10 Kampus Indonesia yang Masuk Dalam QS World University Ranking

10 kampus Indonesia berhasil masuk dalam pemeringkatan universitas terbaik di dunia, QS World Ranking, UGM masih menduduki posisi pertama.

10 Kampus Indonesia yang Masuk Dalam QS World University Ranking Universitas Gadjah Mada | Shutterstock

QS Quacquarelli Symonds telah merilis publikasi tahunan terbaru, QS World University Ranking 2023. QS Quacquarelli Symonds merupakan penyedia layanan, analitik, dan wawasan terkemuka di dunia untuk bidang pendidikan tinggi global, dengan misi dapat membuat orang-orang termotivasi di mana pun di dunia untuk memenuhi potensi mereka melalui pencapaian pendidikan, mobilitas internasional, dan pengembangan karier.

Sementara itu, QS World University Ranking 2023 merupakan publikasi berisi peringkat universitas terbaik di dunia yang telah dinilai berdasarkan beberapa parameter. Beberapa parameter tersebut, di antaranya reputasi akademik, reputasi lulusan, rasio mahasiswa, kutipan karya ilmiah, serta rasio mahasiswa dan kelas internasional. Melalui parameter penilaian ini, mengantarkan Massachusetts Institute of Technology (MIT) kembali menduduki peringkat pertama sebagai kampus terbaik di dunia.

Meski mayoritas masih didominasi oleh kampus asal Amerika, Inggris dan China, sejumlah universitas di Indonesia juga berhasil masuk dalam jajaran QS World University Ranking 2023. Berikut adalah 10 nama kampus tersebut.

10 Kampus Terbaik Indonesia | Angelia / Goodstats
Daftar 10 Kampus Terbaik Indonesia | Angelia / Goodstats

1. Universitas Gadjah Mada

Grha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada | Shutterstock

Berlokasi di kota Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada memiliki visi sebagai pelopor perguruan tinggi nasional berkelas dunia yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.

UGM berhasil menduduki peringkat ke 231 di dunia, dengan skor 40,2. Posisi ini naik 23 peringkat jika dibandingkan publikasi tahun sebelumnya. Perolehan ini yang kemudian mengantarkan UGM sebagai posisi pertama sebagai kampus terbaik di Indonesia menurut QS World Ranking.

Dilansir dari Kompas.tv, Ova Emilia selaku Rektor UGM mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah mendukung kampus yang dipimpinnya tersebut.

“Terima kasih kepada pihak-pihak yang selama ini mendukung UGM, ini adalah hasil dari usaha kita bersama. Hasil ini adalah satu langkah maju dalam upaya perbaikan dari UGM,” ujarnya.

2. Institut Teknologi Bandung

Sasana Budaya Ganesa, Institut Teknologi Bandung | Shutterstock

Kampus yang telah diresmikan sejak 1959 ini memiliki visi sebagai perguruan tinggi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui dunia serta memandu perubahan yang mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan dunia.

Pada QS World Ranking, ITB berhasil meraih peringkat 235, dengan skor 39,5. Perolehan ini telah melesat jauh dari tahun sebelumnya yang berada di posisi 303. Hal ini juga yang menjadikan ITB sebagai posisi ke 2 kampus terbaik di Indonesia.

3. Universitas Indonesia

Lambang Universitas Indonesia | Shutterstock

Lahir di tahun 1950, telah mengantarkan UI melahirkan alumni sebagai tokoh-tokoh penting di Indonesia, seperti Sri Mulyani, Najwa Shihab, Ganjar Pranowo dan masih banyak lagi.

Menurut QS World Ranking, Universitas Indonesia berhasil memperoleh peringkat ke 248 dengan skor 38,7. Hal ini juga yang mengantarkan UI sebagai posisi ke 3 kampus Indonesia terbaik menurut QS World Ranking.

4. Universitas Airlangga

Kampus C Universitas Airlangga | Shutterstock

Posisi selanjutnya, diraih oleh Universitas Airlangga. Kampus yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur ini memiliki visi menjadi universitas mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora dan seni berdasarkan moral agama.

