Kualifikasi Tiap Benua Selesai, Ini Daftar 16 Negara Peserta Sudirman Cup 2023

Kejuaraan beregu campuran di masing-masing benua menjadi salah satu syarat kualifikasi turnamen Sudirman Cup

Kualifikasi Tiap Benua Selesai, Ini Daftar 16 Negara Peserta Sudirman Cup 2023 Potret trofi Sudirman Cup | Badminton Photo

Turnamen bulu tangkis beregu campuran tingkat dunia, Sudirman Cup akan kembali hadir tahun ini pada 14-21 Mei mendatang di Suzhou, China. Indonesia sendiri berhasil lolos melalui jalur peringkat setelah perjuangan tim Merah Putih terhenti pada babak perempat final Badminton Asia Mixed Team Championship (BAMTC) 2023 oleh Korea Selatan.

Kejuaraan beregu campuran di masing-masing benua menjadi salah satu syarat kualifikasi turnamen Sudirman Cup. Untuk Asia dan Eropa masing-masing memiliki empat slot pada Sudirman Cup 2023, yang mana diisi oleh para semifinalis kejuaraan tersebut.

Berbeda dengan Asia dan Eropa, untuk Afrika, Pan-Amerika, dan Oceania masing-masing memiliki satu slot Sudirman Cup 2023. Adapun lima slot sisanya dipilih berdasarkan empat ranking beregu dunia tertinggi dan satu untuk tuan rumah.

Dengan sistem ini, negara-negara Asia kembali mendominasi ajang Sudirman Cup 2023. Total terdapat 9 wakil Asia pada ajang ini, antara lain Korea Selatan, Thailand, India, dan Jepang yang lolos melalui jalur Asia; Indonesia, Malaysia, China Taipei, dan Singapura yang lolos melalui jalur ranking terbaik; dan China sebagai tuan rumah.

Meskipun tidak berhasil lolos ke semifinal BAMTC 2023, Jepang berhasil lolos kualifikasi Sudirman Cup 2023 melalui jalur Asia karena China telah mendapatkan slot sebagai tuan rumah. Jika hal tersebut terjadi, maka slot Asia yang masih kosong akan diisi oleh wakil Asia dengan ranking dunia beregu tertinggi.

Negara peserta Sudirman Cup 2023 menurut benua | GoodStats

Sementara itu, empat wakil Eropa yang berhasil lolos ke Sudirman Cup tahun ini antara lain Denmark sebagai jawara Kejuaraan Beregu Campuran Eropa 2023, Prancis, Inggris, dan Jerman. Tiga wakil sisanya antara lain Kanada (Pan-Amerika), Australia (Oceania), dan Mesir (Afrika).

Adapun undian babak grup akan digelar pada Sabtu (25/3) di Crowne Plaza Suzhou, China pukul 15.00 waktu setempat. Indonesia sendiri masuk sebagai unggulan tertinggi bersama China, Jepang, dan Malaysia.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Update Ranking BWF: Ginting Naik ke Peringkat 3 Kategori Men’s Singles

Anthony Ginting berhasil meraih peringkat 3 pada BWF World Rankings tunggal putra, sementara Jonathan Christie menyusul di peringkat 5 setelah naik 4 peringkat.

Cek Data Lengkap Nominal Hadiah Seluruh Pebulutangkis RI di All England 2024

Setidaknya 10 pemain tunggal dan ganda Indonesia peroleh hadiah dari All England 2024, dengan nominal maksimal Rp1,5 miliar. Pihak Inggris mengenakan pajak 20%.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X