Unggul Jauh, Segini Perolehan Suara Komeng di Pemilihan DPD Jawa Barat

Nampaknya persentase perolehan Komeng sudah sulit disusul calon lainnya. Foto Komeng di surat suara menjadi salah satu faktor utama.

Unggul Jauh, Segini Perolehan Suara Komeng di Pemilihan DPD Jawa Barat Foto Komeng sebagai calon DPD Jawa Barat pada Pemilu 2024 | Foto: Detik/Istimewa

Dalam rangkaian Pemilihan Umum 2024, terdapat pula pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang tersebar di masing-masing provinsi. Nantinya, DPD akan membawa kepentingan daerahnya untuk dilaksanakan di tingkat nasional Indonesia.

Dalam pemilihan DPD di Provinsi Jawa Barat, terdapat salah satu calon yang menarik perhatian masyarakat. Salah satu komedian ternama yang bernama Alfiansyah Komeng atau yang akrab disapa sebagai Komeng ini resmi terdaftar sebagai calon DPD Jawa Barat. Komedian yang populer melalui sebuah program Spontan ini memiliki nomor urut 10.

Komeng sendiri diketahui merupakan lulusan Sarjana Ekonomi dari STIE Tribuana yang lulus pada tahun 2018. Dalam situs Info Pemilu KPU, Komeng dituliskan memiliki motivasi mendaftar DPD untuk memajukan dunia kesenian terkhusus di daerah provinsinya.

"Ingin mengembangkan kesenian di daerah Jawa Barat pada khususnya, di Indonesia pada umumnya. Dengan komedi untuk memancing kebahagiaan," tulis motivasi Komeng dalam rilis dari Info Pemilu KPU.

Tembus 8,51%, unggul jauh dibanding calon DPD Jabar lainnya

Hasil sementara real count KPU untuk pemilihan DPD di Provinsi Jawa Barat, 15 Februari 2024 17.00 WIB | GoodStats

Dalam hasil real count KPU per 15 Februari 2024 pukul 17.00 WIB, terlihat bahwa calon DPD Jawa Barat nomor urut 10 Alfiansyah Komeng memperoleh sebanyak 8,51% suara atau senilai 315.031 suara sementara.

Perolehan suara Komeng terpaut jauh dengan peringkat keduanya yaitu Aanya Rina Casmayati, calon nomor urut 2 dengan perolehan 3,79% suara sementara. Aanya Rina Casmayati merupakan seorang pengusaha asal Bandung, Jawa Barat. Selisih antara dua orang ini mencapai 4,72%, membuatnya cukup sulit untuk disusul.

Selain Komeng, pesohor lainnya juga masuk ajaran atas perolehan suara DPD Jawa barat. Seorang aktris bernama Jihan Fahira berada di posisi ketiga perolehan suara tertinggi sementara. Pemeran dan model Indonesia keturunan Sunda ini memperoleh suara sebanyak 3,65%.

Data ini merupakan data yang belum penuh. Pada pukul 17.00 WIB perolehan data TPS untuk DPD Jawa Barat baru sekitar 35,47%, atau setara 49.825 dari 140.457 TPS di Jawa Barat. Meskipun begitu, publik meyakini bahwa Komeng akan tetap berada di posisi teratas di hasil finalnya.

Perolehan sementara Komeng di Bogor hampir 50.000 suara

Hasil sementara Alfiansyah Komeng pada real count KPU untuk pemilihan DPD Provinsi Jawa Barat, 15 Februari 2024 17.31 WIB | GoodStats

Alfiansyah Komeng terlihat memiliki perolehan suara terbanyak di Kabupaten Bogor. Di kabupaten tersebut, Komeng memperoleh 48,981 suara atau sekitar 9%. Hal ini dinilai wajar mengingat kediaman Komeng bersama keluarganya memang berada di Bogor. Dalam 99co, diketahui kediaman komedian satu ini berlokasi di kawasan Bukit Golf Hills Sentul, Bogor.

Perolehan Komeng tertinggi kedua berada di Kabupaten Sukabumi dengan perolehan 27.283 suara, disusul Kota Bekasi dengan 22.830 suara, kemudian Kabupaten Bekasi dengan 20.366 suara.

Di Ibu Kota Jawa Barat, Kota Bandung, Komeng mendapatkan setidaknya 18.005 suara. Hal ini membuat Kota Bandung menjadi urutan kelima dapam perolehan suara Komeng tertinggi.

Foto unik Komeng di surat suara menjadi faktor utama

Komeng menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat baik secara langsung maupun di dunia maya. Hal yang menarik dari komedian satu ini adalah pemberian fotonya di surat suara yang terbilang unik.

Menurut Komeng, ia sempat diminta untuk membubuhkan foto menggunakan pakaian adat oleh KPU, untuk dimasukkan di surat suara nantinya. Namun, ia menolaknya karena ingin sesuatu yang lain dari biasanya.

"Tapi saya bilang saya enggak mau sama. Saya suka anti-mainstream aja,” kata Komeng mengutip Kompas.

Pakar Politik Unpad Firman Manan menilai bahwa apa yang dilakukan oleh Komeng dalam foto di surat suara merupakan langkah cerdas. Menurutnya, hal tersebut terbukti efektif untuk membuat suara Komeng unggul.

"Apakah faktor foto berpengaruh? Saya katakan iya. Memang bagian dari strategi supaya terlihat oleh siapapun yang mencoblos ketika membuka surat suara itu beda sendiri dan kedua dia memang sudah identik," kata Firman Manan dalam Detik.

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Penduduk Indonesia yang Mengeluh Sakit Terus Menurun dalam 5 Tahun Terakhir

Sebanyak 26,27% penduduk Indonesia mempunyai keluhan kesehatan dalam sebulan terakhir pada 2023. Angka ini telah turun sebesar 6,09% dalam 5 tahun terakhir.

6 PLTU Terbesar di Indonesia: Letak dan Kapasitasnya

Indonesia mengandalkan PLTU untuk sebagian besar kebutuhan listriknya. Temukan 6 PLTU terbesar di Indonesia, lengkap dengan lokasi dan kapasitasnya!

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X