Malaysia Open 2023 Berakhir, Indonesia Dapat 1 Gelar Lewat Fajar/Rian

Indonesia sendiri berhasil membawa pulang satu gelar lewat Fajar/Rian yang berhasil memenangi pertempuran melawan wakil China, Liang Wei Keng/Wang Chang.

Malaysia Open 2023 Berakhir, Indonesia Dapat 1 Gelar Lewat Fajar/Rian Fajar/Rian di podium tertinggi Malaysia Open 2023 | Shi Tang/Getty Images

Turnamen bulu tangkis berpredikat Super 1000 pertama di tahun 2023, Malaysia Open 2023 resmi berakhir setelah babak final dilangsungkan pada Minggu (15/1) di Kuala Lumpur, Malaysia. Bertempat di Axiata Arena, para atlet yang terdiri dari 25 negara memperebutkan total hadiah sebesar 1.250.000 dolar AS atau sekitar Rp18,8 miliar.

Hasilnya, babak final menghasilkan sajian berkelas di mana seluruh unggulan pertama dunia di tiap nomor pertandingannya berhasil mencapai babak final dan menjuarai turnamen. Hal ini terakhir kali tercipta pada turnamen Denmark Open 2018 lalu.

Seluruh pemenang yang merupakan unggulan pertama dunia tersebut antara lain Viktor Axelsen dari Denmark (tunggal putra), Akane Yamaguchi dari Jepang (tunggal putri), Fajar Alfian/Rian Ardianto dari Indonesia (ganda putra), serta Cheng Qing Chen/Jia Yi Fan (ganda putri) dan Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (ganda campuran) dari China.

Axelsen berhasil menumbangkan wakil Jepang Kodai Naraoka cukup mudah, yakni lewat dua set dengan skor 21-6 dan 21-15. Sebelumnya, Axelsen juga berhasil menang lewat wakil Jepang lainnya di semifinal, yakni Kanta Tsuneyama, sementara Naraoka berhasil menang tiga set melawan wakil Thailand Kunlavut Vitidsarn.

Di nomor tunggal putri, pertandingan antara Akane Yamaguchi melawan wakil Korea Selatan An Se Young menjadi yang tersengit di babak final Malaysia Open 2023. Yamaguchi berhasil menumbangkan An Se Young lewat tiga set dengan skor 12-21, 21-19, dan 21-11 dengan total waktu 1 jam 9 menit. Sebelumnya, semifinal diisi oleh unggulan ketiga dan keempat dunia, Tai Tzu Ying (China Taipei) dan Chen Yu Fei (China).

Indonesia sendiri berhasil membawa pulang satu gelar lewat Fajar/Rian yang berhasil memenangi pertempuran melawan wakil China, Liang Wei Keng/Wang Chang dengan skor 21-18, 18-21, dan 21-13. Sebelumnya, Fajar/Rian berhasil menyingkirkan wakil Korea Selatan, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae dan Liang/Wang berhasil menyingkirkan wakil India Rankireddy/Shetty di babak semifinal.

Sementara itu, dua gelar China didapat melalui Chen/Jia dan Zheng/Huang setelah mereka berhasil menumbangkan masing-masing lawannya, yakni Baek Ha Na/Lee Yu Lim (Korea Selatan) dan Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang) di babak final. Chen/Jia berhasil menang dengan skor meyakinkan 21-16 dan 21-10, begitupun Zheng/Huang yang berhasil menang dengan skor 21-19 dan 21-11.

Daftar pemenang Malaysia Open 2023 | GoodStats

Berkat hasil ini, kelima pemenang tersebut berhasil meraup total hadiah sebesar 87.500 dolar AS (tunggal) dan 92.500 dolar AS (ganda), serta 12.000 poin BWF karena turnamen ini merupakan salah satu turnamen tertinggi pada ajang BWF World Tours 2023. Selanjutnya, para atlet akan kembali berlaga pada turnamen Super 750 India Open 2023 17-22 Januari mendatang.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Update Ranking BWF: Ginting Naik ke Peringkat 3 Kategori Men’s Singles

Anthony Ginting berhasil meraih peringkat 3 pada BWF World Rankings tunggal putra, sementara Jonathan Christie menyusul di peringkat 5 setelah naik 4 peringkat.

Cek Data Lengkap Nominal Hadiah Seluruh Pebulutangkis RI di All England 2024

Setidaknya 10 pemain tunggal dan ganda Indonesia peroleh hadiah dari All England 2024, dengan nominal maksimal Rp1,5 miliar. Pihak Inggris mengenakan pajak 20%.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X