Jadi Profesi yang Menjanjikan, Inilah Negara dengan Jumlah KOL Terbanyak di Dunia

Berdasarkan data dari KOL.ID, setidaknya terdapat 15 negara dengan jumlah KOL terbanyak di dunia. Peringkat pertama ditempati oleh Brasil dengan 5,4 juta KOL.

Jadi Profesi yang Menjanjikan, Inilah Negara dengan Jumlah KOL Terbanyak di Dunia KOL | Photo by George Milton via Pexels

Hadirnya media sosial telah melahirkan banyak profesi baru yang di era sebelumnya tidak pernah ada. Salah satu profesi tersebut adalah Key Opinion Leaders atau sering juga disebut KOL.

KOL adalah seseorang atau sekelompok orang yang mempunyai keahlian di suatu bidang dan diakui oleh masyarakat melalui media sosial sehingga pendapatnya di bidang tersebut akan selalu didengarkan oleh para followers ataupun yang mendapatkan jangkauan dari konten yang dibuatnya.

Di berbagai negara di dunia, keberadaan KOL tumbuh secara signifikan. Memang jika dibandingkan dengan jumlah penduduk suatu negara, jumlah KOL ini masih terbilang sedikit. Akan tetapi di masa depan, KOL diyakini akan semakin membesar jumlahnya, seiring dengan proses digitalisasi yang tak ada habisnya.

Negara dengan Jumlah KOL Terbanyak di Dunia

negara dengan jumlah KOL terbanyak di dunia

Research jumlah KOL di dunia, Data KOL.ID

Berdasarkan data dari KOL.ID, setidaknya terdapat 15 negara dengan jumlah KOL terbanyak di dunia.

Peringkat pertama ditempati oleh Brasil dengan 5,4 juta KOL. Banyaknya jumlah penduduk, tingginya tingkat pendidikan, serta tingginya tingkat penggunaan media sosial di kalangan anak muda Brasil membuat jumlah KOL di negara tersebut sangat tinggi.

Negara dengan jumlah KOL terbanyak kedua dan ketiga ditempati oleh Amerika Serikat dan India. Sebanyak 4,7 juta KOL berada di Amerika Serikat dan 2,3 juta KOL di India.

Sedangkan Indonesia berada di urutan kelima dengan jumlah KOL sebanyak 1,1 juta. Di atasnya ada Rusia dengan 1,6 juta KOL dan di bawah Indonesia ada Italia dengan 1 juta KOL.

Peringkat berikutnya diisi oleh Inggris (700 ribu KOL), Argentina (700 ribu KOL), Iran (690 ribu KOL), Turki (680 ribu KOL), Ukraina (630 ribu KOL), Spanyol (610 ribu KOL), Meksiko (450 ribu KOL), Jerman (440 ribu KOL), dan Prancis (390 ribu KOL).

Kemudahan Membuat Rate Card Bagi Para KOL

Rate card merupakan sebuah dokumen yang berisi informasi tentang harga dan layanan yang diberikan oleh KOL atau influencer untuk orang atau perusahaan yang akan menggunakan jasanya.

Salah satu kendala terbesar yang dihadapi oleh para KOL di Indonesia adalah dalam membuat rate card. Selama ini mayoritas KOL di Indonesia masih membuat rate card secara manual. Padahal, membuat rate card itu tidak mudah. Mulai dari riset tarif KOL lain hingga membuat desain rate card yang menarik, semuanya membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Namun seiring berkembangnya teknologi, membuat rate card bisa dilakukan secara otomatis dengan menggunakan KOL.ID.

KOL.ID adalah sebuah platform marketing pertama di Indonesia yang hadir dengan teknologi AI sekaligus rumah bagi para KOL di Indonesia dalam hal membuat rate card secara otomatis.

Dengan KOL.ID para KOL dan influencer tak perlu lagi khawatir dengan akurasi rate card yang dibuat. Hal ini dikarenakan KOL.ID menggunakan data real time dari berbagai platform media sosial, seperti Instagram, TikTok, dan juga Youtube. Data real time ini memastikan segala sesuatu yang ada di dalam rate card sudah 99,9% akurat dan sesuai dengan kondisi di lapangan.

Penulis: Muhammad Sholeh

Konten Terkait

Investasi Digital Semakin Populer, Apa yang Membuat Masyarakat Tertarik?

Berkat berbagai platform dan aplikasi yang semakin canggih, berinvestasi kini tidak lagi memerlukan modal besar atau pengetahuan mendalam tentang pasar keuangan

Bukan Google, Gen Z Pilih Media Sosial Sebagai Alat Pencari Informasi Brand

Gen Z lebih memilih media sosial seperti TikTok atau Instagram ketimbang mesin pencari seperti Google untuk menemukan informasi mengenai brand.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook