Inilah 10 Negara Paling Religius di Dunia, Ada Indonesia?

Menurut laporan dari Majalah CEOWORLD dan Global Business Policy Institute, Indonesia menempati posisi ketujuh dalam daftar negara paling religius di dunia.

Inilah 10 Negara Paling Religius di Dunia, Ada Indonesia? Simbol dari beberapa agama yang dianut masyarakat dunia | Freepik

Agama merupakan salah satu prinsip yang harus dimiliki oleh tiap manusia untuk memercayai keberadaan Tuhan dalam hidupnya. Pada hakikatnya, agama bertujuan untuk membina dan menuntun manusia pada segala aktivitasnya.

Melansir World Atlas, Global Business Policy Institute dan Majalah CEOWORLD telah mengukur nilai religiusitas dari total 148 negara di dunia. Penilaian ini bersumber dari survei yang dilakukan terhadap sebanyak 370 ribu partisipan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengulik perspektif mengenai bagaimana agama dapat mempengaruhi sistem sosial, budaya, hingga politik di suatu negara.

Adapun kita tentu sering mendengar bahwa masyarakat Indonesia merupakan masyarakat religius, yang mana selalu mengikuti dan menjalankan ajaran agama yang dianut. Ini sehubungan dengan isi dari sila pertama Pancasila yang berbunyi, “Ketuhanan yang Maha Esa”.

Namun, ternyata Indonesia bukanlah negara yang paling religius di dunia. Berdasarkan survei dari Majalah CEOWORLD dan Global Business Policy Institute, Somalia merupakan negara paling religius dengan skor religiusitas sebesar 99,8 poin.

Daftar 10 negara paling religius di dunia | Goodstats

Mengutip World Atlas, sebagian besar masyarakat Somalia memeluk agama Islam. Tercatat, Islam telah memainkan peranan penting di negara tersebut sejak abad ketujuh silam. Bahkan, Somalia menjadi salah satu wilayah pertama yang penduduknya memeluk agama Islam serta merupakan negara yang menjadi pusat penting bagi Muslim.

Menyusul Somalia, Nigeria menduduki peringkat kedua dalam daftar dengan skor senilai 99,7 poin. Selanjutnya, diikuti oleh negara-negara lainnya, yakni Bangladesh, Ethiopia, Yaman, dan Malawi dengan skor religiusitas masing-masing sebesar 99,5 poin, 99,3 poin, 99,1 poin, dan 99 poin.

Sementara itu, Indonesia berada di posisi ketujuh dalam daftar negara paling religius di dunia dengan skor sebesar 98,7 poin. Hingga saat ini, Indonesia mengakui enam agama, yakni Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Chu.

Lebih lanjut, ternyata hasil survei ini jauh berbeda dari riset yang dilakukan oleh Pew Research Center. Dalam laporan yang bertajuk “The Global God Devide”, diketahui bahwa Indonesia merupakan negara paling religius di dunia.

Menurut laporan tersebut, hampir semua responden asal Indonesia (96%) menyatakan bahwa mereka menaati ajaran agama yang dianut. Hasil survei yang mencakup total 34 negara itu menempatkan Indonesia sejajar dengan Filipina sebagai dua negara dengan persentase penduduk tertinggi (96%) yang meyakini bahwa kepercayaan kepada Tuhan berhubungan dengan nilai-nilai baik dalam kehidupan.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

ITB Masih Menjadi Pemenang di SNBT 2024: Rerata Nilai UTBK Capai 700-an

Selamat kepada 231.104 pendaftar yang lulus SNBT 2024! Berikut 10 PTN dengan rerata nilai tertinggi di SNBT 2024, apakah ada kampusmu?

Masih Berkisar di Angka 70%, Indeks Demokrasi Indonesia Termasuk Normal?

Terus alami perubahan dengan Indeks Demokrasi Indonesia yang berkisar di angka 70%. Apakah sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X