Leganya Melepas Dahaga Juara

Timnas Indonesia menuntaskan dahaga gelar selama lebih dari tiga dekade setelah mencukur Thailand 5-2 pada laga final SEA Games 2023

Leganya Melepas Dahaga Juara Ramadan Sananta setelah mencetak gol kegawang Thailand | Kemenpora

Timnas Indonesia menuntaskan dahaga gelar selama lebih dari tiga dekade setelah mencukur Thailand pada laga final SEA Games 2023 di Stadion Olympic, Phnom Penh, Selasa (16/5).

Duel sengit skuad Garuda dan Gajah Perang berlangsung alot, hingga berhasil dimenangkan Garuda dengan skor meyakinkan 5-2.

Timnas Garuda harus berjuang ekstra keras dalam menjinakan pasukan gajah putih. Sempat unggul 2-0 di babak pertama melalui gol penyerang PSM, Ramadhan Sananta, Thailand mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui Anan Yodsangwal dan Yotsakorn Burapha diakhir babak kedua.

Gol dramatsThailand di menit-menit akhir (90+7) babak kedua terjadi karena para pemain Indonesia kurang siap, menyangka pertandingan telah usai.

Pada babak perpanjangan waktu, Indonesia kembali unggul 3-2 melalui Irfan Jauhari. Drama terjadi tak lama setelah gol tersebut. Adu jotos pun tak terhindarkan, hingga membuat Manajer timnas Indonesia Sumardji mengalami luka pada bibir.

Pihak keamanan turun tangan untuk melerai perselisihan yang terjadi. Tak lama setelah itu, kondisi kembali kondusif dan pertandingan pun berlanjut.

Hingga akhirnya Fajar Fathur Rahman dan Beckham Putra Nugraha "killing the game" dengan membobol gawang Thailand sekaligus memastikan Indonesia sebagai pemenang.

Sejak babak penyisihan grup hingga final, Indonesia menjadi satu-satunya tim yang tak terkalahkan, bahkan mampu menyapu bersih kemenangan.

Secara statistik, Indonesia sedikit kalah dari segi posseion ball, namun Indonesia unggul dari segi efektivitas yang ditujukan lewat dominasi tembakan dan jumlah goal.

Keberhasilan menjadi juara SEA Games di era Rizky Ridho dan kawan-kawan merupakan kesuksesan Indonesia untuk kali ketiga di cabang olahraga sepak bola pada pesta olahraga Asia Tenggara.

Melihat keberhasilan ini, rasanya sepak bola Indonesia memiliki prospek lebih cerah ke depannya mengingat para pemain yang mengangkat trofi merupakan pemain-pemain muda (U-22).

Penulis: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Cek Daftar Tim Tersukses di Piala Asia U-23, Ada Calon Lawan Indonesia?

Indonesia yang berstatus debutan tergabung di Grup A Piala Asia U-23 2024 bersama tuan rumah Qatar, Yordania, dan Australia, 3 tim langganan di turnamen ini.

Timnas Sepakbola Indonesia Juara Skuad Termahal di ASEAN

Tim Nasional Sepak Bola Indonesia menduduki peringkat teratas market value termahal di ASEAN. Hal ini tidak lepas dari maraknya kebijakan naturalisasi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X