Presiden Jokowi Lepas Kontingen Indonesia di SEA Games 2023, Jumlahnya 599 Atlet

Menariknya, komposisi para atlet kali ini didominasi oleh atlet-atlet muda atau junior

Presiden Jokowi Lepas Kontingen Indonesia di SEA Games 2023, Jumlahnya 599 Atlet Pelepasan Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (2/5) | Kemenpora

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo resmi melepas kontingen Indonesia untuk ajang kejuaraan multicabang terbesar se-Asia Tenggara, SEA Games Kamboja 2023 di halaman Istana Merdeka, Selasa (2/5). Gelaran SEA Games ke-32 ini akan dihelat pada 5-17 Mei 2023 mendatang.

Nantinya kontingen Indonesia akan mengikuti 31 dari total 36 cabang olahraga yang dipertandingkan. Pada tahun ini, jumlah atlet yang dikirim sebanyak 599 orang, didampingi oleh 230 orang pelatih dan ofisial serta 55 orang tim pendukung yang terdiri atas dokter, paramedis, dan tim recovery.

Komposisi kontingen Indonesia di SEA Games 2023 | GoodStats

Menariknya, komposisi para atlet kali ini didominasi oleh atlet-atlet muda atau junior. Menpora menyebut, terdapat 70% atlet junior dari total 599 atlet yang dikirim ke Kamboja agar memberikan kesempatan kepada atlet muda Indonesia dalam menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme di ajang-ajang internasional.

"Sehingga dapat berprestasi di masa yang akan datang, serta meningkatkan produktivitas dan daya saing dalam mengimplementasikan visi pembangunan sumber daya manusia," kata Menpora Dito dilansir situs resmi Presiden RI (2/3).

Presiden Joko Widodo sendiri berharap kontingen Indonesia dapat berprestasi lebih baik dari gelaran SEA Games sebelumnya di Vietnam pada tahun lalu. Jokowi optimis, para atlet yang akan bertanding nantinya telah dibekali kemampuan yang mumpuni.

"Saya hanya pesan di SEA Games di Vietnam kita memperoleh saat itu medali 69 emas dan peringkat kita di peringkat ke-3. Nah, sekarang mestinya lebih dari itu. Saya minta emasnya di atas 69, peringkatnya juga di atas tiga. Pilihannya hanya ada dua, peringkat satu atau peringkat dua," kata Presiden Joko Widodo.

Selain Presiden dan Menpora, turut hadir pula beberapa pejabat terkait pada pelepasan tersebut. Beberapa di antaranya adalah Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta sejumlah pimpinan federasi cabang olahraga dan pejabat lainnya.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Melihat Sejarah Capaian Medali Bulu Tangkis yang Tidak Pernah Absen, Selalu Masuk Tiga Besar

Indonesia gagal membawa pulang medali dari cabang olahraga (cabor) andalan, bulu tangkis di Asian Games 2022. PBSI diminta untuk evaluasi

Gegap Gempita ASEAN Para Games 2023, Siapa Koleksi Gelar Terbanyak?

Sejak pertama kali digelar pada 2001 lalu, Thailand masih mendominasi sebagai kontingen dengan perolehan juara umum terbanyak, yakni 6x

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X