Resmi Jadi Bahasa UNESCO, Berapa Jumlah Penutur Bahasa Indonesia di Dunia?

Bahasa Indonesia resmi salah satu bahasa dari 10 bahasa UNESCO, jumlah total penuturnya mencapai 278 juta orang dari berbagai belahan dunia.

Resmi Jadi Bahasa UNESCO, Berapa Jumlah Penutur Bahasa Indonesia di Dunia? Dokumentasi Sidang Umum UNESCO | Goodstats

Belum lama ini, Indonesia kembali memperluas pengaruhnya secara global dengan disahkannya bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi UNESCO.

Hal membanggakan ini berawal dari Pemerintah Republik Indonesia yang mengajukan bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi pada General Conference (Sidang Umum) UNESCO. Usulan tersebut kemudian disetujui secara bulat pada Sidang Umum UNESCO pada tanggal 20 November 2023 lalu.

10 bahasa resmi dalam Sidang Umum UNESCO | Goodstats

Dengan demikian, saat ini terdapat 10 bahasa resmi Sidang Umum UNESCO yang terdiri atas 6 bahasa PBB, yakni bahasa Inggris, Prancis, Arab, Cina, Rusia, dan Spanyol serta 4 bahasa negara anggota UNESCO lainnya, yaitu bahasa Hindia, Italia, Portugis, dan termasuk Indonesia.

Keputusan tersebut diresmikan dengan diadopsinya Resolusi 42 C/28 secara konsensus dalam sesi Pleno Konferensi Umum ke-42 UNESCO di Markas Besar UNESCO di Paris, Prancis.

Mengutip dari laman resmi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani selaku ketua DPR RI turut merespon hal ini, "Pengakuan ini bukan hanya melibatkan satu negara, melainkan mewakili pengakuan global akan pentingnya persatuan, inklusi, dan keadilan dalam komunitas dunia," ujarnya.

Lantas, berapa jumlah penutur bahasa Indonesia di seluruh dunia?

Jumlah penutur bahasa Indonesia di berbagai belahan dunia | Goodstats

Data dari DPR RI memaparkan bahwa penutur bahasa Indonesia per Juni 2023 diperkirakan mencapai 278 juta orang yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Di Indonesia sendiri, jumlah penutur bahasa Indonesia diketahui terdapat 269 juta orang. Sebanyak 5,2 juta orang di kawasan Asia Tenggara, sebanyak 2,4 juta orang di kawasan Asia-Pasifik dan Afrika, dan 2 juta orang di kawasan Amerika dan Eropa.

Lebih lanjut, Puan juga tak lupa mengajak masyarakat Indonesia khususnya para generasi muda untuk terus melestarikan bahasa Indonesia "Generasi muda memiliki peran penting dalam melestarikan bahasa Indonesia. Mereka adalah pewaris budaya kita, dan dengan mempromosikan Bahasa Indonesia, mereka tidak hanya memperkuat identitas nasional, tetapi juga memperluas cakrawala pengetahuan dan pemahaman mereka," sambung Puan.

Penulis: Anissa Kinaya Maharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

7 Tradisi Natal Terunik di Seluruh Dunia, Austria Paling Aneh!

7 negara ini punya tradisi tersendiri dalam merayakan Natal, Austria merayakannya dengan parade kostum Krampus.

Ada Museum Toilet Hingga Museum Rambut, Inilah 7 Museum Teraneh di Dunia

Ada museum toilet hingga museum rambut, berikut museum-museum teraneh dan terabsurd di dunia dari berbagai negara.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook