Naik Peringkat, Poin FIFA Timnas Indonesia Kembali Bertambah

Presiden Jokowi menilai inilah awal yang baik bagi Timnas Indonesia

Naik Peringkat, Poin FIFA Timnas Indonesia Kembali Bertambah Timnas Indonesia | Foto: Kemenpora RI/Putra

Sebuah kemajuan berarti terjadi di dunia persepakbolaan tanah air. Dalam kurun waktu kurang dari dua tahun, Indonesia secara progresif mampu meningkatkan poin pada FIFA World Ranking. Hal ini membawa Indonesia lolos ke berbagai kejuaraan sepakbola di level Benua Asia.

Terlebih setelah Timnas Indonesia mampu mengalahkan Brunei Darussalam pada kemarin (12/10) di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama gelora Bung Karno (SUGBK). Pada pertandingan tersebut, Squad Garuda Nusantara mampu mengalahkan Brunei Darussalam dengan skor telak 6-0. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyatakan rasa bangga dan senangnya atas hasil yang impresif tersebut.

“Ya ramai, sangat-sangat menghibur karena 6-0 dan ini kan nanti tanding di Brunei, jadi saya kira awal yang baik lah,” kata Joko Widodo kepada beberapa awak media mengutip Sekretariat Kabinet.

Pertandingan dengan hasil yang memuaskan ini akhirnya berhasil membawa Indonesia naik peringkat di FIFA World Ranking. Dalam laman Okezone, Timnas Indonesia berhasil menambah pundi poin sebesar 8,66 poin, yang pada akhirnya membawa Indonesia naik satu peringkat menjadi peringkat ke-146 dunia. Tambahan poin seperti ini masih harus dikejar di pertandingan leg kedua nanti ketika bertandang di Brunei Darussalam pada Selasa (17/10) mendatang.

Perjalanan Impresif Poin Timnas Indonesia di FIFA

Poin peringkat FIFA adalah indikator penting yang mengukur performa tim nasional sepak bola Indonesia di tingkat global. Pada tanggal 23 Desember 2021, Indonesia berada di peringkat 992,31 poin dalam peringkat FIFA. Namun, seiring berjalannya waktu, terjadi peningkatan yang signifikan dalam peringkat FIFA Indonesia.

Hal ini terlihat seperti pada tanggal 10 Februari 2022, Indonesia berhasil mencapai 1001,61 poin, menunjukkan adanya perkembangan dalam performa tim nasional. Poin ini berlanjut hingga tanggal 31 Maret 2022, di mana poin peringkat FIFA Indonesia tetap berada pada angka 1001,61.

Perjalanan ini belum berhenti, dalam tanggal-tanggal selanjutnya seperti di 20 Juli 2023, Indonesia memiliki setidaknya 1047,46 poin. Hingga berita ini ditulis, peringkat FIFA Indonesia tercatat berada di 1052,87, terhitung sejak tanggal 21 September 2023.

Hal ini mencerminkan komitmen dan upaya keras untuk meningkatkan kualitas sepak bola nasional. Tren positif ini diyakini akan berlanjut, dan tim nasional akan terus berusaha untuk meraih poin yang lebih tinggi di masa depan.

Pekerjaan Rumah Tetap Ada: Tingkatkan Pamor Poin FIFA RI di ASEAN

Pekerjaan tersebut bukanlah usai. Masih ada pekerjaan rumah lain yang masih harus ditingkatkan demi persepakbolaan tanah air yang lebih baik. Salah satunya adalah membuat Timnas Indonesia memiliki keunggulan poin dibanding negara-negara lain di ASEAN.

Data yang dirilis melalui website resmi FIFA mengungkapkan perbandingan poin peringkat FIFA Indonesia dengan beberapa negara tetangga di kawasan ASEAN.

Dalam data yang dirilis pada tanggal 21 September 2023 ini, Tim Sepak Bola Vietnam menempati peringkat teratas di antara negara-negara ASEAN dengan poin peringkat sebesar 1243,14.

Selanjutnya, Thailand berada di posisi kedua dengan peringkat 1181,21 poin, sedangkan Filipina dan Malaysia juga memiliki peringkat yang tinggi dengan poin masing-masing sebesar 1099,29 dan 1094,9. Sementara itu, Indonesia memiliki poin peringkat FIFA sebesar 1052,87. Perbandingan ini menjadi dorongan bagi Indonesia untuk terus meningkatkan prestasinya agar meraih posisi yang lebih baik dalam peringkat FIFA di masa depan.

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Hasil Lengkap Tim-Tim ASEAN di Lanjutan Ronde 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia jadi yang paling sukses dengan torehan 6 poin. Myanmar, Thailand, dan Singapura masing-masing 1 poin, Malaysia, Vietnam, dan Filipina 0 poin.

Daftar Harga Pemain Timnas Indonesia Versi Transfermarkt, Thom Haye Termahal

Menurut perhitungan laman Transfermarkt, nilai pasar terbaru Thom Haye mencapai Rp52,14 miliar, tertinggi di skuad Timnas Indonesia saat ini.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X