Simak Daftar Startup Decacorn dan Unicorn di Indonesia 2022

Presiden RI Joko Widodo menyebutkan bahwa pada tahun 2022 ini Indonesia telah memiliki 2 startup berstatus decacorn serta 9 startup unicorn.

Simak Daftar Startup Decacorn dan Unicorn di Indonesia 2022 GoTo, salah satu startup decacorn Indonesia | Wirestock Creators/Shutterstock

Tercatat hingga Agustus 2022, Indonesia memiliki total 2 startup berstatus decacorn serta 9 startup dengan status unicorn. Status unicorn diberikan kepada startup yang memiliki valuasi di atas 1 miliar dolar AS. Sementara itu, decacorn ditujukan untuk startup dengan valuasi di atas 10 miliar dolar AS.

Deretan startup decacorn dan unicorn di Indonesia per Agustus 2022 | Angelia/GoodStats

Adapun 2 startup asal Indonesia yang berhasil meraih status decacorn antara lain ialah GoTo, startup hasil merger Gojek dan Tokopedia serta J&T Express. Adapun GoTo telah resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 11 April 2022 lalu dan berhasil menjadi emiten ke-15 yang sahamnya tercatat di BEI tahun ini dengan jumlah 1,18 triliun saham.

Sementara itu, startup layanan logistik last-mile J&T Express menyusul GoTo menjadi startup decacorn pada akhir tahun 2021 lalu. Kini, J&T Express berhasil mencatatkan valuasi sebesar 20 miliar dolar AS per Agustus 2022. Startup satu ini telah hadir di 10 negara, 2 di antaranya merupakan negara Timur Tengah yakni Uni Emirat Arab (UEA) serta Arab Saudi.

Untuk startup unicorn sendiri total ada 9 perusahaan asal Indonesia yang berada dalam daftar ini pada Agustus 2022. Adapun deretan startup unicorn di Indonesia antara lain ialah Bukalapak (Sudah IPO), Traveloka (3 miliar dolar AS), OVO (2,9 miliar dolar AS), Akulaku (2 miliar dolar AS), Dana (1,3 miliar dolar AS), Xendit (1 miliar dolar AS), Ajaib (1 miliar dolar AS), Kopi Kenangan (1 miliar dolar AS), dan Tiket.com (1 miliar dolar AS).

Presiden RI Joko Widodo dalam Pidato Kenegaraan 2022 di Sidang Tahunan MPR menerangkan bahwa pencapaian ini terjadi berkat adanya proses digitalisasi ekonomi di Indonesia yang terus didorong untuk memberdayakan UMKM di tanah air.

“19 juta UMKM telah masuk dalam ekosistem digital dan ditargetkan sebesar 30 juta UMKM akan masuk ekosistem digital pada tahun 2024,” tutur Jokowi pada Selasa (16/8/2022).

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Indonesia “Bersinar” di Laju Pertumbuhan Startup: Peringkat Satu Se-Asia Tenggara

Jumlah startups di Indonesia terbanyak nomor satu di ASEAN, apa poin penting yang perlu disorot dalam kontestasi ini? Temukan jawabannya pada artikel ini!

Mengapa Orang Indonesia Memilih Transportasi Online?

Melansir survei GoodStats 2023, alasan utama orang Indonesia memilih transportasi online dibandingkan transportasi lain ada pada faktor kemudahan untuk memesan

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X