Jawara E-Commerce di Awal Tahun 2023

Shopee jadi e-commerce paling banyak dikunjungi sepanjang bulan Januari-Maret 2023 (157,9 juta)

Jawara E-Commerce di Awal Tahun 2023 Ilustrasi Shopee © Cronyos/Shutterstock

Perilaku berbelanja online sudah menjadi kebiasaan banyak orang, terutama beberapa tahun ke belakang ini. Apalagi Indonesia merupakan pasar e-commerce terbesar di Asia Tenggara. Menurut data Wearesocial dan Hootsuite, sekitar 90% pengguna internet di Indonesia pernah berbelanja online.

Pada tahun 2022, industri e-commerce di indonesia mencapai nilai $40 miliar (nilai kapitalisasi pasar). Angka tersebut diproyeksi meningkat di tahun 2023 yang makin serba digital.

Salah satu faktor terbesarnya adalah pertumbuhan kelas menengah di Indonesia yang cukup pesat, yakni sebesar 21% dari total populasi atau sebanyak 57,3 juta orang pada tahun 2019. Hal ini juga terlihat dengan meningkatnya jumlah pengeluaran masyarakat untuk belanja barang konsumen secara online.

Selain dari meningkatnya kelas menengah, faktor lain yang juga mendorong perkembangan e-commerce adalah tingkat penetrasi internet dan pengguna perangkat mobile yang terus meningkat, memungkinkan lebih banyak orang untuk mengakses berbagai platform belanja online, mulai dari website toko online, aplikasi marketplace, media sosial, dan banyak lagi.

Sebagai pasar e-commerce terebsar di Asia Tenggara, maka tak heran jika Indonesia dibanjiri oleh sederet perusahaan e-commerce yang terus melakukan inovasi guna menguasai pasar.

Berbicara soal penguasa e-commerce di tanah air, muncul dua nama beken yang mencuat. Siapa lagi kalo bukan 'si oren' Shopee dan 'si ijo' Tokopedia. Tiap bulan--kuartal--tahun, keduanya bersaing--salip-salipin memperebutkan posisi puncak.

Untuk awal tahun 2023, 'si oren' jadi jawara e-commerce paling banyak dikunjungi. Dalam laporan Similliar Web, Sepanjang Januari-Maret 2023 (Q1 2023), Shopee mencatat rata-rata 157,9 juta kunjungan per bulan. Capaian ini sekaligus menggeser 'si ijo' yang selama beberapa kuartal ke belakang merajai kunjungan e-commerce.

Secara tren kunjungan, rata-rata situs e-commerce mengalami penurunan kunjungan pada bulan Januari-Februari 2023. Akan tetapi, meningkat lagi pada bulan Maret 2023 seiring dengan datangnya bulan Ramadan.

 

Penulis: Iip M Aditiya

Konten Terkait

5 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di indonesia

Indonesia memiliki 98 kota yang tersebar di seluruh wilayah. Setiap kota memiliki biaya hidup yang berbeda tergantung dengan fasilitas, populasi, pekerjaan.

Tertinggi Sejak Pandemi, Dolar AS Tembus Rp16 Ribu!

Dibanding Januari 2024, nilai tukar Dolar AS naik 5,48%. Kebijakan suku bunga Bank Sentral AS hingga kondisi geopolitik dunia menjadi penyebabnya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X