Timnas Indonesia di Sea Games 2021: Rerata Usia 21,8 Tahun, 3 Pemain Jalani Debut

Secara keseluruhan, skuad timnas pada ajang Sea Games kali ini memiliki rerata usia 21,8 tahun.

Timnas Indonesia di Sea Games 2021: Rerata Usia 21,8 Tahun, 3 Pemain Jalani Debut Potret pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong ketika masih melatih Timnas Korea Selatan | Alizada Studios/Shutterstock

Timnas Indonesia harus menerima kekalahan pada laga pertamanya di ajang Sea Games 2021 (6/5). Garuda Muda takluk tiga gol tanpa balas dari sang tuan rumah, Vietnam. Seluruh gol Vietnam dicetak pada babak kedua melalui Nguyen Tien Linh (54'), Dung Do Hung (74'), dan Le Van Do (88').

Hasil ini mendorong tim asuhan Shin Tae-yong ini jatuh ke posisi empat klasemen sementara, tepat di atas Timor Leste yang berada di posisi juru kunci karena pada laga pertama harus menelan kekalahan empat gol tanpa balas atas Filipina. Selanjutnya, timnas akan bertemu dengan Timor Leste (10/5), Filipina (13/5), dan Myanmar (15/5).

Jika dilihat dari kedalaman skuad, pada Sea Games edisi kali ini Timnas Indonesia memaksimalkan tiga kuota pemain senior yang diisi oleh Ricky Kambuaya (26), Marc Klok (29), dan Fachrudin Aryanto (33). Secara keseluruhan, skuad timnas kali ini memiliki rerata usia 21,8 tahun.

Ronaldo Kwateh jadi pemain termuda di skuad timnas

10 pemain termuda Timnas Indonesia di Sea Games 2021 | GoodStats

Penyerang muda asal Madura United, Ronaldo Kwateh menjadi penggawa termuda timnas pada ajang kali ini dengan usia 17 tahun 7 bulan. Kemudian, gelandang serang andalan Persebaya, Marselino Ferdinan menjadi yang termuda kedua dengan usia 17 tahun 8 bulan.

Kemudian, pemain keturunan Indonesia yang bermain di Ipswich Town, Elkan Baggott menjadi pemain termuda ketiga (19 tahun 7 bulan). Sementara itu, terdapat enam pemain berusia 20 tahun, antara lain Rizky Ridho, Witan Sulaeman, Rio Fahmi, Alfreanda Dewangga, serta kedua kiper yang diboyong ke Vietnam, yakni Ernando Ari dan Adi Satryo.

Pemain tertua timnas yang bukan termasuk kuota pemain senior jatuh pada gelandang anyar Persija Jakarta, Syahrian Abimanyu dan sayap kiri andalan Sabah FC, Saddil Ramdani. Di Sea Games kali ini, kedua pemain tersebut tepat berusia 23 tahun.

Tiga pemain jalani debut bela garuda

Terdapat tiga pemain yang akan menjalani debut membela Garuda di ajang kali ini. Ketiga pemain tersebut adalah Rio Fahmi dari Persija Jakarta, Muhammad Ridwan dari Persik Kediri, dan Marc Klok dari Persib Bandung.

Pada pertandingan pertama menghadapi Vietnam (6/5), Rio Fahmi dan Marc Klok telah diberikan kesempatan bermain dan dijadikan sebagai starter, sedangkan Muhammad Ridwan masih berada di bangku cadangan. Meskipun begitu, kedua starter debutan tersebut belum terlihat menampilkan aksi maksimalnya dalam mengolah si kulit bundar.

Jika dibandingkan dengan skuad timnas pada Sea Games sebelumnya (Filipina 2019), terdapat tujuh pemain yang dipanggil kembali pada edisi kali ini, antara lain Asnawi Mangkualam, Egy Maulana, Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Rachmat Irianto, Firza Andika, dan Syahrian Abimanyu. Dari ketujuh pemain tersebut, Asnawi, Witan, dan Saddil merupakan alumni Sea Games Kuala Lumpur 2017.

Pemain terbanyak berasal dari Persebaya, Persib, dan Persija

Persebaya, Persib, dan Persija masing-masing menyumbang tiga pemain pada ajang Sea Games kali ini | GoodStats

Jika diklasifikasikan dari asal klub, tiga klub kondang Liga 1, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, dan Persija Jakarta menjadi klub yang paling banyak menyumbang pemain di Timnas U23. Ernando Ari, Rizky Ridho, dan Marselino merupakan wakil dari Persebaya.

Tiga wakil Persib mengisi slot lapangan tengah, antara lain Rachmat Irianto, Marc Klok, dan Ricky Kambuaya, sedangkan wakil Persija mengisi dua bek sayap dan satu gelandang, yakni Rio Fahmi, Firza Andika, dan Syahrian Abimanyu.

Kemudian, terdapat tiga klub yang menyumbang masing-masing dua pemainnya di skuad timnas kali ini, antara lain FK Senica (Egy dan Witan), Madura United (Fachrudin dan Ronaldo), dan Persik Kediri (M. Ridwan dan Adi Satryo).

Sementara itu, ada lima pemain yang saat ini berstatus abroad atau bermain di luar liga domestik, yakni Egy dan Witan di FK Senica, Asnawi di Ansan Greeners, Elkan Baggott di Ipswich Town, dan Saddil Ramdani di Sabah FC.

Akibat kalah pada laga pertama, Timnas Indonesia setidaknya harus mengamankan tiga poin pada laga kontra Timor Leste yang akan berlangsung pada 10 Mei mendatang untuk mempermudah peluang lolos ke semifinal. Dalam situs resminya, Ketua Umum PSSI berharap Shin Tae-yong dapat memperbaiki berbagai kekurangan di laga pertama untuk bisa menang di laga selanjutnya.

"Lupakan kekalahan di laga pertama. Ada kekurangan iya. Ini yang harus diperbaiki di pertandingan selanjutnya. Saya minta Shin Tae-yong perbaiki itu dan bisa menang di laga-laga selanjutnya," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Benarkah PPKM di Indonesia Telah Berakhir?
Artikel Selanjutnya Survei Indikator Politik: Masyarakat Minta Mafia Minyak Goreng Dihukum Berat
Konten Terkait