10 Gunung Tertinggi di Indonesia, 8 dari Papua

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah gunung terbanyak di dunia. Diperkirakan ada lebih dari 400 gunung membentang di seluruh tanah air.

10 Gunung Tertinggi di Indonesia, 8 dari Papua Pemandangan Gunung Puncak Jaya di Papua | Almazoff/Shutterstock

Begitu banyaknya kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia, rasanya tak pernah habis. Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah gunung terbanyak di dunia.

Diperkirakan ada lebih dari 400 gunung yang menjulang di tanah air, di mana 127 di antarnaya merupakan gunung berapi yang masih aktif.

Beberapa gunung memiliki tinggi yang sangat menjulang mencapai lebih dari 4.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Berdasarkan data dari GeoNames, berikut merupakan 10 daftar gunung tertinggi di Indonesia hingga saat ini.

10 gunung tertinggi di Indonesia saat ini | GoodStats

1. Gunung Puncak Jaya, Papua

Gunung Puncak Jaya, Papua | Almazoff/Shutterstock

Peringkat pertama gunung tertinggi di Indonesia diraih oleh Gunung Puncak Jaya yang terletak di Papua. Adapun ketinggian Gunung Puncak Jaya mencapai 4.884 meter.

Gunung yang dikenal dengan nama lain Jaya Wijaya ini merupakan salah satu bagian dari barisan pegunungan Sudirman yang terletak di Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Gunung Puncak Jaya memiliki gletser atau padang salju abadi yang menjadi keunikan tersendiri.

Adapun Gunung Puncak Jaya tercatat sebagai salah satu kawasan situs warisan dunia dari UNESCO. Tidak hanya itu, Gunung Puncak Jaya juga merupakan gunung kapur terbesar yang ada di Indonesia.

2. Gunung Sumantri, Papua

Sumantri - Second highest mountain in Oceania (Seven Second Summits)
Gunung Sumantri, Papua | ispo.com

Posisi ke-2 kembali diraih oleh salah satu gunung di Papua yakni Gunung Sumantri. Gunung Sumantri tercatat memiliki ketinggian 4.870 meter.

Gunung Sumantri merupakan salah satu gunung yang termasuk dalam rangkaian pegunungan Jayawijaya. Lengkapnya, Gunung Sumantri bernama lengkap Gunung Sumantri Brodjonegoro, salah satu gunung lainnya yang berselimut salju.

3. Gunung Ngga Pulu, Papua

Gunung Ngga Pulu
Gunung Ngga Pulu, Papua | triptrus.com

Masih dari Papua, Gunung Ngga Pulu berada di posisi ke-3 gunung tertinggi di Indonesia dengan tinggi mencapai 4.862 meter.

Terletak di bagian barat Papua, tepatnya di tepi utara Gunung Carstensz. Ngga Pulu sendiri memiliki titik tertinggi yang ada di tanah Papua bahkan hingga Oseania. Seperti halnya kedua gunung yang sudah disebutkan di atas, Gunung Ngga Pulu juga memiliki gletser abadi berkat tingginya yang menjulang.

4. Gunung Osua Sukarno Timur, Papua

Carstensz East Map - Indonesia - Mapcarta
Gunung Osua Sukarno Timur, Papua | mapcarta.com

Gunung Osua Sukarno Timur di Papua menempati posisi ke-4 dengan tinggi gunung mencapai 4.820 meter.

Gunung Osua Sukarno Timur sendiri berlokasi di Kabupaten Mimika dan memiliki beberapa alternatif nama seperti Gunung Carstensz East.

5. Gunung Puncak Mandala, Papua

Puncak Mandala - Berita Papua
Gunung Puncak Mandala, Papua | beritapapua.id

Adapun Gunung Puncak Mandala di Papua menyusul posisi ke-5 dengan perolehan ketinggian 4.760 meter.

