Mengulik Kebiasaan Warga Indonesia Saat Bulan Ramadhan

Survei Populix menilai kebiasaan umat muslim Indonesia saat menyambut bulan Ramadan sangat berpotensi baik untuk para pelaku bisnis. Apa saja kebiasaan itu?.

Mengulik Kebiasaan Warga Indonesia Saat Bulan Ramadhan Ilustrasi Pedagang Kue| Lano Lan/Shutterstock

Bulan Ramadan menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu bagi seluruh umat muslim di dunia terkhusus juga di Indonesia. Masyarakat muslim Indonesia yang kental akan tradisi memiliki cara unik dan berbeda di setiap daerah dalam menyambut bulan suci ini. Namun, jika ditinjau secara umum terdapat persamaan kebiasaan orang Indonesia dalam menyambut bulan Ramadan.

Merilis survei dari Populix, menilai ada sebanyak 70 persen responden muslim memilih untuk membersihkan rumah sebagai kegiatan menyambut bulan suci Ramadan. Sementara itu, 66 persen responden memilih untuk mempersiapkan stok makanan, dan 47 persen lainnnya menyiapkan persediaan minuman.

Kebiasaan muslim di Indonesia sambut bulan Ramadan 2022 | GoodStats

43 persen responden memiliki kebiasaan membeli pakaian baru, dan 30 persen responden memilih membeli perlengkapan shalat untuk menyambut bulan Ramadan.

Survei yang berjudul "Embracing Ramadan 2022" tersebut dilakukan pada Maret 2022 tersebut kepada 1.492 responden berusia 18-55 tahun. Survei ini membahas seputar berbagai perilaku konsumen Indonesia menyambut bulan Ramadan. Harapannya, hasil perhitungan ini dapat menjadi panduan bagi para pelaku bisnis.

“Kami berharap survei ini dapat menginspirasi masyarakat yang ingin mencari peluang bisnis, serta para pelaku bisnis yang tengah merumuskan strategi bisnis di bulan Ramadan tahun ini,” sebut Timothy Astandu, Chief Executive Officer, Populix, lewat keterangan tertulisnya (28/03/2022).

Menariknya, dalam survei ini disebutkan mayoritas responden menyediakan anggaran hingga 25-50 persen lebih besar dibanding dengan bulan biasanya. Survei tersebut juga menunjukkan bahwa responden laki-laki cenderung bersedia mengeluarkan anggaran lebih besar dibandingkan perempuan untuk menyambut bulan Ramadan.

Kebiasaan menarik lainnya juga dikulik melalui survei ini untuk menjawab pertanyaan apa kebiasaan umat muslim Indonesia saat mempersiapkan menu buka puasa.

Kebiasaan umat muslim Indonesia mempersiapkan buka puasa 2022 | GoodStats

Dalam mempersiapkan menu berbuka puasa, terlihat terdapat 72 persen responden mengatakan mereka mengolah hidangan sendiri ataupun oleh anggota keluarga. 71 responden memilih untuk membeli dari pedagang di sekitar rumah atau kantor, 52 persen menghadiri Bazaar Ramadan, dan 25 persen memilih untuk pesan makanan lewat aplikasi daring.

Dari jenis makanan dan minuman yang dicari sangat beragam masih didominasi dari ragam kuliner tradisional seperti kolak, es cendol, hingga kue jajanan pasar.

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Tak Hanya Juara, Bali United Juga Jadi Tim Tersubur dan Rebut Top Skor
Artikel Selanjutnya Kota dengan Durasi Puasa Terlama dan Tersingkat di Dunia
Konten Terkait