Seberapa Pentingkah Produk Ramah Lingkungan Untuk Orang Indonesia?

Rakuten Insight Center dan McKinsey, kedua perusahaan tersebut menguliti pendapat masyarakat Indonesia terkait produk ramah lingkungan di mata mereka.

Seberapa Pentingkah Produk Ramah Lingkungan Untuk Orang Indonesia? Ilustrasi Produk Ramah Lingkungan | Unsplash/boxedwater

Tentu seberapa setebal apapun pemerintah merilis kebijakan dan peta jalan menuju dunia ramah lingkungan, rencana tersebut tak akan berhasil tanpa dukungan masyarakat. Masyarakat juga harus menjadi  sadar akan pentingnya menjaga lingkungan agar umur bumi tetap panjang dan kelangsungan hidup para mahluk hidup di dalamnya.

Rakuten Insight Center, pernah melakukan survei di Indonesia terkait seberapa penting pembelian produk ramah lingkungan bagi orang Indonesia? serta seberapa banyak orang yang bersedia membayar lebih untuk produk ramah lingkungan dan berkelanjutan di tahun 2022? 

Seberapa Pentingkah Pembelian Produk Ramah Lingkungan Bagi Orang Indonesia? Tahun 2022 | Goodstats
Seberapa Pentingkah Pembelian Produk Ramah Lingkungan Bagi Orang Indonesia? Tahun 2022 | Goodstats

Berdasarkan survei dengan responden sebanyak 10.886 tersebut, tercatat bahwa 64 persen responden menganggap pembelian produk ramah lingkungan adalah hal yang sangat penting dan 29 persen dari responden menganggap hal tersebut agak penting. Sementara itu 6 persen responden menganggap pembelian produk ramah lingkungan tidak terlalu penting dan 1 persennya menganggap hal tersebut tak penting sama sekali.

Seberapa Banyak Orang Bersedia Membayar Lebih Untuk Produk Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan? | Goodstats
Seberapa Banyak Orang Bersedia Membayar Lebih Untuk Produk Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan? | Goodstats

Sementara itu, tercatat 79 persen responden tercatat bersedia membayar lebih untuk produk ramah lingkungan dan berkelanjutan. Sisanya, yakni 21 persen tercatat tak bersedia membayar lebih untuk produk ramah lingkungan.

Bagaimana Perubahan Dorongan Masyarakat Indonesia Untuk Membeli Produk Ramah Lingkungan di Tahun 2022 Dibanding Tahun Sebelumnya? | Goodstats
Bagaimana Perubahan Dorongan Masyarakat Indonesia Untuk Membeli Produk Ramah Lingkungan di Tahun 2022 Dibanding Tahun Sebelumnya? | Goodstats

Sementara itu, McKinsey sebuah biro konsultasi manajemen global asal Amerika yang didirikan pada tahun 1926 oleh profesor Universitas Chicago, James O. McKinsey, juga melakukan survei dengan topik yang mirip di tahun 2022. Dari 1000 orang responden Indonesia, 40 persennya tercatat mengalami peningkatan niat dan dorongan untuk membeli produk ramah lingkungan. Selain itu, 54 persen responden menganggap masih memiliki niat dan dorongan untuk membeli produk ramah lingkungan dalam kadar yang sama dengan tahun sebelumnya. Sementara sisanya, yakni 6 persen merasa mengalami penurunan niat dan dorongan untuk membeli produk ramah lingkungan. 

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

7 Gempa Terbesar yang Pernah Terjadi di Indonesia

Indonesia sangat rentan terhadap gempa bumi karena letak geografisnya yang berada di Zona Gempa Pasifik.

Penduduk Indonesia yang Mengeluh Sakit Terus Menurun dalam 5 Tahun Terakhir

Sebanyak 26,27% penduduk Indonesia mempunyai keluhan kesehatan dalam sebulan terakhir pada 2023. Angka ini telah turun sebesar 6,09% dalam 5 tahun terakhir.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X