Terletak di Kabupaten Bintang, Gunung Puncak Mandala juga merupakan salah satu jajaran dari pegunungan Jayawijaya. Gunung Puncak Mandala memiliki nama lain Puncak Juliana.

6. Gunung Osua Trikora, Papua

Meretas Jalur Osua Trikora
Gunung Osua Trikora, Papua | epaper.mediaindonesia.com

Posisi ke-6 ditempati oleh Gunung Osua Trikora dengan total ketinggian mencapai 4.750 meter.

Gunung Osua Trikora memiliki kawasan hutan di antaranya Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, serta Hutan Ericaceous. Hingga tahun 1963, gunung ini dikenal pula dengan nama Puncak Wilhelmina.

7. Gunung Ngga Pilimsit, Papua

Ngga Pilimsit, Gunung Tertinggi yang Kaya Pesona di Papua - Papua ID
Gunung Ngga Pilimsit, Papua | celebes.co

Adapun Gunung Ngga Pilimsit berada di posisi ke-7 gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 4.717 meter.

Dahulu, gunung ini bernama Gunung Idenburg pada zaman kolonial Belanda. Gunung ini pertama kali ditaklukan oleh Heinrich Harrer dan Philip Temple dari Austria pada 21 Februari 1962.

8. Gunung Osua Annin, Papua

Osua Annin
Gunung Osua Annin | peakvisor.com

Gunung dari Papua terakhir dalam daftar ini yakni Gunung Osua Annin mengamankan posisi ke-8 gunung tertinggi di Indonesia. Ketinggian dari Gunung Osua Annin sendiri ialah setinggi 4.087 meter dan menjadi gunung terakhir di Indonesia dengan tinggi di atas 4.000 meter.

Osua Annin merupakan salah satu permukiman terdekat di kaki Puncak Yamin yang terletak di Distrik Bime, Kabupaten Pegunungan Bintang.

9. Gunung Kerinci, Jambi

Climb Mt. Kerinci | Gunung Kerinci -The Highest Volcano in Southeast Asia
Gunung Kerinci, Jambi | wildsumatra.com

Beralih ke provinsi Jambi, Gunung Kerinci mencatatkan rekor di posisi ke-9 dengan ketinggian gunung mencapai 3.805 meter.

Gunung Kerinci sekaligus dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Sumatra. Gunung Kerinci termasuk dalam Taman Nasional Kerinci Seblat dan saat ini berstatus sebagai gunung berapi aktif.

Dengan statusnya ini, Gunung Kerinci merupakan gunung berapi aktif tertinggi yang berada di Indonesia saat ini.

10. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

RINJANI NATIONAL PARK LOMBOK ISLAND INDONESIA - Rinjani Geopark Indonesia -  Gunung Rinjani Lombok - Rinjani Trekking Guides - Rinjani Trekking - Rinjani  Park - Rinjani Guides - Rinjani Lombok Trekking -
Gunung Rinjani, NTB | rinjaninationalpark.com

Terakhir, posisi ke-10 gunung tertinggi di Indonesia diraih oleh Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat (NTB). Adapun Gunung Rinjani tercatat memiliki ketinggian 3.726 meter.

Gunung Rinjani membentang di Kabupaten Lombok Utara, NTB dan juga merupakan salah satu gunung berapi aktif. Gunung Rinjani memiliki panorama alam yang indah dengan danau kawah berwarna biru yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Adapun danau tersebut terletak di ketinggian 2.000 mdpl dan memiliki nama Segara Anak.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Survei Intage: Orang Indonesia Rata-Rata Habiskan Rp1,41 Juta Sebulan buat Si "Anabul"

Intage Group lakukan survei untuk menangkap pola pasar dan tren kepemilikan hewan peliharaan di 4 negara, termasuk Indonesia pada 2023 lalu.

Platform Belanja Online yang Paling Disukai Masyarakat saat Ramadan

Fenomena belanja online selama Ramadan tidak hanya menjadi sebuah tren, tetapi juga mencerminkan keberagaman dan keunikan preferensi konsumen di era digital.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X