesar ke Indonesia
Konten Terkait