Puncak Arus Mudik 2023 Diperkirakan Terjadi pada H-1 Lebaran

Diperkirakan akan ada sekitar 15,1% dari total pemudik atau sebanyak 18,7 juta orang yang melakukan mobilisasi pada hari tersebut

Puncak Arus Mudik 2023 Diperkirakan Terjadi pada H-1 Lebaran Potret kepadatan lalu lintas pada masa Mudik 2016 silam di Tol Pejagan, Brebes | Arya Manggala/Shutterstock

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui survei yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi (BKT) memprediksi akan terjadi pergerakan masyarakat sebesar 123,8 juta orang pada mudik Lebaran 2023. Jumlah ini meningkat sekitar 14% dibanding prediksi pergerakan masyarakat pada Lebaran tahun lalu yang mencapai 85 juta orang.

Secara rinci, pergerakan masyarakat diperkirakan akan mencapai puncaknya atau tertinggi pada H-1 Lebaran. Diperkirakan akan ada sekitar 15,1% dari total pemudik atau sebanyak 18,7 juta orang yang melakukan mobilisasi pada hari tersebut.

Menurut data Kemenhub via Data Indonesia, pada H-7 Lebaran akan ada sekitar 9,3% masyarakat yang akan melakukan mobilisasi. Jumlah tersebut mulai mengalami peningkatan yang drastis pada H-6 hingga H-1 Lebaran.

Prakiraan linimasa mudik Lebaran 2023 | GoodStats

Pada H-3 Lebaran, diprediksi akan ada sekitar 8,4% total pemudik yang melakukan mobilisasi. Angka itu meningkat ke 10,3% pada H-2 Lebaran. Setelah hari H lebaran, jumlahnya diprediksi terus menurun.

Untuk arus balik, Kemenhub memperkirakan puncaknya akan terjadi pada H+2 hingga H+7 Lebaran 2023. Pada H+2, diprediksi akan terdapat 17,7 juta orang yang akan kembali ke daerah asal mereka.

"Melihat potensi pergerakan masyarakat yang begitu tinggi pada masa mudik tahun ini, kami bersama pemangku kepentingan terkait akan menyiapkan langkah-langkah antisipasi," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dilansir situs resmi Kemenhub Senin (6/3) lalu.

"Baik berupa penyiapan sarana prasarana transportasi, aspek keselamatan, manajemen rekayasa lalu lintas, dan kebijakan lainnya agar penyelenggaraan mudik tahun ini dapat berjalan dengan selamat, aman, dan terkendali," lanjutnya.

Lebih lanjut, saat Rapat Koordinasi di Kantor Jasa Marga KM 70B Gerbang Tol Cikampek Utama Minggu (19/3) lalu, Menhub Budi juga mengimbau kepada masyarakat untuk bisa mudik lebih awal. Dirinya menyampaikan, mengatur waktu perjalanan dengan baik dapat membuat perjalanan mudik lebih nyaman.

"Pilih waktu mudik lebih awal, dan hindari waktu puncak arus mudik dan balik. Sehingga diharapkan, penyebaran pergerakan kendaraan lebih merata dan tidak terjadi suatu puncak lonjakan di satu hari tertentu yang sangat tinggi," kata Menhub dilansir situs resmi Kemenhub (19/3).

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

6 PLTU Terbesar di Indonesia: Letak dan Kapasitasnya

Indonesia mengandalkan PLTU untuk sebagian besar kebutuhan listriknya. Temukan 6 PLTU terbesar di Indonesia, lengkap dengan lokasi dan kapasitasnya!

Kalahkan Changi, Seokarno-Hatta Jadi Bandara Tersibuk Selama Arus Mudik Lebaran 2024

Berdasarkan data dari OAG Aviation Worldwide, kapasitas kursi penerbangan Bandara Soekarno-Hatta mencapai 3,34 juta selama angkutan Lebaran 2024.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X