Recap EPL 2021/2022: Manchester City dan Chelsea Jadi Tim Terbanyak Dihadiahi Penalti

Dari total 38 pertandingan di musim ini, Chelsea dan Manchester City telah mendapatkan sembilan penalti.

Recap EPL 2021/2022: Manchester City dan Chelsea Jadi Tim Terbanyak Dihadiahi Penalti Potret papan yang sedang menunjukkan informasi pengidentifikasian penalti dari VAR di Liga Inggris| MDI/Shutterstock

Manchester City berhasil mempertahankan gelar (back to back) jawara Liga Inggris musim 21/22 setelah berhasil mengalahkan Aston Villa dengan skor 3-2 pada laga pekan terakhir (22/5). Musim ini, perebutan titel juara Liga Inggris memang terbilang cukup seru, sebab peringkat satu harus ditentukan hingga laga terakhir.

Manchester City dan Liverpool menjadi dua klub yang harus berjuang sampai titik darah penghabisan untuk mendapatkan piala tersebut. Meskipun The Kop berhasil menang 3-1 melawan Wolves pada laga terakhirnya (22/5), kemenangan City atas Aston Villa tetap membuat The Citizens berhasil angkat piala karena City unggul satu poin atas Liverpool.

Yang menarik, musim ini sang jawara tersebut menjadi tim yang paling banyak dihadiahi penalti bersama Chelsea. Dalam total 38 pertandingan, Chelsea dan City telah mendapatkan sembilan penalti. Dari sembilan penalti tersebut, City berhasil mencetak tujuh gol dan gagal di dua penalti atau memiliki persentase 77,8 persen, sedangkan Chelsea berhasil pada delapan kesempatan dan hanya gagal di satu kesempatan atau 88,9 persen.

Manchester City dan Chelsea menjadi klub yang paling sering dihadiahi penalti di Liga Inggris musim ini | GoodStats

Riyad Mahrez menjadi algojo yang paling sering dipercaya City dengan lima kesempatan, disusul Raheem Sterling dengan tiga kesempatan, dan Gabriel Jesus dengan satu kesempatan. Dua penalti gagal City dilakukan pada saat tendangan Mahrez dan Sterling. Sementara itu, Jorginho mendominasi penendang penalti Chelsea dengan tujuh kesempatan. Dua kesempatan sisanya dilakukan oleh Mason Mount dan Lukaku.

Arsenal, Crystal Palace, dan Liverpool menjadi tim ketiga yang paling banyak dihadiahi penalti setelah Chelsea dan City dengan total delapan kesempatan. Dari delapan penalti tersebut, Liverpool berhasil mencetak tujuh gol (87,5 persen), Palace enam gol (75 persen), dan Arsenal lima gol (62 persen).

Tim yang mendapatkan penalti terbanyak selanjutnya adalah Brighton dan Everton yang masing-masing mendapatkan tujuh kesempatan penalti, disusul oleh West Ham United dan Brentford dengan enam penalti, serta Manchester United, Leeds United, dan Tottenham Hotspur dengan lima penalti.

Selama musim ini, setidaknya terdapat sembilan tim yang selalu berhasil mencetak gol pada kesempatan penalti yang diberikan. Tim tersebut antara lain Brentford (6 penalti), Leeds United (5), Tottenham Hotspur (5), Southampton (4), Norwich City (3), Newcastle United (3), Aston Villa (3), Leicester City (2), dan Wolverhampton Wanderers (1).

Sementara itu, lima tim yang memiliki persentase kesuksesan pada kesempatan penalti paling rendah dipegang oleh Burnley dan Watford (1 gol dari 2 penalti: 50 persen), Brighton (4 gol dari 7 penalti: 57,1 persen), Manchester United (3 gol dari 5 penalti: 60 persen), dan Arsenal (5 gol dari 8 penalti: 62,5 persen).

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Menghitung Sumber 69 Medali Emas Indonesia di SEA Games 2021
Artikel Selanjutnya Fenomena Bubble Burst dan Gelombang PHK Massal Startup
Konten Terkait