Ingin Kredit KPR? Ketahui Daftar Bank Besar di Indonesia dengan Suku Bunga Dasar Kredit KPR Terbesar!

Perlu dilakukan riset dan perbandingan antar berbagai penawaran suku bunga KPR sebelum membuat keputusan pinjaman.

Ingin Kredit KPR? Ketahui Daftar Bank Besar di Indonesia dengan Suku Bunga Dasar Kredit KPR Terbesar! Ilustrasi Perumahan | Foto : cermati.com

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) telah menjadi salah satu instrumen finansial utama bagi masyarakat Indonesia yang bercita-cita memiliki rumah sendiri. Dengan memfasilitasi pembiayaan bagi pembelian rumah, KPR memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mewujudkan impian memiliki tempat tinggal yang nyaman dan stabil secara finansial.

Salah satu faktor kunci yang perlu dipahami dalam konteks KPR adalah suku bunga. Suku bunga KPR merupakan tingkat bunga yang dikenakan oleh bank atau lembaga keuangan kepada peminjam untuk menggunakan fasilitas KPR.

Tingkat suku bunga ini sangat berpengaruh terhadap jumlah pembayaran bulanan dan total biaya pinjaman selama masa tenor KPR. Kenaikan suku bunga oleh Bank Indonesia pada April 2024 diperkirakan akan mendorong kenaikan suku bunga KPR tahun ini.

Kenaikan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) memungkinkan dapat menyebabkan peningkatan biaya pendanaan bagi bank, yang kemungkinan akan tercermin dalam peningkatan suku bunga KPR, terutama bagi peminjam baru atau yang memiliki skema suku bunga mengambang.

Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Moch Amin Nurdin memperkirakan akan terjadi kenaikan suku bunga KPR pada tahun ini.

"Mungkin [kenaikan suku bunga KPR] mulai terasa tahun ini jika kondisi ekonomi, geopolitik global, inflasi dan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tidak berubah," ungkap Amin, Minggu (28/4).

Namun, penting untuk dicatat bahwa setiap bank memiliki kebijakan suku bunga KPR yang berbeda. Meskipun dasarnya sama, yaitu memberikan pinjaman untuk pembelian rumah dengan jaminan agunan, namun tingkat suku bunga yang ditawarkan dapat bervariasi antara satu bank dengan bank lainnya.

Faktor-faktor seperti kebijakan internal bank, kondisi pasar keuangan, serta profil risiko peminjam dapat memengaruhi penentuan suku bunga KPR oleh setiap lembaga keuangan. 

Persentase Suku Bunga Dasar Kredit KPR | GoodStats

Dari data yang disajikan dari Februari hingga April 2024, terlihat bahwa berbagai bank terkemuka menawarkan tingkat suku bunga yang bervariasi, mencerminkan dinamika pasar dan persaingan di sektor perbankan.

Permata Bank menempati posisi dengan suku bunga dasar tertinggi sebesar 8,5%. Meskipun demikian, penawaran ini mungkin tetap menarik bagi sebagian calon peminjam yang menghargai fitur dan layanan tambahan yang ditawarkan oleh bank tersebut, meskipun dengan biaya pinjaman yang sedikit lebih tinggi.

Di sisi lain, ada bank seperti UOB Indonesia, OCBC NISP, Panin, dan CIMB Niaga yang menawarkan suku bunga dasar yang sedikit lebih rendah, berkisar antara 8,2% hingga 7,55%.

Penawaran ini mungkin menarik bagi calon peminjam yang lebih memperhatikan tingkat suku bunga yang lebih kompetitif, dengan harapan untuk mengurangi beban pembayaran bulanan mereka.

Selanjutnya, bank-bank seperti BTN, BNI, Mandiri, BRI, dan BCA menawarkan suku bunga dasar yang semakin rendah, mulai dari 7,4% hingga 7,2%.

Tingkat suku bunga yang lebih rendah ini dapat menjadi faktor penentu bagi calon peminjam yang sangat memperhatikan aspek biaya pinjaman, dan dapat menguntungkan bagi mereka yang mencari pembayaran bulanan yang lebih terjangkau.

Dengan demikian, terlihat bahwa setiap bank memiliki strategi dan kebijakan sendiri dalam menentukan tingkat suku bunga KPR mereka. Hal ini menciptakan pilihan yang beragam bagi calon peminjam, yang dapat disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan finansial mereka.

Namun, penting untuk diingat bahwa selain suku bunga, faktor-faktor seperti syarat dan ketentuan, fasilitas tambahan, serta kebijakan pembayaran juga perlu dipertimbangkan secara menyeluruh sebelum memutuskan bank mana yang paling sesuai untuk mendapatkan KPR.

Penulis: Brilliant Ayang Iswenda
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Sektor Fintech dan Perbankan Mendominasi Aduan yang Dikantongi OJK Hingga April 2024

Banyaknya pengaduan dari berbagai sektor ini menandakan perlunya peningkatan kualitas layanan dan transparansi dari penyedia jasa keuangan.

Ini Dia Lapangan Kerja dengan Upah Tertinggi Awal 2024

Sektor keuangan dan asuransi menjadi sektor dengan rata-rata upah buruh tertinggi, jumlahnya lebih dari Rp5 juta.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X