Meski Kasus Harian Covid-19 di Indonesia Meningkat, Tingkat Keterisian RS Masih Terkendali

Tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit secara rata-rata nasional masih berada di angka 2,54 persen per 3 Juli 2022.

Meski Kasus Harian Covid-19 di Indonesia Meningkat, Tingkat Keterisian RS Masih Terkendali Potret tenaga kesehatan di RS Darurat Covid Wisma Atlet DKI Jakarta | Angga Budhiyanto/Shutterstock

Kasus harian Covid-19 di Indonesia terus berada di angka 1.000 hingga 2.000-an kasus dalam dua pekan terakhir. Angka ini terhitung meningkat, sebab pada awal Juni lalu kasus harian di Indonesia sempat berada di angka ratusan kasus per harinya.

Per 5 Juli, terdapat tambahan 2.577 kasus Covid-19 baru di Indonesia. Angka ini meningkat sekitar 1.400-an kasus dari hari sebelumnya. Hingga saat ini, terdapat 17.354 kasus aktif dengan total kasus terkonfirmasi sebanyak 6.097.928 kasus.

Kemudian, positivity rate total Indonesia saat ini berada di angka 9,13 persen. Meskipun selama beberapa pekan terakhir kasus harian covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan, tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit secara rata-rata nasional masih berada di angka 2,54 persen per 3 Juli.

Dengan kata lain, angka ini masih jauh dari standar maksimal organisasi kesehatan dunia (WHO) yang berada di angka 60 persen. Secara rata-rata per provinsi pun, persentase bed occupation rate (BOR) seluruh provinsi masih berada di bawah 10 persen.

10 provinsi dengan BOR Covid-19 tertinggi di Indonesia per 3 Juli 2022 | GoodStats

DKI Jakarta menjadi provinsi dengan tingkat keterisian tempat tidur RS covid-19 terbanyak di Indonesia hingga 3 Juli 2022 dengan persentase 8,94 persen. Banten dan Jawa Barat menyusulnya di peringkat kedua dan ketiga dengan angka masing-masing 4,72 dan 3,53 persen.

Bali dan Yogyakarta ada di peringkat keempat dan kelima dengan persentase 3,23 persen dan 2,04 persen. Sementara posisi enam hingga sepuluh diisi oleh Sulawesi Barat (2,96 persen), Nusa Tenggara Barat (2,3 persen), Kalimantan Barat (2,09 persen), Sumatra Selatan (2,03 persen), dan Maluku Utara (1,99 persen).

Menanggapi perkembangan covid-19 saat ini, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin menekankan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, khususnya pemakaian masker dan melakukan vaksinasi booster untuk meningkatkan kadar antibodi tubuh.

"Oleh karena itu, pesan pertama yang perlu kita sampaikan adalah bahwa agar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, yaitu tetap menggunakan masker kalau di dalam ruangan, kalau ada kerumunan, atau kondisi badan kita tidak sehat. Dan kita bebas untuk tidak menggunakan masker kalau di ruangan terbuka itu memang secara konsisten kita jalankan," ucap Budi pada keterangan pers setelah Rapat Terbatas di Istana Kepresidenan (4/7).

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Editor

Konten Terkait

Apa Pendapat Publik Soal Putusan MK Atas Sengketa Pemilu 2024?

Dalam beberapa survei, opini publik soal sengketa Pemilu 2024 menunjukkan keberagaman. Salah satu latar belakang yang berpengaruh adalah pilihan di Pemilu lalu.

Menormalisasi Skincare bagi Kaum Pria

Tidak hanya wanita, skincare dibutuhkan oleh semua kalangan, termasuk laki-laki. Bahkan penggunaan skincare justru lebih dibutuhkan oleh laki-laki.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X