Ini Dia Daftar Minuman Tradisional Khas Indonesia yang Paling Banyak Digemari

Mulai dari cendol hingga bajigur, inilah daftar minuman tradisional yang paling digemari di Indonesia

Ini Dia Daftar Minuman Tradisional Khas Indonesia yang Paling Banyak Digemari Ilustrasi minuman cendol | Ketut Mahendri/Shutterstock

Sebagai negara yang dikenal dengan banyaknya budaya serta tradisinya, Indonesia juga memiliki warisan kuliner yang tak kalah menariknya. Setiap daerah dan wilayah di Indonesia pasti memiliki makanan dan minuman khas yang memiliki cita rasa khas dan unik. 

Terkadang, makanan dan minuman khas tersebut menjadi salah satu daya tarik wisatawan, mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara. Ternyata, ada beberapa deretan minuman tradisional khas Indonesia yang paling digemari.

Minuman-minuman tradisional ini bukan hanya memiliki cita rasa yang sedap, namun juga kaya akah khasiat. Lantas, apa saja minuman tradisional khas Indonesia yang paling digemari masyarakat? Dilansir dari Populix, survei PopPoll periode Agustus 2023 ini rangkuman daftarnya.

  1. Cendol

Ilustrasi minuman cendol | Pemkot Bandung

Tentu orang Indonesia sangat familiar dengan minuman ini. Minuman yang memiliki rasa manis dan gurih yang sangat khas ini merupakan inovasi dari dawet yang ditemukan di Jawa sekitar abad sembilan hingga awal abad sepuluh. Dengan tepung beras sebagai komposisi utamanya, cendol disajikan dengan es parut, gula merah cair, dan santan yang dapat memperkaya rasa.

  1. Jamu

Ilustrasi minuman jamu | Wisnu Haryo Yudhanto/Shutterstock

Digunakan sebagai ramuan obat tardisional, ternyata jamu menjadi salah satu minuman khas yang paling digemari. Biasanya, jamu digunakan dalam bentuk ekstrak atau sari dari ramuan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga dipercaya mengobati penyakut umum dengan cara tradisional. Dengan isinya yang berupa bahan herbal, jamu menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang unik dan khasiatnya yang juga tinggi.

  1. Wedang Ronde

Ilustrasi minuman wedang ronde | Cookpad

Wedang Ronde adalah salah satu minuman khas dari Jawa Tengah yang terdiri dari kuah jahe yang berbentuk ronde bulat dan disajikan dengan taburan kacang yang sudah disangrai untuk memperkaya rasa. Wedang ronde cocok disajikan pada saat cuaca sedang dingin atau malam hari. Dengan kuah jahenya, wedang ronde memberikan rasa hangat serta menyegarkan yang tentu memiliki khasiat untuk tubuh.

  1. Bajigur

Ilustrasi minuman bajigur | Taste Atlas

Minuman tradisional khas Sunda ini memiliki bahan utama gula aren dan juga santan. Penyajiannyab isa juga ditambahkan sedikit jahe dan garam. Bajigur juga memiliki harum yang khas, berasal dari daun pandan wangi yang kini biasanya lebih sering diganti dengan bubuk vanili buatan. Disajikan dalam keadaan panas, bajigur ini cocok untuk dinikmati saat cuaca dingin.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Editor

Konten Terkait

5 Makanan Manis Street Food Indonesia Terbaik Menurut Dunia

Jangan lewatkan untuk mencicipi kelezatan dari makanan-makanan manis yang luar biasa yang diakui dunia ini

Ragam Makanan Cepat Saji Pilihan Masyarakat Indonesia

Dari banyaknya pilihan makanan cepat saji di tanah air, mana yang jadi pilihan masyarakat Indonesia?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook