Program Kartu Kesejahteraan Dinilai Sebagai Program Jokowi yang Paling Berhasil

Dari berbagai program Jokowi, sebanyak 61 persen masyarakat menilai yang paling berhasil adalah program kartu-kartu kesejahteraan

Program Kartu Kesejahteraan Dinilai Sebagai Program Jokowi yang Paling Berhasil Presiden Jokowi berdiri di depan masyarakat (Sumber: Shutterstock)

Presiden Jokowi telah menjabat selama dua periode masa kepemimpinan sejak tahun 2014 hingga tahun 2024. Era pemerintahan jokowi ini telah memberikan dampak yang signifikan dalam transformasi sistem pemerintahan di Indonesia. Berbagai program telah ia ciptakan agar mendukung proses jalannya pemerintahan dengan baik. Dari berbagai program yang telah dilakukan, ternyata kartu-kartu kesejahteraan dianggap sebagai program pemerintahan yang paling berhasil.

Hasil survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada tanggal 30 April-7 Mei 2023, sebanyak 61 persen responden menilai program berupa kartu-kartu kesejahteraan seperti Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, dan Kartu Pra-Kerja sebagai program berhasil pada pemerintahan Jokowi.

Program kedua yang dinilai paling berhasil dalam masa pemerintahan Jokowi-Ma’ruf adalah pembangunan infrastruktur dengan persentase sebesar 19 persen. Di mata publik, pemerintahan Jokowi ini dinilai identik dengan program kesejahteraan rakyat dan pembangunan infrastruktur, maka tak heran jika survei menyatakan hasil tertinggi pada kedua program tersebut.

Program ketiga yang dianggap paling berhasil adalah program sertifikasi tanah gratis dengan persentase 5 persen, kemudian program Indonesia Maju menempati posisi keempat dengan persentase sebesar 3 persen. Serta untuk program perlindungan WNI (Warga Negara Indonesia) di luar negeri dinilai berhasil dengan persentase hanya 2 persen. Sedangkan untuk program lainnya seperti program percepatam penanganan stunting, program pendidikan vokasi, dan program perhutanan sosial masing-masing hanya mendapatkan kepuasan publik dengan persentase 1 persen. Sementara untuk program poros maritim dinilai belum berhasil terlaksana karena tidak adanya jawaban responden yang menganggap program tersebut telah berhasil dilakukan.  

Hasil survei juga menunjukkan bahwa tingkat kepuasan warga terhadap kinerja Jokowi mendapatkan nilai tertinggi selama Jokowi menjabat sebagai Presiden sejak periode pertama. Sebanyak 81,7 persen responden merasa sangat dan cukup puas dengan kerja Presiden Joko Widodo. Kenaikan tingkat kepuasan publik atas kunerja Jokowi ini sejalan dengan menguatnya sentimen positif atas kerja pemerintahan dalam mengatasi pemulihan ekonomi dan berbagai masalah sosial-ekonomi.  

Penulis: Adel Andila Putri
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

6 PLTU Terbesar di Indonesia: Letak dan Kapasitasnya

Indonesia mengandalkan PLTU untuk sebagian besar kebutuhan listriknya. Temukan 6 PLTU terbesar di Indonesia, lengkap dengan lokasi dan kapasitasnya!

Apa Pendapat Publik Soal Putusan MK Atas Sengketa Pemilu 2024?

Dalam beberapa survei, opini publik soal sengketa Pemilu 2024 menunjukkan keberagaman. Salah satu latar belakang yang berpengaruh adalah pilihan di Pemilu lalu.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X