Kota dengan Durasi Puasa Terlama dan Tersingkat di Dunia

Rata-rata durasi puasa berkisar 12-13 jam. Namun, terdapat beberapa negara yang memiliki durasi puasa lebih dari 13 jam serta kurang dari 12 jam. Mana saja?.

Kota dengan Durasi Puasa Terlama dan Tersingkat di Dunia Ilustrasi puasa | Shutterstock/ WDnet Creation

Selama bulan suci Ramadhan, umat muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa dimulai sejak terbitnya matahari hingga terbenam matahari.

Setiap negara dan kota memiliki letak geografis yang berbeda, sehingga membuat waktu terbit dan terbenamnya matahari berbeda. Hal ini membuat durasi puasa tiap negara berbeda pula satu sama lain.

Rata-rata durasi puasa berkisar 12-13 jam. Namun, terdapat beberapa negara yang memiliki durasi puasa lebih dari 13 jam dan juga kurang dari 12 jam.

Kota dengan durasi puasa terlama

Kota dengan durasi puasa terlama 2022 | Goodstats

Dilansir dari laman The Islamic Information, durasi puasa akan lebih lama di sejumlah negara belahan utara khatulistiwa, terutama negara-negara yang sedang memasuki puncak musim panas.

Semakin mendekat ke arah kutub utara, tentunya durasi puasa akan semakin panjang. Dikarenakan, akan menerima sinar matahari yang lebih lama dibandingkan negara arah selatan.

Durasi puasa terlama di tahun ini, akan dijalankan oleh umat Islam yang berada di Kota Reykjavik, Islandia dengan durasi 16 jam 50 menit. Diikuti oleh Lisbon, Portugal dengan durasi 16 jam 01 menit, kemudian London, Inggris dan Paris, Perancis dengan 15 jam 16 menit. Warsaw, Polandia dengan 15 jam.

Kota dengan durasi puasa tersingkat

Kota dengan durasi puasa tersingkat 2022 | Goodstats

Berbeda dengan negara-negara di utara, negara di belahan selatan cenderung memiliki durasi puasa yang singkat. Di tahun ini, durasi puasa tersingkat akan dijalani oleh umat Islam yang berada di Johannesburg, Afrika Selatan dengan durasi 11 jam.

Kemudian, Buenos Aires, Argentina dengan durasi 11 jam 15 menit, Cape Town, Afrika Selatan dengan durasi 11 jam 40 menit. Christchurch, Selandia Baru dengan durasi 11 jam 55 menit, serta Ciudad del Este, Paraguay dengan durasi 12 jam 01 menit.

Sementara, di Indonesia memiliki durasi waktu rata-rata 13 jam 20 menit. Tentu saja ada kota-kota atau wilayah lain dengan durasi lebih cepat atau lebih lama di Indonesia.Durasi rata-rata yang terbilang tak panjang serta tak singkat ini, dikarenakan Indonesia berada dekat garis khatulistiwa atau kawasan tropis. 

Penulis: Brigitta Raras
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Mengulik Kebiasaan Warga Indonesia Saat Bulan Ramadhan
Artikel Selanjutnya Kilas Balik Tren Belanja Online Saat Ramadhan 2021
Konten Terkait