Daftar 10 Negara Paling Damai Menurut Global Peace Index 2023

Negara paling damai merupakan negara yang hampir tidak memiliki konflik. Sebagian besar negara paling damai berasal dari benua Eropa

Daftar 10 Negara Paling Damai Menurut Global Peace Index 2023 Ilustrasi pemandangan di Ibu Kota Islandia │ Boyloso/Shutterstock

Damai merupakan suatu kondisi yang tenang, rukun, dan tidak ada perang atau kerusuhan. Negara damai berarti negara yang tidak mengalami konflik kerusuhan internal maupun konflik perang eksternal.

Statista merilis daftar negara paling damai pada tahun 2023. Daftar tersebut merujuk pada Global Peace Index atau Indeks Perdamaian Global yang merupakan bagian dari upaya Institut Ekonomi dan Perdamaian untuk mengukur tingkat kedamaian di negara-negara di seluruh dunia.

GPI memiliki indikator untuk menentukan predikat sebagai negara paling damai, yakni tingkat keselamatan dan keamanan masyarakat, sejauh mana konflik domestik dan internasional yang sedang berlangsung, dan tingkat militerisasi.

Konflik internasional berkaitan dengan keterlibatan suatu negara dalam konflik militer. Selain itu, upaya negara untuk menyelesaikan konflik dan memastikan keselamatan warganya juga turut menjadi penilaian.

Sebagai contoh, negara yang lebih banyak mengeluarkan anggaran untuk misi perdamaian PBB dianggap lebih damai. Sedangkan, negara dengan pengeluaran anggaran untuk militer melebihi produk domestik bruto (PDB) dianggap sebagai negara yang kurang damai.

Sementara itu, konflik internal atau domestik berkaitan dengan jumlah kejahatan dan kematian akibat kekerasan senjata dalam suatu negara. Semakin kecil indeks yang dihasilkan, maka negara tersebut dianggap sebagai negara paling damai.

Indeks Perdamaian Global (GPI) 2023, mengungkapkan rata-rata tingkat perdamaian global memburuk selama sembilan tahun berturut-turut. Di tahun ini, 84 negara mengalami peningkatan kondisi sementara 79 negara justru memburuk.

Saat ini, sebagian besar negara paling damai di dunia berasal dari benua Eropa.

Posisi pertama negara paling damai ialah Islandia dengan indeks perdamaian 1,12. Islandia berturut-turut mendapat penghargaan tersebut sejak 2008.

Negara paling damai kedua masih berasal dari benua Eropa, yakni Denmark. Negara tersebut mendapatkan indeks sebesar 1,31 poin. Negara ini menggantikan posisi Selandia Baru di tahun 2022.

Posisi ketiga masih dipegang oleh Irlandia. Akan tetapi, indeks yang didapat mengalami peningkatan. Sebelumnya, tahun 2022 indeks negara Irlandia ialah 1,29, sedangkan saat ini indeks tersebut mencapai 1,31.

Selandia Baru berada di posisi keempat dengan indeks 1,31. Negara ini mengalami penurunan posisi sebanyak dua tingkat, dari nomor 2 ke nomor 4. Negara tersebut juga menggeser Austria, Portugal dan Denmark yang menempati posisi keempat pada tahun sebelumnya dengan indeks 1,3. Saat ini Austria menempati posisi kelima dengan indeks 1,32.

Sementara itu, Singapura, Portugal, dan Slovenia memiliki indeks yang sama, yakni 1,34. Singapura menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk ke dalam kategori 10 negara paling damai.

Kemudian, Jepang juga turut mewakili Asia Timur sebagai negara paling damai posisi kesembilan dengan indeks 1,34. Posisi kesepuluh negara paling damai ialah Swiss. Negara tersebut juga memiliki indeks perdamaian sebesar 1,34.

Penulis: Aslamatur Rizqiyah
Editor: Editor

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X