Kunjungan Wisatawan Meningkat, Berikut Event International yang Diselenggarakan di Indonesia pada 2024

Kunjungan wisatawan mancanegara di Indonesia mencapai 4,09 juta dari Januari-April 2024, hal ini didorong oleh banyaknya event internasional di Indonesia.

Kunjungan Wisatawan Meningkat, Berikut Event International yang Diselenggarakan di Indonesia pada 2024 ilustrasi wanita memotret landmark | Freepik

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada Januari hingga April 2024 mencapai 4,09 juta kunjungan. Angka ini menjadi yang tertinggi selama empat tahun terakhir dan naik sebesar 24,85% dari periode yang sama pada tahun 2023 yang hanya mencapai 3,28 juta kunjungan.

Pada April 2024, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 1,06 juta kunjungan dan naik sebesar 2,41% dari bulan sebelumnya (month-on-month). Sedangkan secara tahunan, jumlahnya naik sebesar 23,23% (year-on-year) dibandingkan April 2023.

Perkembangan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Indonesia | Goodstats

“Jumlah kunjungan wisman saat ini berada di atas kondisi saat awal pandemi Covid-19 terjadi. Pada April 2020 jumlah kunjungan wisman hanya mencapai 158,07 ribu kunjungan,” tulis BPS dalam laporan Perkembangan Pariwisata April 2024 pada senin (3/6/2024).

Sejak meredanya pandemi Covid-19, banyak negara telah melonggarkan pembasatan perjalanan internasional. Selain itu, berbagai acara Internasional yang diadakan di Indonesia menjadi daya tarik tambahan bagi wisatawan mancanegara.

Di tahun 2024, Indonesia memiliki peran sebagai tuan rumah bagi sederet event tingkat dunia. Berikut adalah beberapa event internasional yang telah dan akan diadakan di Indonesia di tahun 2024.

1. Indonesia Masters 2024

Indonesia Masters 2024 atau yang dikenal sebagai Daihatsu Indonesia Masters 2024 merupakan ajang olahraga besar yang membuka agenda panjang internasional sport-event di Indonesia. Indonesia Masters 2024 kembali diselenggarakan di Indonesia tepatnya di Jakarta, Istora Senayan pada 23-28 Januari 2024.

2. Asia Pacific Media Forum (APMF)

Asia Pacific Media Forum APMF merupakan ajang berkumpulnya para spesialis komunikasi, pemilik brand, penerbit serta penemu tren digital. Acara ini digelar setiap dua tahun sekali dan telah memasuki edisi ke-10. Pada edisi ke-10, acara ini diselenggarakan pada 1-3 Mei 2024 di Nusa Dua, Bali dengan tema “Make Your Mark”.

3. World Water Forum (WWF) ke-10

World Water Forum (WWF) adalah acara internasional terbesar di dunia yang membahas isu-isu terkait air dan dilaksanakan setiap tiga tahun sekali. Event ini menjadi ajang bagi para pemimpin dunia, ilmuwan, praktisi, dan masyarakat untuk beridiskusi dan mencari solusi terhadap tantangan air global.

Indonesia yang terpilih menjadi tuan rumah WWF ke-10 telah melaksanakan event ini pada 18-24 Mei 2024 di Bali.

4. Motocross Grand Prix (MXGP)

Motocross Grand Prix atau MXGP merupakan salah satu ajang balap sepeda motor off-road yang paling bergengsi di dunia. Pada tahun 2024, Indonesia resmi menjadi tuan rumah pada dua seri balapan yang akan digelar di Sumbawa pada 30 Juni dan Lombok pada 7 Juli.

Meskipun sempet terjadi penolakan, penyelenggara tengah bernogesiasi dengan sejumlah pihak agar event ini tetap dapat digelar sesuai dengan jadwal yang telah di tetapkan.

5. Indonesia Open 2024

Selain Indonesia Masters, Indonesia Open yang merupakan salah satu turnamen bulu tangkis bergensi dan paling ditunggu juga akan digelar di Jakarta pada 4-9 Juni 2024. Indonesia Open merupakan ajang bulu tangkis yang digagas oleh Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dan merupakan salah satu Tur Dunia BWF Super ke-1000.

6. MotoGP

MotoGP atau Grand Prix Sepeda Motor merupakan kejuaraan dunia balap motor kasta tertinggi yang diselenggarakan oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FIM). Pada penyelenggaran MotoGP seri ke-16, Indonesia dipastikan akan menjadi salah satu tuan rumah pada 2024.

Event ini tepatnya akan diselenggarakan pada 27-29 September 2024 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Penulis: Icen Ectefania Mufrida
Editor: Editor

Konten Terkait

Museum dan Cagar Budaya di Indonesia Diproyeksikan Mengalami Kenaikan Pendapatan pada 2025

Dengan komitmen yang kuat dan kolaborasi yang efektif, kekayaan budaya dan sejarah Indonesia dapat memberikan manfaat ekonomi yang lebih besar.

Indonesia Miliki 10 UNESCO Global Geopark, Mana Saja?

Tersebar di beberapa pulau, ada dimana saja UNESCO Global Geopark di Indonesia?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X