Top 5 Klub Sepak Bola dengan Suporter Terbanyak di Dunia

Kehadiran para suporter tentu menjadi bahan bakar tersendiri bagi para pemain. Lalu klub sepak bola mana yang memiliki jumlah suporter terbanyak?.

Top 5 Klub Sepak Bola dengan Suporter Terbanyak di Dunia Ilustrasi suporter sepak bola I Vasyl Shulga/Shutterstock

Pertandingan laga sepak bola jadi ajang olahraga yang paling banyak ditunggu-tunggu para penggemarnya. Mulai dari yang muda hingga tua, dari desa dan kota, Indonesia hingga dunia tidak pernah melewatkan setiap momen yang terjadi di setiap pertandingan. Berbagai momen seperti mencetak gol, kartu merah, adu penalti, hingga beragam gaya selebrasi juga jadi hal yang paling dinanti para penggemarnya.

Kehadiran para penggemar atau suporter tentu menjadi bahan bakar tersendiri bagi para pemain. Nama besar setiap klub sepak bola pasti tidak akan lepas dari dukungan para suporter. Jika dilihat dalam data mirror.co.uk, terdapat beberapa klub sepak bola dengan jumlah suporter paling banyak di dunia.

Berdasarkan jumlah followers atau pengikut di media sosial Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan YouTube berikut adalah 5 klub sepak bola dengan suporter terbanyak di dunia.

Top 5 Klub Sepak Bola dengan Suporter Terbanyak di Dunia 2021 I GoodStats

1. Real Madrid (270,7 juta)

Suporter Real Madrid I ph.FAB/Shutterstock 

Klub sepak bola dengan jumlah suporter terbanyak di dunia versi mirror.co.uk adalah Real Madrid. Akumulasi jumlah pendukung klub Real Madrid di berbagai platform media sosial mencapai 270,7 juta suporter. Dikenal sebagai salah satu klub sepak bola terkaya di dunia dalam hal pendapatan dan total aset pada 2019, Real Madrid merupakan kekuatan utama dalam sepak bola Spanyol dan Eropa sejak tahun 1950.

Pendukung garis keras Real Madrid yang biasa disebut Madridista, akan berlangganan memadati stadion hampir pada setiap musim. Para Madridista pecah rekor dalam daftar 40 klub Eropa dengan rata-rata kehadiran suporter tertinggi kedua sejak pergantian milenium, yakni mencapai 70.016 penonton.

2. Barcelona (269,6 juta)

Suporter Barcelona I Christian Bertrand/Shutterstock 

Suporter klub sepak bola nomor dua terbanyak di dunia diraih oleh Barcelona dengan jumlah 269,6 juta followers. Didirikan pada tahun 1899 oleh kelompok pemain Swiss, Inggris, Jerman, dan Catalan di bawah pimpinan Joan Gamper ini telah jadi klub yang menjadi simbol budaya Catalan dan Catalanisme.

Mendapat julukan Cules, para penggemar Barcelona terus mengalami peningkatan. Maka tidak heran, sepanjang sejarah Eropa, klub Barcelona jadi salah satu klub terfavorit kedua setelah Real Madrid. Melansir mirror.co.uk Barcelona tengah dilanda masalah pada beberapa tahun terakhir. Mereka tengah menghadapi masalah di klub baik urusan internal maupun eksternal.

3. Manchester United (168 juta)

Suporter MU I Ververidis Vasilis/Shutterstock 

Lalu klub sepak bola dunia dengan jumlah followers atau pengikut sosial media terbanyak dimiliki oleh Manchester United atau MU. Berbasis di Old Trafford, Manchester Raya, klub satu ini dikenal sebagai klub yang bermain di Liga Utama Inggris, terbanyak sepanjang masa. MU telah memenangkan berbagai trofi ajang sepak bola Inggris, termasuk rekor 20 gelar Liga, 12 Piala FA, lima Piala Liga, rekor 21 FA Community Shield, dan masih banyak lagi.

MU sempat meraih masa kejayaannya di era 1990 hingga 2000 an. Manisnya kemenangan saat itu berada di bawah naungan sang pelatih legendaris, Sir Alex Ferguson. Namun, dalam satu dekade terakhir, The Red Devils tengah paceklik trofi. Mereka terakhir kali keluar sebagai juara dalam Liga Eropa di musim 2016-2017.

Namun, dari penurunan prestasi tersebut, MU tidak kehilangan para pendukung setianya. Jumlah pengikut media sosial MU saat ini menjadi peringkat tiga besar terbanyak di dunia, sejumlah 168 juta suporter. Diketahui, jumlah kelompok suporter MU di seluruh dunia mencapai lebih dari 200 cabang. Jumlah tersebut telah diakui secara resmi dari Manchester United Supporter Club (MUSC).

4. Parist Saint Germain (143 juta)

Suporter Parist Saint Germain I ph.FAB/Shutterstock

Parist Saint Germain atau PSG jadi klub sepak bola dunia dengan jumlah suporter terbanyak nomor empat di dunia dengan jumlah 143 suporter. Akun media sosial TikTok PSG jadi salah satu akun yang mengalami perkembangan pesat dengan jumlah 20,5 juta pengikut.

Lionel Messi yang telah menutup buku dengan Barcelona, kini resmi bergabung dengan PSG. Perpindahan pemain idola ini dinilai dapat berpotensi menimbulkan efek domino. Dalam artian, para penggemar Messi boleh jadi kini juga akan menjadi pendukung PSG.

Klub sepak bola asal Prancis yang sudah berdiri sejak Agustus 1970 ini merupakan penggabungan klub Paris FC dan Stade Saint-Germain. PSG kini telah menjelma menjadi klub terkuat di Liga Prancis usai diakuisisi oleh perusahaan kaya asal Timur Tengah, yakni Qatar Sports Investments.

5. Juventus (115,2 juta)

Suporter Juventus I cristiano barni/Shutterstock

Peringkat lima besar klub sepak bola dengan suporter terbanyak adalah Juventus dengan jumlah 115,2 juta pengikut media sosial. Klub sepakbola asal Italia ini berbasis di kota Turin, Piemonte. Juventus adalah klub tertua kedua di Italia, setelah Genoa yang didirikan pada tahun 1893. Selain itu, mereka juga dikenal sebagai klub tersukses di Italia bahkan dunia.

Juventus telah memenangkan 36 gelar liga, 14 gelar Coppa Italia, 9 gelar Supercoppa Italiana, dan berbagai prestasi dunia ternama lainnya. Kedatangan beberapa pemain top Eropa menjadi magnet tersendiri bagi mereka. Salah satu diantaranya adalah Cristiano Ronaldo yang berhasil membuat pamor klub semakin populer.

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Menyingkap Isi Kepala Orang Indonesia Atas Sulitnya Realisasi Praktik Ramah Lingkungan
Artikel Selanjutnya Ragam Statistik Indonesia Dalam Kebencanaan
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook