GoodStats
Pencarian
Masuk

Utrecht, Kota Terbaik bagi Para Pengendara Sepeda

Utrecht menjadi kota yang ideal bagi para pengendara sepeda. Kota ini memiliki infrastruktur yang sangat baik untuk para pesepeda.

Utrecht, Kota Terbaik bagi Para Pengendara Sepeda Ilustrasi│Roman Koester/Unsplash

Di Indonesia, bersepeda mungkin hanya menjadi sebuah hobi yang biasa kita temui di akhir pekan. Sangat jarang menemui orang menjadikan sepeda sebagai sarana transportasi utama di Indonesia.

Namun, di beberapa kota yang ada di dunia, sepeda menjadi transportasi utama masyarakat yang tinggal disana. Sepeda digunakan untuk segala aktivitas, mulai dari berangkat bekerja, berangkat sekolah, dan aktivitas-aktivitas lainnya.

Sepeda menjadi salah satu transportasi di kota-kota ini, karena sepeda adalah sarana transportasi yang murah, menyehatkan, dan ramah lingkungan. Selain itu, kota-kota tersebut juga memiliki infrastruktur yang baik, yang dapat menjamin kenyamanan dan keselamatan pengendara sepeda.

Luko, perusahaan asuransi asal Perancis merilis index kota paling ramah sepeda di dunia untuk tahun 2022. Penilaian indeks ini didasarkan kepada sejumlah faktor, seperti kondisi cuaca di kota tersebut, faktor keamanan dan keselamatan pesepeda, infrastruktur untuk pengguna sepeda, hingga jumlah pengguna sepeda di kota tersebut.

10 Negara Paling Ramah Sepeda di Dunia│GoodStats

Diketahui menurut data yang dirilis Luko, 9 dari 10 kota paling ramah sepeda adalah kota-kota di Eropa, khususnya dari Jerman dan Belanda. Kota Utrecht dinobatkan sebagai kota paling ramah sepeda di dunia dengan skor 77,84. 

Sepeda memang menjadi transportasi utama di Utrecht. Menurut CNBC, 51 persen dari seluruh warga Utrecht adalah pengguna sepeda. Sedangkan menurut Bloomberg, 98 persen dari seluruh rumah tangga di Utrecht setidaknya memiliki satu buah sepeda.

Dalam daftar indeks tersebut, Indonesia diwakili oleh Jakarta, meskipun hanya menduduki peringkat 85 dengan skor 21,66. Meski berada di urutan yang cukup rendah, Jakarta menjadi kota paling ramah sepeda di Asia Tenggara setelah Kota Singapore.

Penulis: Rangga Hadi Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Jajaran Korporasi Dengan Lahan Sawit hingga Penerima Pelepasan Kawasan Hutan Terbanyak 2022
Artikel Selanjutnya 3 Kota di Pulau Jawa Ini Terancam Tenggelam dalam Beberapa Tahun ke Depan
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook