Ini Dia Bandara di Indonesia dengan Penerimaan Turis Asing Terbanyak di Tahun 2022

Di tahun 2022, sektor pariwisata kembali berjalan setelah pandemi berakhir. Pintu udara menjadi pintu masuk utama wisatawan asing yang berkunjung di Indonesia.

Ini Dia Bandara di Indonesia dengan Penerimaan Turis Asing Terbanyak di Tahun 2022 Ilustrasi│Julius Bramanto/Shutterstock

Memasuki tahun 2022, sektor pariwisata di Indonesia sudah berangsur-angsur kembali hidup seperti saat sebelum adanya pandemi. Jumlah kunjungan wisatawan asing naik secara bertahap di tahun 2022, khususnya setelah bulan Februari, dimana pada bulan ini Covid-19 varian Omicron merebak di Indonesia.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), di tahun 2022 pintu udara menjadi jalur masuk utama bagi wisatawan asing di Indonesia. Hingga bulan September, bandara-bandara internasional di Indonesia telah melayani total 1.867.046 wisatawan asing di tahun 2022.

Dari jumlah tersebut, ini 5 bandara internasional dengan jumlah wisatawan asing masuk terbanyak sepanjang tahun 2022.

Bandara dengan Penerimaan Wisatawan Asing Terbanyak di Tahun 2022│GoodStats

 

Bandara Internasional Ngurah Rai

Bandara Ngurah Rai│Untung Supriyadi/Shutterstock

 

Bandara Internasional Ngurah Rai di Bali menjadi bandara dengan jumlah kedatangan wisatawan asing terbanyak di tahun 2022. Hingga bulan September, Bandara Ngurah Rai telah melayani sebanyak 1.185.507 wisatawan asing.

Dengan jumlah tersebut, berarti Bandara Ngurah Rai telah melayani 63,4 persen dari total seluruh wisatawan asing yang masuk melalui pintu udara di Indonesia.

Bali memang menjadi destinasi wisata utama para wisatawan asing di Indonesia. Oleh sebab itu, bandara internasional yang ada di Bali ini menjadi bandara paling sibuk dalam melayani kedatangan wisatawan asing.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Bandara Soekarno-Hatta│Julius Bramanto/Shutterstock

 

Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang berada di kawasan Ibukota juga melayani kedatangan wisatawan asing dalam jumlah yang besar. Bandara Soekarno-Hatta melayani setidaknya 583.930 kedatangan wisatawan asing di tahun 2022 hingga bulan September.

Sebagai bandara internasional yang berada di kawasan Ibukota, Bandara Soekarno-Hatta menjadi pintu utama bagi wisatawan asing yang ingin mengunjungi ibukota. Selain itu, Bandara Soekarno-Hatta juga memiliki rute internasional yang cukup banyak, membuatnya menjadi tujuan transit wisatawan asing menuju wilayah lain di Indonesia yang tidak melayani penerbangan internasional.

Bandara Internasional Juanda

Bandara Juanda│INDONESIAPIX/Shutterstock

 

Bandara Internasional Juanda menjadi pintu masuk utama para wisatawan asing yang akan berwisata di kawasan Jawa Timur. Bandara yang terletak di Kota Surabaya ini melayani sebanyak 34.470 wisatawan di tahun 2022 hingga bulan September.

Bandara Juanda juga menjadi salah satu bandara tersibuk di Indonesia. Di tahun 2022 ini, hingga bulan Oktober Bandara Juanda telah melayani total 3.531.231 penumpang. Jumlah tersebut membuat Bandara Juanda menjadi bandara tersibuk kedua setelah Bandara Soekarno-Hatta di tahun 2022 hingga bulan Oktober.

Bandara Internasional Kualanamu

Bandara Kualanamu│Sony Herdiana/Shutterstock

 

Bandara Internasional Kualanamu adalah bandara internasional yang terletak di Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Deli Serdang. Bandara ini menjadi pintu utama bagi para wisatawan asing yang ingin berwisata di kawasan Pulau Sumatera.

Hingga bulan September 2022, Bandara Kualanamu telah melayani total 33.231 wisatawan asing. Sejak bulan Maret, jumlah wisatawan asing yang masuk di Bandara Kualanamu selalu meningkat di setiap bulannya. Sejauh ini, bulan Agustus menjadi bulan tersibuk di Bandara Kualanamu, dimana pada bulan ini Bandara Kualanamu melayani 10.287 wisatawan asing.

Bandara Internasional Sam Ratulangi

Bandara Sam Ratulangi│Adansijav Official/Shutterstock

 

Bandara Internasional Sam Ratulangi menjadi pintu masuk utama para wisatawan asing di Pulau Sulawesi. Bandara Internasional Sam Ratulangi terletak di Sulawesi Utara, tepatnya di Kota Manado.

Hingga bulan September, Bandara Sam Ratulangi telah melayani total 10.944 wisatawan asing. Jumlah tersebut masih jauh di atas bandara internasional lainnya di Sulawesi. Bandara Hasanuddin yang terletak di Makassar bahkan hanya melayani 2.961 wisatawan asing di tahun 2022 per bulan September.

Penulis: Rangga Hadi Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 10 Bank Pilihan Masyarakat Indonesia untuk Berinvestasi 2022
Artikel Selanjutnya Serba-Serbi Pendapatan Industri Game yang Bukan Main
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook