Layanan Pesan-Antar Makanan dengan Transaksi Terbesar di Asia Tenggara 2021

Layanan pesan-antar di Asia Tenggara pada 2021 terus tumbuh hingga 30 persen. Tercatat enam layanan pesan-antar yang meramaikan kawasan Asia Tenggara.

Layanan Pesan-Antar Makanan dengan Transaksi Terbesar di Asia Tenggara 2021 Layanan pesan-antar | buryakphoto/shutterstock

Laporan Momentum Works menunjukkan layanan pesan-antar (food delivery) di Asia Tenggara pada 2021 terus tumbuh hingga 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Data transaksi layanan pesan-antar makanan di Asia Tenggara 2021/ Goodstats

Momentum Works mencatat nilai total barang dagangan atau Gross Merchandise Value (GMV) tertinggi saat ini dipegang oleh GrabFood dengan angka 7,6 miliar dolar AS atau sekitar Rp109,4 triliun.

Kemudian, urutan kedua disusul oleh Foodpanda dengan 3,4 miliar dolar AS atau sekitar Rp48,5 triliun. Sementara itu, Go Food sebagai pesaing dari GrabFood menduduki urutan ketiga dengan GMV sebesar 2 miliar dolar AS atau sekitar Rp28,5 triliun.

Urutan selanjutnya ditempati oleh LINEMAN dan Shopee Food dengan GMV sebesar 900 juta dolar AS atau sekitar Rp12,8 triliun. Kemudian ada pula, Deliveroo dengan GMV sebesar 300 juta dolar AS atau sekitar Rp2,9 triliun.

Negara terbesar yang menjadi pasar dari layanan pesan-antar masih sama seperti tahun sebelumnya, yakni Indonesia, Thailand, dan Singapura. Mengenai pangsa pasar, Grab memimpin lima dari enam negara besar di Asia Tenggara, yakni Singapura, Indonesia, Thailand, Vietnam (bersama dengan Shopee Food) dan Filipina. 

Sementara itu, pangsa pasar di Malaysia masih dipimpin oleh Foodpanda, meskipun memiliki selisih sangat sedikit dengan GrabFood.

Penulis: Brigitta Raras
Editor: Editor

Konten Terkait

Best Seller Handphone Sepanjang Masa, Nokia Jadul Kalahkan Iphone?

Handphone tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Apa saja model handphone yang capai penjualan tertinggi sepanjang masa?

Daya Saing Digital Indonesia 2023 Naik Peringkat, Kalahkan India

Laporan IMD WDCR menunjukkan, daya saing digital Indonesia terus mengalami pertumbuhan tiap tahunnya. Pada 2023, Indonesia menempati posisi ke-45 di dunia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X