Menormalisasi Skincare bagi Kaum Pria

Tidak hanya wanita, skincare dibutuhkan oleh semua kalangan, termasuk laki-laki. Bahkan penggunaan skincare justru lebih dibutuhkan oleh laki-laki.

Menormalisasi Skincare bagi Kaum Pria Ilustrasi laki-laki menggunakan skincare | Ilustrasi oleh Freepik

Manusia harus pandai dalam merawat dirinya sendiri. Merawat diri tidak hanya dari dalam tubuh seperti menjaga asupan makanan dan minuman, istirahat yang cukup, dan olahraga. Seseorang juga harus concern terhadap perawatan dari luar untuk tubuh mereka.

Meski perawatan khususnya dalam merawat wajah identik dengan perempuan, tetapi sejatinya merawat diri adalah kewajiban bagi setiap individu, baik perempuan maupun laki-laki. Terlebih, permasalahan wajah seperti jerawat dan beruntusan tidaklah mengenal gender. Siapapun bisa mengalaminya.

Oleh karena itu, menormalisasi perawatan wajah bagi laki-laki sangatlah diperlukan. Dengan menormalisasinya, para laki-laki menjadi lebih percaya diri untuk melakukan perawatan wajah terhadap diri mereka.

Tidak hanya meningkatkan awareness dan kepercayaan diri, perawatan wajah atau yang lebih dikenal dengan istilah skincare juga penting untuk kesehatan. Dilansir dari Halodoc, penggunaan skincare bagi laki-laki justru lebih dibutuhkan.

Hal ini karena kulit laki-laki cenderung lebih kasar, memiliki banyak folikel rambut serta kandungan kolagen dan minyak atau sebum sehingga mereka sebenarnya lebih rentan mengalami masalah kulit, terutama pada wajah.

Adapun berikut ini merupakan lima alasan mengapa laki-laki juga membutuhkan skincare, yaitu:

  1. Beraktivitas di luar ruangan
    Laki-laki cenderung memiliki pori-pori lebih besar ketimbang perempuan. Aktivitas laki-laki yang banyak dilakukan di luar ruangan membuat pori-pori wajah tersumbat debu atau kotoran. Akibatnya, kulit jadi lebih mudah berminyak dan rentan muncul.

  2. Mencegah dampak paparan sinar UV
    Laki-laki yang menggunakan skincare dapat meminimalisir terpaparnya sinar UV. Pencegahan sinar UV ini sangat penting karena dapat memicu kulit terbakar, bintik hitam, dan tanda penuaan dini. Bahkan sinar UV dapat menyebabkan keratosis aktinik atau benjolan kecil, kasar dan bersisik. Ini bisa menjadi tanda awal dari kanker kulit.

  3. Mencegah munculnya tanda-tanda penuaan
    Keriput pada wajah disebabkan oleh hilangnya kolagen akibat pertambahan usia atau paparan sinar UV berlebihan. Hal ini dapat terjadi pada perempuan dan laki-laki sehingga keduanya sama-sama membutuhkan skincare untuk wajah mereka. Dengan menggunakan skincare secara rutin, masalah ini bisa dicegah sehingga kulit tampak lebih muda.

  4. Membersihkan wajah dari kotoran yang menempel
    Seperti yang disebutkan sebelumnya, permasalahan kulit wajah seperti jerawat bisa terjadi pada siapa saja termasuk laki-laki. Noda di wajah akibat jerawat dan komedo atau bekas luka bisa dihilangkan dengan skincare menggunakan facial wash dan pelembab.

  5. Meningkatkan rasa percaya diri
    Masalah kulit seperti wajah kusam dan berjerawat sering kali menurunkan rasa percaya diri laki-laki. Agar kulit wajah bebas dari masalah tersebut, maka laki-laki juga perlu menggunakan skincare secara rutin.

Meski laki-laki yang menggunakan skincare masih dianggap tabu bagi sebagian orang, nyatanya saat ini sudah cukup banyak laki-laki yang concern terhadap kulit wajah mereka dan tidak ragu dalam menggunakan skincare. Berdasarkan hasil survei Jakpat terhadap 1.708 responden Indonesia yang 38% nya adalah laki-laki, ditemukan bahwa laki-laki juga menginginkan kulit yang glowing.

“Saya ingin wajah saya agak bening dikit...Dan agar mencegah jerawat yang dulu pernah banyak timbul di muka”

“Karena saya ingin memiliki wajah glowing”

“Pengen glow up” ujar beberapa responden laki-laki dalam survei tersebut.

Survei ini juga menunjukkan bahwa terdapat banyak skingoals yang diharapkan laki-laki. Namun, pada kenyataannya kondisi kulit mereka saat ini belum sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

Meski demikian, para lelaki dalam survei ini tidak menyerah untuk mendapatkan skingoals yang mereka dambakan. Untuk mewujudkan keinginannya, mereka bahkan melakukan morning and night skincare routine. Produk skincare yang selalu mereka gunakan baik pada pagi maupun malam hari adalah pencuci wajah atau facial wash.

Dalam menggunakan skincare, Halodoc mengungkapkan setidaknya terdapat tiga tahapan yang wajib dilakukan para laki-laki, yaitu:

  1. Pencuci Wajah (Facial Wash)
    Tahap ini wajib digunakan setidaknya dua kali sehari. Pembersih wajah atau facial wash yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing dan sebaiknya memilih facial wash yang berbahan ringan.

  2. Pelembab (Moisturizer)
    Pelembab wajib digunakan baik untuk yang memiliki jenis kulit kering ataupun berminyak. Tahap ini digunakan setelah mencuci muka menggunakan facial wash. Sesuai namanya, pelembab atau moisturizer bertujuan untuk melembabkan kulit agar lebih kenyal dan sehat.

  3. Tabir Surya (Sunscreen)
    Langkah terakhir adalah menggunakan tabir surya atau sunscreen. Skincare ini berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV saat beraktivitas di luar ruangan. Manfaat lainnya adalah mencegah kulit terbakar, penebalan kulit, dan kanker kulit.

    Sunscreen yang cocok untuk laki-laki adalah memiliki kandungan SPF minimal 30 dengan tetap menyesuaikan jenis kulit masing-masing. Produk ini harus digunakan setiap hari, terutama saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

Adapun berdasarkan survei ini, laki-laki (49%) lebih suka membeli produk skincare di super/minimarket dibandingkan perempuan (32%). Meski demikian, berbelanja secara online tetap menjadi andalan mereka.

Penulis: Wiena Amalia Salsabilla
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Penduduk Jakarta Bertambah 7 Ribu Setelah Lebaran, Terbanyak dari Bekasi

Jumlah pendatang di Jakarta adalah sebanyak 7.243, menurun dibandingkan periode sebelumnya.

Jawa Barat: Provinsi dengan Jumlah Penduduk Terbanyak di Indonesia

Berdasarkan data pada Desember 2023 sebanyak 17,78% penduduk di Indonesia berada di Jawa Barat, atau setara dengan 49,9 juta jiwa, paling banyak di Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X