Sejumlah Tempat Wisata di Jakarta Membeludak di Libur Lebaran 2023, Ancol dan Ragunan Tembus 80 Ribu Pengunjung

Tak hanya di Jakarta, lonjakan pengunjung juga terjadi di kawasan Taman Safari Bogor, Jawa Barat

Sejumlah Tempat Wisata di Jakarta Membeludak di Libur Lebaran 2023, Ancol dan Ragunan Tembus 80 Ribu Pengunjung Kepadatan Kawasan Taman Impian Jaya Ancol pada Minggu (23/4) | Kristianto Purnomo/Kompas

Sebagian besar masyarakat Jabodetabek menghabiskan waktu libur Lebarannya untuk mudik ke kampung halaman. Namun, tak sedikit juga masyarakat yang tidak melakukan mudik dan menghabiskan waktu liburannya di Jakarta atau beberapa tempat wisata favorit warga Jabodetabek lainnya.

Hal tersebut dibuktikan dari jumlah pengunjung yang membeludak di beberapa tempat wisata favorit warga Jabodetabek. Taman Impian Jaya Ancol (TIJA) misalnya, pada hari kedua Lebaran 2023, Minggu (23/4) lalu pukul 16.00 WIB tercatat ada 85 ribu pengunjung yang berwisata.

Angka ini diklaim pengelola TIJA sebagai yang tertinggi sejak pandemi covid-19 melanda Indonesia pada 2020 lalu. Namun, pihak pengelola telah memprediksi lonjakan ini terjadi, sehingga telah menyiapkan beberapa langkah antisipasi seperti sistem sentral parkir dan penambahan bus wisata.

"Jadi sistem sentral parkir ini, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi akan kami arahkan untuk mengisi dulu semua kantong parkir yang tersedia, untuk mobil ada di sekitar 6.300 kapasitasnya. Untuk motor itu sampai sekitar 17 ribu," kata Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol, Ariyadi Eko Nugroho dilansir Kumparan (23/4).

"Kami juga menambahkan ada sekitar 9 titik toilet baru dan ada beberapa titik musala tambahan untuk menambah fasilitas rekreasi juga," lanjutnya.

Tak hanya Ancol, keramaian juga terpantau di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan. Pada Minggu (23/4) lalu, Humas TMR mengeklaim bahwa jumlah pengunjung terdapat 82 ribu hingga pukul 14.00 WIB.

"Terpantau sampai saat ini pengunjung tercatat sekitar 82 ribu pada posisi jam 14.00 WIB. Kemudian ini masih terus bertambah sampai pukul 17.00 WIB," kata Kepala Humas TMR, Wahyudi Bambang dilansir Detik (23/4).

Kepadatan juga terpantau terjadi di Taman Mini Indonesia Indah. Tempat wisata yang berlokasi di Jakarta Timur ini kebanjiran pengunjung hingga 20 ribu orang pada Minggu (23/4) lalu.

Data pengunjung sejumlah tempat wisata favorit warga Jabodetabek | GoodStats

Tak hanya di Jakarta, lonjakan pengunjung juga terjadi di kawasan Taman Safari Bogor, Jawa Barat. Pada Minggu (23/4) lalu, pengelola mengeklaim bahwa terdapat 9 ribu wisatawan yang mengunjungi kebun binatang tersebut.

"Di hari biasa total visitors di kisaran 4-5 ribu. Untuk libur Lebaran tahun ini naik sekitar 30-40% di kisaran 8-9 ribuan. Jika dibanding tahun lalu 2022 animo kunjungan cenderung stabil yakni naik di kisaran 30-40%," kata Manager Marcomm TSI Bogor, Danang Wibowo dilansir Detik (23/4).

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Ini Dia Top 6 Destinasi Wisata Domestik Favorit di Indonesia

Adakah destinasi lokal Indonesia favoritmu?

7 Kota Indonesia Ini Punya Julukannya Sendiri, Unik dan Sarat Akan Makna!

Dari kota seribu benteng hingga kota khatulistiwa, ini 7 kota Indonesia yang punya julukan uniknya sendiri.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook