Thailand Juara SEA V.League 2024 Putra Putaran Pertama, Indonesia Tergeser

Dengan performa terbaiknya, Indonesia menjadi runner-up pada putaran pertama SEA V.League 2024 Putra. Indonesia juga berhasil menyabet dua penghargaan individu.

Thailand Juara SEA V.League 2024 Putra Putaran Pertama, Indonesia Tergeser Indonesia dan Thailand pada SEA V.League 2024 Putra Putaran Pertama | SEA V.League

Rangkaian pertandingan pada SEA V.League 2024 nomor putra putaran pertama telah usai. Pertandingan-pertandingan tersebut dihelat di Santa Rosa Sports Complex Filipina pada 16 hingga 18 Agustus 2024. Gelaran acara di stadion berkapasitas 5,7 ribu penonton ini melibatkan empat tim voli putra tingkat Asia Tenggara yaitu Indonesia, Filipina, Thailand, serta Vietnam.

Ketua Umum Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Imam Sudjarwo menyatakan bahwa pada saat berangkat, Indonesia memiliki target untuk menyabet gelar juara di putaran pertama ini. Itu berarti, jika terwujud maka Indonesia akan mencetak sejarah sebagai pemegang hattrick di SEA V.League.

"Kita ingin agar Timnas Bola Voli Putra Indonesia mencetak hattrick dan bisa kembali mengibarkan bendera Merah Putih dan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya," ungkap Imam melansir BolaSport.

Selisih Satu Kemenangan, Indonesia Digeser Thailand

Hasil akhir SEA V.League Putra putaran pertama, 2024 | GoodStats

Namun hasil akhir berkata lain. Gelar juara bertahan yang dipegang oleh Indonesia harus tergeser oleh Thailand. Squad yang dilatih oleh Park Ki-won ini tercatat menyapu bersih kemenangan di semua pertandingan.

Bahkan, Thailand mampu mengalahkan Indonesia dengan skor telak 3-0 pada Jumat (16/8) sore WIB. Skor telak 3-0 juga dilakoni Thailand pada saat melawan Filipina dan Vietnam.

Sementara itu, Indonesia berada di posisi kedua klasemen dengan kekalahan sebanyak satu kali, yaitu saat melawan Thailand. Indonesia mampu meraih kemenangan pada laga Sabtu (17/8) melawan Filipina dengan skor 3-1, serta pada laga Minggu (18/8) melawan Vietnam dengan skor dramatis 3-2.

Di bawahnya, terdapat Filipina yang meraih satu kali kemenangan, dilanjut Vietnam yang tidak mampu memenangi satupun pertandingan.

Meski begitu, pemain Indonesia tetap mampu menyabet gelar-gelar penghargaan individu. Hendra Kurniawan mendapat gelar middle blocker terbaik, sementara Dio Zulfikri mendapat gelar setter terbaik.

Berikut daftar peraih penghargaan individu pada gelaran SEA V.League 2024 putaran pertama:

  • Most Valuable Player: Kissada Nilsawai (Thailand)
  • Best outside hitter: Napadet Bhinidjee (Thailand), Michaelo Buddin (Filipina)
  • Best middle blocker: Hendra Kurniawan (Indonesia), Kim Malabunga (Filipina)
  • Best setter: Dio Zulfikri (Indonesia)
  • Best opposite: Pham Van Hiep (Vietnam)
  • Best libero: Tanapat Charoensuk (Thailand)

Target Hattrick Indonesia Belum Tercapai

Perkembangan peringkat SEA V.League Putra, 2023-2024 | GoodStats

Sayangnya, Indonesia belum mampu mempertahankan gelar juaranya pada dua gelaran sebelumnya. Meski begitu, Indonesia masih menyandang predikat pemegang gelar juara terbanyak hingga saat ini.

Kenaikan peringkat paling impresif terjadi pada kubu Thailand. Setelah harus berpuas berada di posisi nomor tiga di tahun 2023 putaran kedua, Thailand langsung naik dua peringkat di gelaran kali ini.

Sebaliknya, penurunan peringkat paling tajam ada di squad Vietnam. Setelah menduduki runner up di tahun 2023 putaran kedua, tim tersebut terjun ke peringkat keempat karena belum mampu mendapat kemenangan di ketiga pertandingan.

Berbagai hasil yang diterima oleh Tim Voli Putra Indonesia akan menjadi modal penting dalam melakoni SEA V.League 2024 putaran kedua. Putaran kedua sendiri dijadwalkan akan diadakan di Yogyakarta pada tanggal 16-25 Agustus 2024, dengan lawan yang sama.

Asisten Pelatih Tim Nasional Voli Putra Indonesia Victor Laiyan memang mengakui beberapa hal yang menjadi catatan bagi tim asuhannya. Misalnya dalam pertandingan kontra Thailand, Timnas Indonesia masih mengalami beberapa kekurangan di passing maupun block.

"Kita kurang bagus di passing dan juga blok. Blok sering bolong. Kita perbaiki di pertandingan berikutnya. Saya katakan ke anak-anak supaya main lepas saja dan berikan yang terbaik untuk Indonesia. Kita sudah berupaya," kata Victor dalam RRI.

Baca Juga: Meledak, Megawati Jadi Top Scorer SEA V.League Putri 2024

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Editor

Konten Terkait

Simak Juara Umum PON dari Masa ke Masa!

Jakarta menjadi provinsi dengan titel juara umum PON terbanyak, total 11 gelar juara telah diraihnya.

Update Terkini Perolehan Medali Sementara Indonesia di Paralimpiade 2024

Indonesia telah menyabet medali dari cabang boccia dan para atletik. Capaian medali dari para atletik juga melampaui target yang ditetapkan

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook