Melihat Data Kasus Perburuan dan Perdagangan Tumbuhan Serta Satwa Liar di Indonesia

Berdasarkan data KLHK yang dihimpun oleh BPS, jumlah kasus perburuan dan perdagangan ilegal fauna dan flora di Indonesia tercatat semakin menurun.

Melihat Data Kasus Perburuan dan Perdagangan Tumbuhan Serta Satwa Liar di Indonesia Ilustrasi perburuan satwa liar | Fauna & Flora International

Indonesia dikenal sebagai negara dengan mega biodiversity (biodiversitas) yang memiliki beragam jenis tumbuhan dan satwa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Namun sayangnya, hingga saat ini masih banyak kasus kejahatan yang berkaitan dengan perburuan dan perdagangan tumbuhan serta satwa liar.

Bahkan, perdagangan dan perburuan ilegal tumbuhan dan satwa liar di Indonesia diibaratkan seperti fenomena gunung es, di mana jumlah kejahatan yang sebenanrya bisa jauh lebih banyak dari jumlah yang tercatat selama ini.

Mengutip World Wildlife Fund (WWF) Indonesia, mayoritas para pelaku kejahatannya mampu berkamuflase dan sangat terorganisasi dengan melibatkan jaringan mafia internasional, sehingga sulit untuk memastikan kerugian yang diakibatkan oleh praktik ilegal tersebut.

Merujuk laporan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang dihimpun oleh Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kasus perburuan dan perdagangan tumbuhan dan satwa liar (TSL) di Indonesia cukup berfluktuasi. Sempat melonjak di tahun 2019 yang mencatat sebanyak 65 kasus, lalu angkanya semakin menurun di tahun 2020 dengan total 48 kasus.

Jumlah kasus perburuan dan perdagangan ilegal tumbuhan dan satwa liar di tanah air pada 2018-2022 | Goodstats

Lalu pada tahun 2022, jumlah kasus perburuan dan perdagangan ilegal TSL di Indonesia menurun dari 38 kasus menjadi 35 kasus. Adapun, data tersebut merupakan berkas yang telah dinyatakan lengkap atau P21 oleh Kejaksaan Agung.

Sehubungan dengan hal ini, Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (Dirjen KSDAE) KLHK Satyawan Pudyatmoko menyampaikan bahwa pengawasan dan penguatan pada pintu masuk peredaran TSL seperti bandara, laut, pelabuhan, darat dan daerah-daerah perbatasan sangat penting untuk ditingkatkan guna mencegah perburuan dan perdagangan TSL.

“Memang ada beberapa tantangan dalam upaya pencegahan TSL, karena modusnya pun bervariasi ada yang melalui media sosial, ada juga yang melakukan pengiriman tanpa identitas ataupun pemalsuan,” jelasnya dikutip dari Antaranews.

Lebih lanjut, Satyawan menilai bahwa pemeriksaan dan penangkapan TSL di wilayah Sumatera khususnya di Pelabuhan Bakauheni sangat tinggi. Ia mengatakan, pihaknya menerima laporan penyelundupan di daerah tersebut hampir setiap bulan, terutama spesies burung.

“Optimalisasi, koordinasi dan penegakan hukum serta peningkatan sumber daya manussia (SDM) merupakan upaya yang sudah dilakukan. Bahkan, peningkatan patroli terhadap pintu masuk dengan menggunakan anjing pelacak untuk mencegah peredaran, perdagangan dan perburuan liar juga sudah kami laksanakan,” tuturnya.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

6 PLTU Terbesar di Indonesia: Letak dan Kapasitasnya

Indonesia mengandalkan PLTU untuk sebagian besar kebutuhan listriknya. Temukan 6 PLTU terbesar di Indonesia, lengkap dengan lokasi dan kapasitasnya!

Kalahkan Changi, Seokarno-Hatta Jadi Bandara Tersibuk Selama Arus Mudik Lebaran 2024

Berdasarkan data dari OAG Aviation Worldwide, kapasitas kursi penerbangan Bandara Soekarno-Hatta mencapai 3,34 juta selama angkutan Lebaran 2024.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X