Melihat Sebaran Pulau di Indonesia, Provinsi Mana yang Terbanyak?

Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021 lalu mencatat bahwa Indonesia memiliki 16.766 pulau.

Melihat Sebaran Pulau di Indonesia, Provinsi Mana yang Terbanyak? Potret Pulau Tabuhan di Banyuwangi, Jawa Timur | roby kurniawan/Shutterstock

Indonesia adalah negara maritim, di mana sebagian besar luas wilayah Indonesia merupakan lautan dibanding daratan. Mengutip situs resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan, luas wilayah Indonesia adalah 7,81 juta kilometer persegi.

Dari total wilayah tersebut, luas lautan Indonesia adalah 3,25 juta kilometer persegi dan luas daratannya hanya sekitar 2,01 juta kilometer persegi. Sementara itu, 2,55 juta kilometer persegi luas sisanya merupakan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Presiden Joko Widodo sendiri berharap identitas Indonesia sebagai bangsa maritim harus terus dikokohkan bukan hanya melalui jargon semata, tapi melalui kerja nyata. Hal tersebut pernah diungkapkan presiden pada peringatan Hari Maritim Nasional 2021 lalu (23/9/2021) secara virtual.

"Identitas Indonesia sebagai bangsa maritim harus terus-menerus kita pulihkan dan kita kokohkan. Bukan melalui jargon-jargon kemaritiman semata, tetapi melalui kerja nyata di berbagai bidang," ujar Presiden Joko Widodo dilansir Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

“Kita harus memberdayakan potensi maritim untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih merata dan untuk meningkatkan nilai tambah, serta mempersatukan negara kita Indonesia,” lanjutnya.

Bicara mengenai maritim, tentu juga berkaitan dengan kepulauan di mana Indonesia termasuk ke dalam negara kepulauan. Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021 lalu mencatat bahwa Indonesia memiliki 16.766 pulau.

Angka ini bertambah dari data BPS pada tahun 2019 yang hanya mencatat 16.056 pulau. Namun, angka ini masih belum menandingi data BPS pada 2016 lalu yang mencatat total 17.504 pulau. Data ini dikeluarkan oleh Subdirektorat Pengembangan Pemetaan Statistik bersumber pada Kementerian Dalam Negeri.

Dari 16 ribuan pulau yang tersebar di berbagai provinsi tersebut, Papua Barat menjadi provinsi dengan jumlah pulau terbanyak di Indonesia dengan total 4.514 pulau. Jumlah tersebut memenuhi sekitar 5,37 persen dari total luas wilayah.

Kepulauan Riau berada di peringkat kedua dengan total 2.025 pulau, tetapi jumlah pulau tersebut hanya memiliki persentase 0,43 persen dari total luas wilayah. Peringkat ketiga diisi oleh Sulawesi Tengah yang memiliki pulau berjumlah 1.572.

Posisi empat dan lima diisi oleh Maluku dengan total pulau 1.337 dan Maluku Utara dengan total pulau 837. Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Tenggara berada di posisi enam dan tujuh dengan total pulau masing-masing 600 dan 590 pulau.

Sementara itu, Bengkulu, Jambi, dan Sumatra Selatan menjadi tiga provinsi yang memiliki jumlah pulau paling sedikit di Indonesia dengan jumlah masing-masing 9 pulau, 14 pulau, dan 24 pulau. Ibu kota Indonesia, Jakarta sendiri memiliki jumlah pulau sebanyak 113 yang hanya mengisi sekitar 0,03 persen dari total luas wilayahnya.

==

Mari menjadi bagian responden survei GoodStats mengenai "Prevelensi Liburan Masyarakat Indonesia" dengan mengisi link survei berikut.

https/LiburanSobatGoodstats

Hadiah saldo eMoney bagi responden terpilih

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Perusahaan Ideal Seperti Apa yang Dicari Gen Z?

Memiliki lingkungan kerja yang nyaman, mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan diri, dan memiliki bos yang baik jadi kriteria perusahaan ideal menurut Gen Z.

Inilah Data Kontribusi Suara Parpol di Pemilu 2024 Kepada Prabowo-Gibran

Gerindra dan PSI dominasi jajaran atas. Menarik, lebih dari 50% pemilih Perindo-Hanura memilih 02. Selain itu, sekitar 50% pemilih PPP-PKB turut memilih 02

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X