Sebanyak 24 ribu Tanaman Berbunga Terancam Punah di Dunia

Di Indonesia sendiri, sampai saat ini sebanyak 4.705 jenis tumbuhan telah masuk ke dalam IUCN Red List

Sebanyak 24 ribu Tanaman Berbunga Terancam Punah di Dunia Tumbuhan Etlingera Giseke. (Sumber: Plants of the World)

Keanekaragaman tumbuhan Indonesia yang tinggi menghadapi ancaman kepunahan yang nyata di depan mata. Sampai dengan Februari 2023, dari total 4.705 jenis tumbuhan Indonesia yang sudah dinilai status konservasinya dalam Daftar Merah IUCN (IUCN Red List), satu jenis sudah dinyatakan punah (extinct), 3 jenis dinyatakan punah di alam (extinct in the wild), dan 1070 jenis lainnya (22.7%) terancam kepunahan dengan status kritis (critically endangered), genting (endangered) dan rawan (vulnerable).

Satu jenis yang sudah dinyatakan punah adalah Honje (Etlingera heyneana), jenis dari suku jahe-jehean yang hanya diketahui dari awetan herbarium yang dikoleksi tahun 1918 di kawasan TPU Sentiong, Jakarta.

Sedangkan jika merujuk pada data International Union for Conservation of Nature (IUCN) Red List pada tahun 2022 secara global menunjukkan tumbuhan yang terancam punah di dunia mencapai 24.914 spesies. Jumlah tersebut meningkat 6,77% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebanyak 23.335 spesies.

Berdasarkan kelompoknya, sebanyak 24.000 spesies yang terancam punah berasal dari tumbuhan berbunga. Gymnospermae menyusul di urutan kedua lantaran ada sebanyak 436 spesies yang terancam punah. 

Kemudian, terdapat 288 spesies pakis dan sekutunya yang juga terancam punah. Ada pula 181 spesies lumut yang terancam punah pada tahun lalu. Sebanyak sembilan spesies alga merah turut terancam punah sepanjang 2022. Sedangkan, tak ada satu pun spesies alga hijau yang masuk kategori terancam punah.

Di Indonesia sendiri, jumlah tumbuhan Indonesia yang terancam kepunahan semakin meningkat setiap tahunnya. Selain karena pemanenan tumbuhan yang tidak berkelanjutan, jenis invasif, polusi, dan perubahan iklim, ancaman terbesar datang dari alih fungsi hutan menjadi perkebunan, pertanian, pemukiman, dan pertambangan.

Upaya perlindungan tumbuhan terancam kepunahan saat ini belum mendapatkan dukungan sepenuhnya dari pemerintah. Pada Peraturan Menteri Kehutanan (Permen LHK) No. P.20 Tahun 2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi, hanya 127 jenis tumbuhan Indonesia yang dilindungi.

Pada tahun yang sama, peraturan ini mengalami dua kali perubahan, di mana pada perubahan keduanya (Permen LHK No. P.106) sebanyak 10 jenis tumbuhan dikeluarkan dari daftar lindungan. Padahal, 6 dari 10 jenis yang dikeluarkan ini berstatus terancam punah menurut IUCN Red List.

Penulis: Adel Andila Putri
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Ini Dia Negara dengan Kualitas Kesehatan Terbaik, Ada Indonesia?

Kembali menimbulkan polemik dengan kebijakan BPJS Kesehatan, peringkat berapa kualitas layanan kesehatan RI?

5 Kasus Korupsi dengan Kerugian Terbesar di Indonesia

Kasus korupsi merupakan hal yang sering terjadi di Indonesia. Dari semua kasus, ternyata ada 5 kasus korupsi yang menyebabkan kerugian negara hingga triliunan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X