Hattrick ke Gawang Tottenham Bawa CR7 Jadi Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah?

Hattrick-nya ke gawang Tottenham membuat Ronaldo telah mencetak total 807 gol sepanjang kariernya.

Hattrick ke Gawang Tottenham Bawa CR7 Jadi Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah? Cristiano Ronaldo ketika United menjamu Atletico Madrid di UCL | Maciej Rogowski Photo/Shutterstock

Cristiano Ronaldo borong tiga gol untuk Manchester United ketika klub berjuluk Setan Merah tersebut berjumpa Tottenham Hotspur pada laga pekan ke-29 Premier League 2021/2022 di Old Trafford (13/3). United merebut tiga poin dari The Lilywhites dengan skor 3-2.

Gol Tottenham dicetak Harry Kane pada menit ke-35 melalui titik penalti setelah Alex Telles melakukan handball di kotak tersebut dan gol bunuh diri yang dicetak oleh kapten United, Harry Maguire pada menit ke-72. Sementara itu, Ronaldo cetak hattrick lewat tembakan keras dari luar kotak penalti pada menit ke-12, sontekan hasil umpan Sancho pada menit ke-38, dan sundulan dari umpan tendangan sudut pada menit 81.

Dikutip BBC International, manajer interim Manchester United, Ralf Rangnick menyebut pertandingan tersebut adalah pertandingan terbaik Ronaldo, setidaknya sejak manajer tersebut menukangi United.

“Hari ini adalah penampilan terbaiknya (Ronaldo), setidaknya sejak saya tiba. Dirinya bagus dalam latihan Kamis lalu dan hal tersebutlah yang membuat saya memutuskan untuk memainkannya pada pertandingan ini. Ini penampilan fantastis darinya, tapi juga pemain lainnya,” ujar Rangnick.

Gol kedua United pada laga tersebut tidak hanya penting bagi tim, tapi juga menjadi sejarah bagi Ronaldo sendiri, sebab sontekan tersebut resmi menjadi gol ke-806 sepanjang kariernya. Terlebih, gol tersebut membuat beberapa sumber menobatkan CR7 sebagai pemain dengan gol terbanyak sepanjang sejarah sepak bola melewati rekor Josef Bican yang mencetak 805 selama kariernya sepanjang 1931-1955.

Statistik 807 gol Ronaldo berdasarkan tim yang ia bela | GoodStats

Dari total 807 gol yang telah dicetak Ronaldo hingga (13/3), Real Madrid masih menjadi tim yang paling membuat Ronaldo subur, sebab dirinya mampu cetak 450 gol di klub tersebut atau sekitar 55 persen dari jumlah gol yang pernah ia cetak sepanjang kariernya.

Sementara itu, Ronaldo baru mencetak 17 gol dari total 31 pertandingannya bersama Setan Merah pada musim ini. Namun, apabila diakumulasikan dengan jumlah golnya di United ketika masih belum berseragam Real Madrid dan Juventus, dirinya telah menyumbang total 136 gol untuk klub yang bermarkas di The Theater of Dreams tersebut.

Untuk karier di Timnas Portugal, Ronaldo telah membukukan 115 gol untuk tim A Selecao tersebut, sedangkan untuk Juventus, Ronaldo telah memperoleh 101 gol. Lima gol sisanya, Ronaldo catat ketika dirinya masih berseragam klub negara kelahirannya, Sporting Lisbon.

Status Ronaldo sebagai pencetak gol terbanyak masih diperdebatkan

Pengukuhan nama Ronaldo sebagai pemain dengan jumlah gol terbanyak sepanjang sejarah sepak bola oleh beberapa sumber memang masih menjadi perdebatan, sebab FIFA tidak pernah merilis data secara lengkap perihal jumlah gol para pelaku sepak bola sepanjang masa.

Namun, FIFA pernah menyebut bahwa gol resmi terbanyak sepanjang sejarah sepak bola dipegang oleh Josef Bican dengan jumlah 805 gol, yang mana jika disandingkan dengan jumlah gol Ronaldo saat ini, CR7 telah melewati rekor tersebut.

Klaim lain, Federasi Sepak Bola Republik Ceko pernah mengeluarkan pernyataan bahwa Josef Bican pernah mencetak setidaknya 821 gol dalam pertandingan resmi. Hal tersebut dirilis oleh federasi pada Januari 2021 lalu setelah Ronaldo mencetak golnya yang ke-760 dan dianggap melewati total gol Bican yang menurut beberapa sumber hanya berjumlah 759.

Belum ada data yang dapat meluruskan berbagai klaim ini, mengingat kurangnya statistik yang dapat jadi pedoman pada masa tersebut, sehingga sulit untuk memastikan berapa banyak gol yang pernah dicetak Bican secara akurat.

Di samping itu, Guinness World Record sebagai lembaga pencatat rekor dunia juga pernah menobatkan Pele sebagai pemain dengan gol terbanyak sepanjang sejarah sepak bola dengan total 1.279 gol pada 2016 lalu. Namun beberapa sumber menyebut jumlah gol tersebut hasil gabungan dari laga-laga tidak resmi, sehingga dianggap tidak sahih.

Namun, apabila melihat dari sebagian besar sumber seperti ESPN, B/R Sports, dan beIN Sports, hattrick Ronaldo membawa dirinya menjadi pemain dengan gol terbanyak sepanjang sejarah sepak bola sejauh ini.

10 pemain dengan gol terbanyak sepanjang sejarah sepak bola | GoodStats

Dari data 10 besar pemain dengan gol terbanyak sepanjang masa tersebut, hanya Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi saja yang masih aktif bermain. Sementara delapan lainnya telah memutuskan untuk pensiun, bahkan sejak puluhan tahun yang lalu.

Di samping berbagai perdebatan yang ada mengenai status pencetak gol terbanyak, menarik untuk ditunggu dapatkah CR7 dapat menembus 1000 gol sebelum pensiun, mengingat umurnya saat ini telah berada di angka 37. Atau malah sang rival, Lionel Messi yang dapat menyusul jumlah gol Ronaldo, sebab umurnya saat ini masih berada di angka 34 atau tiga tahun lebih muda dari CR7?

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya 10 Negara dengan Sistem Pensiun Terbaik di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?
Artikel Selanjutnya Membedah Perilaku Keuangan Generasi Y dan Z Tahun 2021
Konten Terkait