Kampus Swasta Terbaik 2024, Binus dan Tel-U Masih Teratas

Terdapat 7 perguruan tinggi swasta (PTS) yang masuk ke dalam QS World University Ranking 2024

Kampus Swasta Terbaik 2024, Binus dan Tel-U Masih Teratas Binus University | Lakilima | Shutterstock

Pendidikan menjadi salah satu faktor pendukung utama dalam mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Namun tentu saja, pertimbangan dalam memilih perguruan tinggi yang berkualitas tentu harus dipertimbangkan lebih jauh lagi.

Salah satu lembaga pemeringkatan kampus dunia, Quacquarelli Symonds (QS) pada 28 Juni 2023 lalu, mengeluarkan daftar peringkat perguruan tinggi dunia QS WUR (World University Ranking) 2024. Terdapat 26 kampus di Indonesia baik milik pemerintah maupun swasta masuk dalam daftar 1.500 kampus terbaik di dunia.

Melansir dari laman TopUniversities, dari 26 perguruan tinggi Indonesia yang tercatat di QS WUR 2024, terdapat 7 perguruan tinggi swasta (PTS) yang juga turut masuk ke dalam daftar kampus terbaik.

Dalam hal ini, Binus University menjadi universitas swasta terbaik di Indonesia, dan menempati peringkat kesepuluh kampus terbaik di Tanah  Air. Sementara itu secara global, Binus University menempati peringkat 1001-1200 dalam QS WUR 2024.

Selain itu, di peringkat kedua ditempati oleh Telkom University atau yang lebih akrab disebut Tel-U, sekaligus peringkat kesebelas sebagai universitas terbaik di Indonesia. Sementara itu dalam QS WUR 2024, tercatat menempati peringkat 1001-1200 di dunia.

QS World University Rankings 2024 sendiri merupakan edisi ke-20 yang menampilkan 1500 institusi perguruan tinggi dari 104 negara. Pemeringkatan QS WUR juga merupakan satu-satunya peringkat dari jenisnya yang menekankan kepada kemajuan kerja dan keberlanjutan suatu perguruan tinggi.

Tahun ini, QS WUR 2024 telah menerapkan peningkatan metodologi terbesarnya dengan memperkenalkan tiga indikator baru, yakni:

1. Keberlanjutan

Indikator ini telah menjadi titik sentuh bagi lembaga-lembaga global. Hal ini disebabkan karena mulai menyadari dampaknya terhadap dunia, dan mahasiswa mengharapkan lembaga-lembaga tersebut untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan keadilan sosial dan iklim.

Oleh karena itu, dalam peringkat QS WUR, telah menambahkan bobot sebesar 5% pada lensa keberlanjutan dalam peringkat universitas dunia. 

2. Hasil Ketenagakerjaan

Dalam metodologi peringkat universitas, pentingnya keterampilan kerja yang dihasilkan menjadi salah satu indikator penting. Oleh sebab itu, QS meningkatkan bobot reputasi pengusaha menjadi 15% dan menambahkan hasil pekerjaan sebesar 5%.

3. Jaringan Riset Internasional

Indikator terbaru lainnya yang digunakan dalam pemeringkatan ini ialah jaringan riset internasional. Hal ini menunjukkan bahwa riset memiliki peranan penting untuk mengubah dunia.

Penulis: Fitri Nur Hidayah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Barang Koleksi Olahraga Termahal dalam Sejarah, Ada yang Sentuh 200 Milyar!

Dari kartu hingga jersey, apa saja memorabilia olahraga paling mahal sepanjang sejarah?

Indonesia Jadi Negara dengan Bahasa Daerah yang Paling Terancam Punah

Selain Indonesia, beberapa negara yang paling terancam rupanya adalah negara-negara maju.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X