10 Kabupaten Terkaya di Indonesia 2022, Siapa Juaranya?

Berdasarkan data BPS, Kabupaten Bekasi menjadi Kabupaten terkaya di Indonesia tahun 2022 dengan total PDRB ADHB Rp 367,57 triliun

10 Kabupaten Terkaya di Indonesia 2022, Siapa Juaranya? Gambar ikon upside down triangle di sumarecon Bekasi | Lakilima/Shutterstock

Pada tahun 2022 ekonomi Indonesia tumbuh 5,31% berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) dengan nilai produk domestik bruto (PDB) atas dasar harga berlaku (ADHB) mencapai Rp 19.588,45 triliun.

Berdasarkan publikasi BPS yang berjudul Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten/Kota di Indonesia 2018-2022 yang dipublikasi pada 14 Juni lalu, tercatat ada 10 nama kabupaten yang memiliki PDRB ADHB tertinggi pada tahun 2022.

10 Kabupaten Terkaya Berdasarkan PDRB ADHB Tahun 2022 | Goodstats

Mengacu pada data di atas, kabupaten yang memiliki PDRB ADHB tertinggi sepanjang tahun 2022 merupakan Kabupaten Bekasi dengan total Rp 367,57 triliun. Perekonomian Kabupaten ini juga menjadi yang tertinggi di Jawa Barat, mengalahkan Kota Bandung yang tercatat memiliki total PDRB ADHB sebanyak Rp 328,318 triliun.

Selain Kabupaten Bekasi, dua nama lain yakni Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bogor juga mengisi di posisi tiga teratas dengan nilai PDRB ADHB nya mencapai Rp 268,22 triliun dan Rp 267,74 triliun. Dengan demikian, tiga urutan teratas kabupaten terkaya di Indonesia tahun 2022 diisi oleh Kabupaten yang berada di Jawa Barat.

Beralih ke posisi berikutnya ada Kabupaten Sidoarjo yang menjadi salah satu daerah penyangga bagi Kota Surabaya, Jawa Timur dengan total PDRB ADHBnya sebesar Rp 245.22 triliun.

Urutan kelima dan keenam ada Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Kutai Timur yang berada di Provinsi Kalimantan Timur. Kabupaten Kutai Kartanegara yang terkenal akan keberadaan Prasasti Kerajaan Indonesia abad IV ini memiliki total PDRB ADHB sebanyak Rp 240,4 triliun. Sementara itu, Kabupaten Kutai Timur mempunyai nominal PDRB ADHB sejumlah Rp 211,09 triliun.

Selanjutnya di peringkat ketujuh ada Kabupaten Bengkalis, Riau yang memiliki total PDRB ADHB sejumlah Rp 176,01 triliun. Bengkalis menjadi satu-satunya bagian dari Pulau Sumatra yang masuk dalam daftar kabupaten terkaya di Indonesia tahun 2022 berdasarkan PDRB ADHB yang dimiliki. 

Dua kabupaten di Jawa Timur yakni Kabupaten Pasuruan dan Gresik kembali mengisi peringkat delapan dan sembilan dalam daftar ini. Tercatat kedua kabupaten tersebut memiliki nilai PDRB ADHB mencapai Rp 172,65 triliun dan Rp 163,9 triliun.

Terakhir, posisi sepuluh ditempati oleh Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten yang mengantongi PDRB ADHB sejumlah Rp 160,16 triliun.

Dari data di atas dapat terlihat bahwa sebagian besar perekonomian di Indonesia berasal dari Pulau Jawa. Terbukti pada sepuluh peringkat teratas Kabupaten Terkaya, tujuh diantaranya berasal dari kabupaten yang terletak di provinsi-provinsi Pulau Jawa.

Penulis: Mela Syaharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Cek Data! Berapa Utang Jatuh Tempo RI Selama Pemerintahan Prabowo?

Jumlah utang yang jatuh tempo pada masa Prabowo-Gibran nanti mencapai Rp4.182,5 T, mayoritas utang SBN. INDEF mengingatkan Prabowo untuk berhati-hati.

Berapa Besar Total Nilai Aset BUMN Karya?

Keberadaan BUMN karya tidak hanya penting untuk menunjang infrastruktur, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook