Bagaimana Persepsi Laki-Laki Indonesia terhadap Skincare?

Persepsi akan skincare mulai mengalami pergeseran di mana semakin banyak yang berpandangan bahwa skincare juga merupakan kebutuhan dasar laki-laki.

Bagaimana Persepsi Laki-Laki Indonesia terhadap Skincare? Ilustrasi laki-laki menggunakan skincare | Makistock/Shutterstock

Dulu sering diasosiasikan sebagai kebutuhan kaum perempuan saja, kini persepsi tentang skincare mulai bergeser dan turut diakui sebagai kebutuhan dasar bagi laki-laki. Survei yang baru-baru ini dirilis oleh Jakpat bertajuk “Beauty Trends 2022” mengungkapkan bahwa sebesar 64 persen responden laki-laki mengaku bahwa mereka menggunakan produk skincare.

Hampir seluruh laki-laki percaya bahwa kondisi kulit yang baik dapat meningkatkan kepercayaan diri. Adapun sebesar 94 persen responden laki-laki setuju bahwa merawat kulit wajah menggunakan produk skincare merupakan salah satu bentuk investasi kulit yang sehat.

Adapun produk skincare yang paling banyak digunakan oleh laki-laki adalah face wash. Uniknya, pada tahun 2022 ini produk serum berhasil menjadi produk skincare terbanyak kedua yang digunakan oleh para responden laki-laki di Indonesia.

Di samping itu, 70 persen responden laki-laki mengaku bahwa mereka menggunakan produk skincare untuk mencapai kondisi kulit yang diinginkan. Seperti apakah kondisi kulit yang ideal menurut laki-laki?

Kondisi kulit ideal menurut laki-laki Indonesia tahun 2022 | GoodStats

Temuan lebih lanjut dari survei ini kemudian mengungkapkan bahwa mayoritas responden menganggap kulit yang tidak berjerawat sebagai kondisi kulit ideal bagi laki-laki. Adapun raihannya mencapai 88 persen responden laki-laki pada tahun 2022.

Kondisi kulit lainnya yang dianggap ideal oleh laki-laki di antara lain ialah kulit cerah serta halus tidak beruntusan dengan raihan persentase yang sama yakni sebesar 87 persen.

Selain itu, banyak responden juga mengungkapkan kulit bebas komedo, bebas minyak, bebas garis halus, pori-pori kecil, kulit kenyal, serta kulit putih sebagai bentuk kondisi wajah ideal menurut laki-laki.

Adapun 6 dari 10 laki-laki berpandangan bahwa kulit putih merupakan kondisi wajah yang ideal. Sayangnya tidak semua kondisi kulit sebenarnya sesuai dengan gambaran kulit yang ideal menurut laki-laki.

Kenyataannya, hanya sekitar 62 persen responden laki-laki yang memiliki kulit bebas jerawat, diikuti 58 persen responden laki-laki yang memiliki wajah cerah serta 52 persen responden laki-laki dengan wajah halus tanpa beruntusan.

Adapun kondisi kulit bebas komedo memiliki gap terlebar antara gambaran ideal dengan kondisi kulit laki-laki yang sebenarnya. Perbedaan gap tersebut mencapai 40 persen responden laki-laki pada tahun 2022.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Apa Pendapat Publik Soal Putusan MK Atas Sengketa Pemilu 2024?

Dalam beberapa survei, opini publik soal sengketa Pemilu 2024 menunjukkan keberagaman. Salah satu latar belakang yang berpengaruh adalah pilihan di Pemilu lalu.

Menormalisasi Skincare bagi Kaum Pria

Tidak hanya wanita, skincare dibutuhkan oleh semua kalangan, termasuk laki-laki. Bahkan penggunaan skincare justru lebih dibutuhkan oleh laki-laki.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X