Di posisi dunia, Unair berhasil menempati peringkat ke 369 dengan skor 29,9. Sama halnya dengan ITB, perolehan Unair juga jauh meningkat dari tahun sebelumnya yang berada di posisi 465.

5. Institut Pertanian Bogor

Gedung Andi Hakim Nasoetion Institut Pertanian Bogor | Shutterstock

Kampus pertanian negeri yang telah berdiri sejak tahun 1963 ini memiliki visi menjadi perguruan tinggi berbasis riset dan terdepan dalam inovasi untuk kemandirian bangsa menuju techno-socio enterpreneurial university yang unggul di tingkat global pada bidang pertanian, kelautan, biosains tropika.

Berdasarkan QS World Ranking, IPB berhasil berada di peringkat 449 di tingkat dunia dengan skor 26,2. Hal ini juga sekaligus menjadikan IPB berada di posisi ke 5 kampus terbaik di Indonesia.

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember | Shutterstock

Kampus selanjutnya adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Menurut QS World Ranking, kampus yang berlokasi di Kota Surabaya tersebut berhasil melaju pada jajaran 750 besar bersama dengan kampus dari negara lain.

Hal ini juga yang membawa ITS sebagai bagian dari sepuluh kampus terbaik di Indonesia, dengan berada di posisi ke 6.

7. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjajaran | Shutterstock

Berada di posisi ke 7 sebagai kampus terbaik di Indonesia adalah Universitas Padjadjaran (UNPAD). Di tahun sebelumnya, kampus yang berlokasi di Sumedang, Jawa Barat berhasil menjadi bagian dari 1000 besar kampus terbaik di dunia menurut QS World Ranking.

Pada publikasi terbaru tahun ini, UNPAD berhasil menorehkan peningkatan peringkat yang sangat signifikan. Bersama dengan kampus dari negara lain, UNPAD berada di peringkat 800 besar kampus terbaik di dunia.

8. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro | Shutterstock

Sama halnya dengan UNPAD, Universitas Diponegoro juga berhasil meningkat secara signifikan. Pada tahun sebelumnya, Undip meraih posisi di atas peringkat 1000.

Akan tetapi, pada tahun ini, kampus yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah ini berhasil menjadi bagian dari 1000 besar kampus terbaik dunia menurut QS World Ranking. Hal ini yang juga mengantarkan Undip menjadi kampus terbaik di Indonesia dengan peringkat ke 8.

9. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya | Shutterstock

Menemani Unair dan ITS, sebagai kampus yang berasal dari Provinsi Jawa Timur, Universitas Brawijaya (UB) berhasil masuk dalam jajaran 10 kampus terbaik di Indonesia dengan peringkat ke 9.

Bersama dengan Undip, UB juga berhasil menorehkan posisinya di peringkat 1000 besar kampus terbaik dunia menurut QS World Ranking.

10. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara | Shutterstock

Pada tahun ini, Universitas Bina Nusantara (BINUS) menjadi satu-satunya universitas swasta yang berada di posisi 10 besar kampus terbaik di Indonesia. Kampus yang berlokasi di Jakarta ini, berhasil menempati peringkat 1200 besar kampus terbaik dunia menurut QS World Ranking.

Penulis: Galih Ayu Palupi
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

6 PLTU Terbesar di Indonesia: Letak dan Kapasitasnya

Indonesia mengandalkan PLTU untuk sebagian besar kebutuhan listriknya. Temukan 6 PLTU terbesar di Indonesia, lengkap dengan lokasi dan kapasitasnya!

Apa Pendapat Publik Soal Putusan MK Atas Sengketa Pemilu 2024?

Dalam beberapa survei, opini publik soal sengketa Pemilu 2024 menunjukkan keberagaman. Salah satu latar belakang yang berpengaruh adalah pilihan di Pemilu lalu.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X