Selain Top Skor, Jumlah Gol Haaland pada Liga Inggris Musim Ini Raih Rekor Terbanyak Sepanjang Masa

Haaland jadi pemain pertama yang berhasil mencetak 36 gol dalam satu musim sepanjang sejarah Premier League

Selain Top Skor, Jumlah Gol Haaland pada Liga Inggris Musim Ini Raih Rekor Terbanyak Sepanjang Masa Erling Haaland bersama Manchester City | Football365

Gol yang dicetak penyerang Erling Haaland pada laga Manchester City melawan Everton, Rabu (14/5) lalu tak hanya membuat City berhasil meraih 3 poin. Salah satu gol tersebut juga membuat Haaland mencatatkan gol ke-36-nya bersama City, sekaligus membuatnya jadi top skor Liga Inggris musim 22/23 karena hingga liga berakhir tak ada pemain yang berhasil menyalipnya.

Menariknya, 36 gol yang dicetak Haaland dari total 35 penampilannya tersebut juga membuatnya berhasil meraih rekor baru di Premier League. Haaland jadi pemain pertama yang berhasil mencetak 36 gol dalam satu musim sepanjang sejarah Premier League.

"Ini melampaui prestasi Andrew Cole dan Alan Shearer, yang mencetak rekor dengan masing-masing 34 gol pada musim 1993/94 dan 1994/95 yang keduanya cetak dalam 40-an pertandingan. Haaland menjadi pemain City ketiga yang memenangkan penghargaan ini (sepatu emas top skor Liga Inggris), mengikuti jejak Carlos Tevez pada musim 2010/11 dan Sergio Aguero pada musim 2014/15," tulis Premier League melalui situs resminya, Minggu (28/5).

Setidaknya hingga musim lalu, rekor gol terbanyak dalam satu musim masih dipegang oleh Andrew Cole pada musim 1993/94 yang saat itu masih berseragam Newcastle United. Cole berhasil mencetak 34 gol dalam 40 penampilannya.

Pada semusim selanjutnya, Alan Shearer yang saat itu masih berseragam Blackburn Rovers juga berhasil mencetak 34 gol dalam satu musim. Namun, 34 gol yang dicetak Shearer tersebut baru berhasil dicetak dalam 42 penampilannya. Bahkan, Shearer terpantau konsisten mencetak gol karena berhasil cetak 31 gol pada musim 1993/94 dan 1995/96.

Pemain dengan gol terbanyak dalam satu musim Premier League | GoodStats

Winger andalan Liverpool, Mohamed Salah hampir menyamakan rekor tersebut pada musim 2017/28 lalu. Sayangnya, Salah hanya berhasil mencetak 32 gol dari total 36 penampilannya bersama Liverpool.

Di bawah nama Haaland, Cole, Shearer, dan Salah, baru ada nama Cristiano Ronaldo dan Luis Suarez yang berhasil mencetak 31 gol dalam semusim. Ronaldo mencatatkannya pada musim 2007/08 bersama Manchester United, sementara Suarez pada musim 2013/14 bersama Liverpool.

"Penghargaan ini tidak akan mungkin terjadi tanpa rekan setim saya yang luar biasa, manajer, dan semua staf di klub yang membantu saya tampil di lapangan," kata Haaland dilansir situs resmi Premier League, Sabtu (27/5).

Performa Haaland bersama Manchester City pada musim ini memang benar-benar di luar dugaan. Tak hanya berhasil raih ‘sepatu emas’, Haaland juga berhasil borong penghargaan pemain terbaik dan pemain muda terbaik Liga Inggris musim 22/23.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Indonesia Jadi Tim dengan Skuad Termuda di Piala Asia U-23 2024

Berdasarkan update daftar pemain Piala Asia U-23 2024 yang dirilis AFC pada Senin (15/4), skuad Indonesia U-23 punya rata-rata usia termuda yakni 21,21 tahun.

Cek Daftar Tim Tersukses di Piala Asia U-23, Ada Calon Lawan Indonesia?

Indonesia yang berstatus debutan tergabung di Grup A Piala Asia U-23 2024 bersama tuan rumah Qatar, Yordania, dan Australia, 3 tim langganan di turnamen ini.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X