Sepak Bola Jadi Cabang Olahraga yang Paling Diminati Saat Sea Games 2023

Mayoritas responden memilih sepak bola sebagai cabang olahraga yang paling diminati dengan persentase sebanyak 62,7%.

Sepak Bola Jadi Cabang Olahraga yang Paling Diminati Saat Sea Games 2023 Ilustrasi pemain sepak bola di stadion | EFKS/Shutterstock

SEA Games 2023 atau festival olahraga negara-negara di kawasan Asia Tenggara telah menjadi perbincangan bahkan sejak pembukaannya. Acara ini diselenggarakan tiap dua tahun sekali, dan Kamboja terpilih menjadi tuan rumah untuk tahun 2023 ini.

Berdasarkan laporan dari Kurious dan Katadata Insight Center (KIC) mengenai Antusiasme Masyarakat Terhadap SEA Games 2023, mayoritas responden (83,7%) mengaku antusias terhadap pertandingan SEA Games.

Sepak bola ternyata menjadi cabang olahraga yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia dengan persentase mencapai 62,7%. Diikuti oleh cabang olahraga bulu tangkis dengan selisih tipis, yakni 62,1% responden. Selanjutnya, ada pula responden yang memilih voli dan renang sebagai cabang olahraga yang paling diminati dengan persentase masing-masing sebesar 33,6% dan 19%.

Cabang olahraga yang paling diminati masyarakat Indonesia saat SEA Games 2023 | Goodstats

Disusul oleh basket di posisi kelima dengan persentase sebanyak 15,1% responden. Kemudian, cabang olahraga atletik dan panjat tebing menyusul dengan persentase masing-masing mencapai 13,1% dan 12,1%. Ada juga E-sport dan tenis dengan masing-masing sebesar 10,6% responden.

Adapun, mayoritas responden menonton atau mengikuti pertandingan SEA Games melalui siaran televisi nasional dengan proporsi sebesar 54,3%. Selain itu, ada juga responden yang mengaku menonton pertandingan melalui siaran langsung di internet sebanyak 37,9%.

Menurut riset Kurious dan KIC, sebagian besar responden memberikan bentuk dukungan kepada atlet atau tim olahraga Indonesia yang bertanding melalui media sosial dengan persentase sebanyak 81,3%. Selain itu, ada juga responden yang mengaku akan mendukung dengan menghadiri tempat pertandingan langsung sebanyak 7,1%.

Survei tersebut dilakukan terhadap 464 responden yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Data dikumpulkan sejak periode 8-14 Mei 2023. Berdasarkan demografi responden, mayoritas berjenis kelamin laki-laki (56%) dengan rentang kelompok umur 35 – 44 Tahun (33,4%) dan bertempat tinggal di area Jawa Non DKI Jakarta.

Sementara itu, atlet Indonesia dilaporkan telah berhasil mengumpulkan sebanyak 69 medali emas untuk SEA Games per Minggu, 14 Mei 2023. Jumlah tersebut memenuhi target yang sudah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebelumnya. Berkat capaian ini, Indonesia menempati posisi ketiga klasemen sementara.

Lexyndo Hakim selaku Chef de Mission (CdM) untuk tim Indonesia mengaku lega dan bersyukur atas hasil sementara tersebut. Ia mengungkap, kepercayaan diri para atlet menjadi meningkat oleh hasil ini.

"Selanjutnya, mari kita fokus menyelesaikan SEA Games Kamboja 2023 ini dengan memenangkan lebih banyak medali," ujarnya seperti dikutip dari Antaranews.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Riset: Perempuan Lebih Banyak Menyukai Ragam Aktivitas Olahraga Dibandingkan Laki-laki

Perempuan lebih banyak tertarik mencoba ragam jenis olahraga, termasuk melatih otot. Sedangkan, laki-laki masih memiliki pola aktivitas olahraga stagnan.

Inilah 10 Pemain Termahal di Piala Dunia U-17 2023

10 pemain sepak bola dengan valuasi pasar tertinggi di Piala Dunia U-17 2023 menurut Transfermarkt.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X