Ukraina Pemasok Gandum Impor Terbanyak di Indonesia Tahun 2020/2021

Konflik yang terjadi antara Rusia-Ukraina berpotensi menimbulkan dampak terhadap kenaikan harga serta jumlah pasokan gandum impor Ukraina di Indonesia.

Ukraina Pemasok Gandum Impor Terbanyak di Indonesia Tahun 2020/2021 Bendera Ukraina di Tengah Ladang Gandum | Anna Koberska/Shutterstock

Konflik yang terjadi antara Rusia-Ukraina berpotensi menimbulkan dampak terhadap pasokan gandum impor dari Ukraina di Indonesia. Mengutip data Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) tahun 2020/2021, Indonesia adalah negara tujuan utama ekspor gandum Ukraina.

Negara Tujuan Utama Ekspor Gandum Ukraina tahun 2020/2021 | Angelia/GoodStats

Pada periode Juli 2020 hingga Juni 2021, ekspor gandum Ukraina ke Indonesia tercatat sebanyak 2,61 juta ton mencakup 15,7 persen dari total ekspor gandum Ukraina.

Lalu Mesir menjadi negara tujuan kedua dengan ekspor sebesar 2,46 juta ton atau 14,8 persen dari total ekspor. Tujuan ekspor ketiga adalah Pakistan sebesar 1,4 juta ton dengan persentase sebesar 8,4 persen.

Selanjutnya, Bangladesh dan Maroko di peringkat keempat dan kelima. Ekspor ke Bangladesh mencapai 1,13 juta ton dan Maroko mencapai 1,09 juta ton.

Kemudian negara tujuan selanjutnya terdapat negara Turki sebesar 794 juta ton, Yaman 793 ton, Tunisia 701 juta ton, Libya 65,1 juta ton, dan di peringkat terakhir negara Lebanon sebesar 628,3 juta ton

Pasokan gandum yang terganggu dapat memengaruhi harga-harga pangan di Indonesia, seperti tepung dan mi instan. Melansir data Bloomberg, harga gandum (CBOT) telah menembus 942,75 dolar AS per bushel untuk pengiriman Mei 2022.

Kekuatan Militer Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Editor

Konten Terkait

Pekerjaan Bagi Kaum Disabilitas Masih Menjadi Tantangan di Dunia

Data OECD menunjukkan kesenjangan antara masyarakat disabilitas dan non-disabilitas dalam hal pekerjaan tetap signifikan. Apa yang bisa dilakukan pemerintah?

Argentina Hadapi Ketidakstabilan Politik Hingga Inflasi Mencapai 276,2%

Argentina saat ini tengah menghadapi tantangan yang serius dalam mengelola perekonomiannya dengan berbagai indikator ekonomi yang menunjukkan penurunan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X