Atlet Tertua pada Olimpiade Paris 2024

Juan Antonio Jimenez menjadi atlet tertua pada Olimpiade Paris 2024, usianya kini menginjak 65 tahun. Ia mewakili Spanyol dalam pertandingan berkuda.

Atlet Tertua pada Olimpiade Paris 2024 Juan Antonio Jimenez Sebagai Atlet Tertua pada Olimpiade Paris 2024 | Cordobadeporte

Pagelaran Olimpiade Paris 2024 akan berakhir pada Minggu (11/8) setelah berlangsung selama kurang lebih dua minggu. Sejauh ini, Kontingen Indonesia berhasil membawa pulang dua medali emas dari cabang olahraga angkat besi dan panjat tebing serta satu medali perunggu dari bulu tangkis.

Lebih dari 10.000 atlet turut berpartisipasi dalam ajang olahraga internasional ini, mewakili total 184 negara di seluruh dunia. Indonesia sendiri mengirimkan 29 atlet terbaiknya, terbanyak pada cabang olahraga bulu tangkis.

Atlet Tertua di Olimpiade Paris 2024

Menurut International Olympic Committee (IOC), tidak ada batasan usia untuk berkompetisi di olimpiade. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, selama berhasil lolos kualifikasi, maka semuanya resmi dapat bertanding.

Jimenez menjadi atlet tertua pada Olimpiade Paris 2024, usianya kini menginjak 65 tahun.
Jimenez menjadi atlet tertua pada Olimpiade Paris 2024, usianya kini menginjak 65 tahun | GoodStats

Adapun atlet tertua pada Olimpiade Paris 2024 kini dipegang oleh Juan Antonio Jimenez. Atlet asal Spanyol tersebut kini genap berusia 65 tahun. Ia berkompetisi pada cabang olahraga equestrian (berkuda). Jimenez sebelumnya pernah mengikuti Olimpiade Sydney 2000 dan Olimpiade Athena 2004.

Masih dari cabang olahraga yang sama, Rolf-Goran Bengtsson berada di posisi kedua atlet tertua di Olimpiade Paris 2024. Usianya kini mencapai 62 tahun. Sejauh ini ia telah berkompetisi di lima ajang olimpiade, memulai debutnya di Olimpiade Atlanta 1996. Bengtsson telah mengantongi dua medali perak hingga saat ini.

Bertengger di urutan ketiga adalah Pius Schwizer, atlet perwakilan Swiss di cabang berkuda. Ia kini berusia 61 tahun dan pernah bertanding di olimpiade pada 2008 dan 2012 silam. Setelah lebih dari satu dekade, Schwizer akhirnya kembali mewakili negaranya di olimpiade.

Selain dari cabang olahraga berkuda, atlet tertua di Olimpiade paris 2024 juga datang dari cabang olahraga tenis meja. Zeng Zhiying memulai debut olimpiadenya di usianya yang ke-58 tahun. Setelah gagal masuk tim Olimpiade Seoul 1988, ia memutuskan untuk pensiun dan pindah ke Chili untuk menjadi pelatih olahraga.

Kini, ia kembali melanjutkan mimpinya untuk mewakili negaranya Cina dalam ajang olimpiade, meski harus tersingkir setelah kalah dari perwakilan Lebanon Mariana Sahakian, yang berusia 46 tahun.

Baca Juga: Daftar Atlet Termuda pada Olimpiade Paris 2024

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

Jelang Olimpiade Paris 2024, Ini Cabor dengan Dana Dukungan Terbesar

Setiap rupiah yang dialokasikan memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk mental juara dan memupuk rasa bangga sebagai wakil negara.

Menanti Debut Timnas Indonesia di Piala Dunia FIFA U17, Ini Daftar Tuan Rumah Hingga Tim Tersukses

Timnas U17 Indonesia akan lakoni laga debut di Piala Dunia U17 hadapi Timnas U17 Ekuador, tim di Grup A dengan catatan penampilan Piala Dunia U17 terbanyak

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook