Usia Ideal Menikah, Apa Kata Survei?

Menurut survei usia ideal untuk menikah adalah 30 tahun keatas untuk pria dan usia 22-25 tahun untuk wanita

Usia Ideal Menikah, Apa Kata Survei? Gambar Buku Nikah Indonesia | Sumber : Shutterstock

Pernikahan merupakan salah satu moment penting di kehidupan seseorang, terutama bagi mereka yang sudah merasa cukup umur dan dewasa. Menikah merupakan pilihan dimana ikatan emosional dan hukum antara dua individu akan disatukan dan dikaitkan. Dengan pernikahan pasangan akan  berbagi komitmen untuk saling mendukung, berbagi hidup, dan tumbuh bersama.

Pernikahan juga  dianggap sebagai komitmen serius serta sakral baik dalam nilai agama dan masyarakat. Sepasang individu ini diharapkan mampu untuk membangun hubungan yang langgeng, saling mencintai, dan menghadapi tantangan bersama.

Masih berhubungan dengan pernikahan, umur ideal untuk menikah sering kali menjadi pertanyaan yang mendapatkan perhatian di berbagai masyarakat. Pandangan mengenai usia yang tepat untuk menikah dapat bervariasi secara signifikan berdasarkan budaya, agama, dan konteks sosial.

Padahal tidak ada jawaban yang pasti mengenai umur ideal untuk menikah, karena setiap individu memiliki situasi dan prioritas yang berbeda. Pilihan ini pada akhirnya adalah keputusan yang sangat personal sesuai dengan pandangan hidup masing-masing.

Berdasarkan hasil survei Global Gallup pada tahun 2020 telah terungkap beberapa bahasan yang menarik perhatian mengenai topik pernikahan dengan lebih mendalam. Melalui survei ini, berbagai pandangan mengenai pernikahan yang tersebar di berbagai kalangan masyarakat dapat terlihat dalam bentuk data.

Dalam survei tersebut, terdapat variasi opini mengenai pandangan terhadap pernikahan, yang tercermin dari beragam latar belakang dan perspektif masyarakat. Selain itu, survei ini juga mengungkapkan berbagai pandangan mengenai umur ideal untuk menikah.

Usia Ideal Pria Untuk Menikah Dari Survey Gallup | Goodstats

Hasil survei Gallup tersebut mengenai usia ideal untuk menikah memberikan gambaran yang bervariasi. Untuk usia pernikahan bagi pria, di beberapa budaya lebih menghargai kematangan dan kesiapan pribadi sebelum memasuki ikatan pernikahan. 

Lalu berdasarkan survei tersebut, terlihat bahwa 14% responden percaya bahwa usia ideal pria untuk menikah adalah di bawah 21 tahun. Sementara itu, sekitar 29% responden menyatakan bahwa usia 22-25 tahun merupakan usia yang tepat untuk menikah. Ada juga sekitar 15% yang berpendapat bahwa usia 26-29 tahun merupakan usia yang ideal. Mayoritas, yakni 38% responden, berpandangan bahwa usia 30 tahun ke atas adalah saat yang sesuai untuk menikah. Sebagian kecil, sekitar 4%, tidak memiliki pandangan khusus terkait usia ideal menikah.

Pandangan mengenai usia ideal untuk menikah tidak hanya memengaruhi pria, tetapi juga wanita dalam masyarakat. Begitu juga dalam hasil survei Gallup,berapakah usia ideal menurut masyarakat untuk seorang wanita menikah ?

Usia Ideal Wanita Untuk Menikah Dari Survey Gallup | Goodstats

Dalam banyak budaya, ada kecenderungan untuk mendukung pandangan bahwa wanita seharusnya menikah pada usia yang lebih muda namun akhir-akhir ini sudah terjadi pergeseran dimana pendidikan, karier, serta kesiapan pribadi lebih diutamakan sebelum memasuki ikatan pernikahan.

Hasil survei Gallup mengungkapkan bahwa sekitar 18% responden berpendapat bahwa usia wanita yang ideal untuk menikah adalah di bawah 21 tahun. Sebanyak 34% responden berpandangan bahwa usia 22-25 tahun merupakan usia yang cocok untuk menikah. Ada juga sekitar 18% yang berpendapat bahwa usia 26-29 tahun merupakan usia yang tepat. Sementara itu, 23% responden berpendapat bahwa usia 30 tahun ke atas merupakan usia yang sesuai untuk menikah. Sekitar 7% tidak memiliki pandangan khusus terkait usia ideal untuk wanita menikah.

 

Penulis: Kurnia Elma Armavillia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Fenomena Musik Korea: Indonesia Tempati Posisi Ke-3 Pasar K-Pop Dunia

Indonesia menonjol sebagai salah satu pemain utama di pasar K-Pop global. Meskipun persaingan ketat, antusiasme penggemar K-Pop hingga kini tetap tinggi.

ChatGPT vs Gemini: Manakah Chatbot AI yang Terbaik?

Popularitas penggunaan chat AI kian meningkat, baik di Indonesia maupun secara global. Antara dua pioneer chat AI, manakah yang lebih baik?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook