Inilah 5 Kampus Terluas di Indonesia, 4 di Sumatra

Dengan luas 712 hektare, Unsri menjadi kampus terluas di Indonesia dan menjadi tempat menimba ilmu 33 ribu mahasiswanya

Inilah 5 Kampus Terluas di Indonesia, 4 di Sumatra Potret Sebagian Kampus USU / usu.ac.id

Pada 2022 lalu, jumlah perguruan tinggi di naungan bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang tercatat dalam laporan Badan Pusat Statistik (BPS) adalah sebanyak 3.107 universitas. Jumlah ini terdiri atas 125 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan 3.982 Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Sementara yang di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag), terdapat 897 total PTN dan PTS. Di antara ribuan universitas tersebut, terdapat 5 kampus dengan area kampus merupakan yang terluas di antara yang lainnya.

Luas dan Jumlah Mahasiswa dari 5 Universitas Terluas di Indonesia | GoodStats

Urutan pertama kampus dengan area terluas diraih oleh Universitas Sriwijaya (Unsri). Wilayah universitas yang terletak di Palembang ini seluas 712 hektare. Luas ini hampir 9 kali lipat dari area Monumen Nasional di Jakarta! Meski menyandang titel kampus terluas, tetapi mahasiswa aktif Unsri sekitar 33 ribu orang.

Universitas dengan area terluas di posisi kedua adalah Universitas Riau (Unri), dengan selisih lebih kecil 12 hektare dibanding Unsri. Terletak di ibu kota Riau, Pekanbaru, Unri memiliki luas 700 hektare. Dengan luas tersebut, Unri menampung sekitar 30 ribu orang mahasiswanya pada semester genap tahun 2020.

Kembali universitas yang terletak di ibu kota provinsi di Pulau Sumatra, Universitas Andalas, Unand, menempati posisi ketiga sebagai kampus terluas di Indonesia. Berdasarkan data dari BEM Unand pada 2020, dengan kampus seluas 502 hektare, Unand menjadi tempat menimba ilmu 31 ribu mahasiswanya.

Bergeser ke Medan, Universitas Sumatera Utara (USU) memiliki luas 416 hektare. Walaupun secara luas berada di posisi keempat, tetapi di antara 5 universitas terluas di Indonesia, USU memiliki jumlah mahasiswa aktif terbanyak dibanding yang lain. Pada tahun ajaran 2021/2022, jumlah mahasiswa di USU mencapai 51 ribu!

Menjadi satu-satunya universitas di luar Sumatra, Universitas Indonesia (UI) menduduki posisi kelima sebagai kampus dengan area terluas di Indonesia. Dengan luas 320 hektare, kampus UI Depok memiliki Danau Kenanga yang ikonik seluas 2,8 hektare. Selain itu, jumlah mahasiswa UI pun relatif cukup banyak meski luasnya hanya sekitar 300 hektare. Data terbaru (26 Juli 2023) menunjukkan UI memiliki lebih dari 36 ribu mahasiswa aktif.

Jika menilik secara nasional, BPS mencatat bahwa jumlah mahasiswa aktif yang dimiliki Indonesia dari PTN maupun PTS, di bawah naungan Kemendikbud Ristek dan Kemenag, pada 2022 adalah sebanyak 9.188.938 orang.

Penulis: Gamma Shafina
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Penduduk Indonesia yang Mengeluh Sakit Terus Menurun dalam 5 Tahun Terakhir

Sebanyak 26,27% penduduk Indonesia mempunyai keluhan kesehatan dalam sebulan terakhir pada 2023. Angka ini telah turun sebesar 6,09% dalam 5 tahun terakhir.

6 PLTU Terbesar di Indonesia: Letak dan Kapasitasnya

Indonesia mengandalkan PLTU untuk sebagian besar kebutuhan listriknya. Temukan 6 PLTU terbesar di Indonesia, lengkap dengan lokasi dan kapasitasnya!

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X